in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Fitri Carlina Mengaku Bangga Bisa Kolaborasi Bareng Dangdut Cowboys

Senin, 18 Maret 2019 11:15 Penulis: Louvina Gita

Fitri Carlina & Dangdut Cowboys (credit: Doc.Pribadi/Kim Sadewa)

Kapanlagi.com - Pedangdut Fitri Carlina ikut menyemarakan pertunjukan band Dangdut Cowboys yang diselenggarakan di @America, Pacific Place, Jakarta, Sabtu malam (17/3). Dalam kesempatan itu, Fitri Carlina tak hanya menghibur penonton lewat lagu-lagu andalannya.

Ia juga berkolaborasi dengan band beraliran dangdut asal Amerika tersebut dalam melantunkan dua lagu dangdut berjudul Gadis atau Janda dan Lagi Syantik. Usai acara, Fitri mengaku bangga bisa berkolaborasi dengan Dangdut Cowboys.  Apalagi, tempat pertunjukannya dinilai Fitri sangat spesial.

“Dari sekitar delapan tahun yang lalu @America ada, baru pertama kali dangdut berkumandang di sini dan bisa berkolaborasi dengan band dangdut Cowboys suatu kebanggaan banget, karena salah satu personelnya itu professor di Pittsburgh University, ” ucap Fitri Carlina.

1. Bangga Dangdut Indonesia

Sebagai penyanyi yang sudah merintis karir di belantika musik dangdut sejak kecil, Fitri Carlina memuji permainan musik dari para personel band Dangdut Cowboys dan cara bernyanyi vokalisnya yang fasih mendendangkan lagu dangdut.  “Ini pemain sulingnya punya latar belakang pemain orchestra lho,” ujarnya.

Adik dari penyanyi Nini Carlina ini juga berujar bangga, dangdut yang sudah menjadi identitas Indonesia, dipelajari hingga diteliti oleh orang-orang Amerika.  “Ini suatu kebanggan yah, kita sebagai orang Indonesia harus bangga, ternyata musik dangdut dipelajari di luar negeri sana bahkan menjadi jurusan kuliah etnomusikologi, semoga dangdut semakin mendunia,” ucapnya.

2. Dangdut Cowboys

Band Dangdut Cowboys dibentuk pada 2007 oleh Andrew, selaku pemain gitar dan juga vokalis Dangdut Cowboys. Andrew juga merupakan seorang dosen di Pittsburgh University.

Kecintaannya terhadap dangdut bermula saat dirinya pertama kali mendengarkan lagu milik H. Rhoma Irama yang berjudul Terajana ketika dirinya berada di Bandung pada 1984.  Mulai dari situ, ia mulai memburu hingga meneliti lagu-lagu milik Rhoma Irama dan dituangkannya dalam sebuah buku.  

Dangdut Cowboys untuk pertama kalinya bertandang ke Indonesia dan menggelar show di beberapa daerah di Indonesia sejak 10 Maret 2019 dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia - Amerika. Pertunjukan di @Amerika merupakan show terakhir mereka di Indonesia.

(kpl/dan/lou)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING