SELEBRITI

Yang Membuat Tuntutan Gaga Muhammad Lebih Ringan dari Dakwaan, Bersikap Sopan dan Masih Muda

Rabu, 05 Januari 2022 11:45

Gaga ditahan lebih ringan © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Selebgram Gaga Muhammad dituntut 4 tahun 6 bulan penjara atas kasus kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan mantan kekasihnya, Laura Anna alami kelumpuhan.

Tuntutan itu dibacakan Jaksa Penuntut Umum dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (4/1/2022).

Tuntutan JPU kepada Gaga Muhammad lebih ringan dengan ancaman dalam dakwaan sebelumnya. Diketahui, perbuatan Gaga Muhammad disangkakan dengan pasal 310 ayat 3, undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan dengan ancaman hukumannya maksimal 5 tahun penjara.

1. Buat Laura Jadi Lumpuh

Dalam tuntutannya, Jaksa membacakan juga beberapa hal yang memberatkan Gaga Muhammad atas kasus kecelakaan lalu lintas tersebut. Yang memberatkan Gaga Muhammad atas kasus ini salah satunya adalah membuat Laura Anna alami kelumpuhan.

"Hal-hal yang memberatkan perbuatan terdakwa yang mengakibatkan kelumpuhan bagi korban Laura Anna Edelenyi yang berdampak pada hilangnya produktifitas korban Laura Anna Edelenyi sebagai seorang selebgram. Perbuatan terdakwa menimbulkan dampak psikologis dan taruma bagi korban Laura Anna Edelenyi luka berat atau kelumpuhan yang dialami Laura Anna Edelenyi tidak dapat dipastikan kesembuhannya," kata Jaksa dalam persidangan, Selasa (4/1/2022).

"Terdakwa mengemudikan kendaraannya dalam keadaan dibawah pengaruh alkohol dan tidak ada perdamaian antara terdakwa dengan korban Laura Anna Edelenyi serta tidak ada bantuan biaya perawatan dan atau bantuan pengobatan dari terdakwa kepada korban Laura Anna Edelenyi," tambah Jaksa.

2. Ringankan Hukuman Gaga

Kemudian, selain membacakan sejumlah poin-poin memberatkan hukuman Gaga Muhammad, JPU juga bacakan hal-hal yang meringankan hukuman lelaki 21 tahun tersebut.

"Hal-hal yang meringankan terdakwa, bersikap sopan selama di persidangan, terdakwa menyadari kesalahannya dan menyesali perbuatannya, terdakwa belum pernah dihukum karena tindak pidana. Terdakwa masih berusia muda yang diharapkan dapat memperbaiki prilakunya dikemudian hari," kata Jaksa.

3. Sudah Kewajiban Jaksa

Dalam tuntutannya, Jaksa menuntut Gaga Muhammad 4 tahun 6 bulan penjara. Usai persidangan kuasa hukum Gaga Muhammad, Fahmi Bachmid menyebut tuntutan tersebut sudah menjadi kewajiban Jaksa untuk memberikan tuntutan kepada kliennya. Pihaknya pun akan mengajukan nota pembelaan atau pledoi pada sidang selanjutnya yang digelar pada Senin (10/1/2022) mendatang.

"Tuntutan jaksa itu 4 tahun 6 bulan dan itu menjadi haknya jaksa mengajukan tuntutan nanti seperti apa prosesnya ya itu nanti saya mengajukan nota pembelaan," kata Fahmi Bachmid di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (4/1/2022).

"Dari nota pembelaan nanti pada akhirnya majelis hakim yang akan memutuskan bagaimana majelis hakim memutus perkara ini dan akan dihukum seberat apa atau brp tahun gaga itu nanti dilihat proses selanjutnya," sambung Fahmi.

4. Serahkan Urusan ke Kuasa Hukum

Fahmi Bachmid menyampaikan, Gaga Muhammad tidak memberikan tanggapan apa-apa terkait tuntutan JPU. Gaga Muhammad lebih menyerahkan semua urusannya ke tim kuasa hukumnya.

"Gaga belum bicara tadi, cuma dia menyerahkan kepada saya untuk mengajukan nota pembelaan. Nah nota pembelaan ini akan saya susun dan mungkin gaga menyusun, kita lihat saja nanti seperti apa," katanya.

5. Tuntutan dari Jaksa

Sidang kasus kecelakaan lalu lintas yang menjerat Gaung Sabda Alam Muhammad alias Gaga Muhammad kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (4/1/2022). Sidang kali ini beragendakan mendengarkan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum.

Sidang kali ini, Ayah dan ibunda Gaga tampak hadir dalam persidangan itu. Begitupun kakak Laura Anna, Greta Irene juga hadir dalam persidangan. Terlihat pula sejumlah rekan selebgram, diantaranya Keanu Agl dan Erika Carlina juga hadir ikut mengawal persidangan.

6. Terbukti Salah

Atas fakta persidangan tersebut, JPU menilai bahwa Gaga telah terbukti sah dan bersalah melanggar pasal 310 ayat 3 undang-undang tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

"Terdakwa bersikap sopan menyadari dan menyesali perbuatannya masih berusia muda dan dapat memperbaiki sikapnya di kemudian hari," tambahnya.

7. Dipenjara 4 Tahun 6 Bulan

Kemudian, JPU membacakan tuntutan kepada Gaga Muhammad. Dalam tuntutan tersebut, Jaksa menuntut Gaga dengan hukuman pidana 4 tahun 6 bulan.

"Menjatuhkan pidana penjara 4 tahun 6 bulan dan denda sepuluh juta yang apabila tidak dibayarkan diganti dengan pidana 2 bulan penjara," katanya.


REKOMENDASI
TRENDING