Mimpi Jadi Kenyataan, David Chalik Perankan Sunan Kalijaga

Rabu, 09 Juli 2014 23:51 Penulis: Mahardi Eka
Mimpi Jadi Kenyataan, David Chalik Perankan Sunan Kalijaga dok. KapanLagi.com®/Agus Aprianto
Kapanlagi.com - Sosok salah satu Walisongo yaitu Sunan Kalijaga begitu menginspirasi David Chalik. Oleh karenanya saat ia didapuk memerankan tokoh tersebut dalam sinetron MNCTV berjudul WALISONGO, ia mengaku senang dan tertantang.

"Kebetulan saya penggemar Sunan Kalijaga. Dari kecil senang nonton film Walisongo yang diperankan Deddy Mizwar sebagai Sunan Kalijaga," ungkap David saat ditemui di Studio Alam TVRI, Depok, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Tak mau menyia-nyiakan peran istimewanya ini, David pun melakukan banyak hal untuk memperdalam perannya sebagai Sunan Kalijaga. "Untuk observasi saya baca buku-buku tentang beliau, konsep ajaran Islam dan pendekatan syiar, bukunya lengkap, baca-baca di internet dan diskusi ama sutradara Yoyok Dumprik," paparnya.

Seiring dengan berjalannya cerita sinetron yang juga dibintangi oleh Dea Ananda, Limbad, Tabah Penemuan, Panca Prakoso, Lulu Kurnia ini, David mengagumi perjalanan hidup Sunan yang bernama Raden Said itu.

"Perjalanan seseorang yang berontak akan ketidakadilan. Prosesnya berubah dari Raden Said, Brandal Lokajaya, tobat akhirnya jadi Sunan Kalijaga," tuturnya.

David Chalik ketika diwawancara di lokasi syutingDavid Chalik ketika diwawancara di lokasi syuting

Ia pun banyak belajar dari tokoh yang memiliki imej berbusana serba hitam ini. "Sunan Kalijaga kan bisa diterima semua kalangan, terutama masyarakat Jawa asli. Bagaimana sikap toleran Sunan Kalijaga mensyiarkan Islam, lewat pendekatan budaya, seperti wayang dan lagu Lir-ilir," tukasnya.

Di atas itu semua, David merasa ada banyak norma dan nilai positif yang bisa diambil dari sinetron yang tayang setiap hari pukul 03.00-04.00 WIB ini. "Orang suci atau hamba Allah adalah orang-orang yang mau belajar dari kesalahannya. Jangan terlalu bangga dengan pakaian dan segalanya," tandasnya.

Bagaimana denganmu, apakah kamu juga mendapat banyak pelajaran dari sinetron satu ini?

(kpl/ato/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING