Tips Jadi Pelari Ala Melanie Putria, Apa Saja?

Kamis, 04 Mei 2017 16:58 Penulis: Mahardi Eka
Tips Jadi Pelari Ala Melanie Putria, Apa Saja? KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Lari tidak sekadar menjadi aktivitas fisik semata bagi Melanie Putria. Ia merasa mental dan spiritualnya ditempa lewat berlari dalam event-event marathon. Sejak terjun dalam dunia lari di 2011, ia banyak mengikuti event marathon kota-kota besar di Indonesia bahkan mancanegara. "Seoul Marathon, London Marathon, Chicago Marathon, alhamdulillah sampai Chicago Marathon," ceritanya saat kami temui di konpres Bandung Marathon bersama Pocari Sweat beberapa waktu lalu.

Melanie pernah menempuh jarak 40 kilometer dalam sebuah lomba. Soal waktu tempuh, ia mencatat dirinya pernah menyelesaikannya dalam waktu tiga jam empat puluh sembilan menit. Ia mencatat waktu terbaiknya itu di Tokyo tahun lalu.

Dengan pencapaiannya itu, Melanie ingin mengajak pelari-pelari yang lain untuk menyebarkan semangat yang sama. "Alhamdulillah sekarang sosial media sudah banyak banget ya, jadi jembatan, media untuk menyampaikan betapa pentingnya edukasi dan latihan pada lari ini," harapnya.

Melanie sampai memangkas pendek rambutnya untuk hobi berlari.Melanie sampai memangkas pendek rambutnya untuk hobi berlari.

Nah, kalau kamu tertarik untuk menjadi seorang pelari atau baru mengawali hobi lari, ada beberapa tips dari Melanie. Pertama, para pemula perlu untuk belajar teknik berlari yang benar dan mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan.

"Mulai dari punya sepatu lari dulu. Mulai dari punya apparel lari dulu. Terus punya komunitas, punya temen-temen. Jadi kalau lari sendirian itu nggak enak banget. Kecuali yang seneng ya. Ada kan orang-orang yang introvert emang seneng sendirian," paparnya. Setelah tips di atas dilakukan, yang kedua adalah memeriksa kondisi fisik diri sendiri.

"Jadi teknik awal, basic drilling teknik itulah yang kesempatan bagi temen-temen pemula untuk belajar. Karena apa, karena kalau yang udah kebentuk gitu ya, yang uda medium. Kayak aku nih misalhnya yang uda medium, itu bakalan susah banget untuk ngebongkar teknik lagi," tegasnya.

Melihat bahwa berlari itu membutuhkan proses yang panjang dan harus diawali dengan benar, Melanie melihat perlunya pengarahan untuk mereka yang tertarik menggeluti dunia lari. Dengan begitu, para pelari akan mendapatkan bekal yang cukup sebelum terjun dalam event-event lari.

"Jadi, kalau emang bisa ada satu brand memberikan edukasi melalui safe running, itu penting banget gitu. Karena bukan cuma lari yang kita butuhkan tapi banyak aset, ada nutrisi, psikologi, terus fisioterapi, itu semua adalah aspek yang diperlukan oleh seorang pelari," pungkasnya.

(kpl/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING