in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Ini Alasan Dyrga Dadali Nggak Terima Dirinya Diplagiat Irwan DA2, Soal Komersial

Selasa, 19 Februari 2019 09:35 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Dyrga Dadali © KapanLagi.com/Bambang E Ros

Kapanlagi.com - Berseteru dengan sesama musisi, tampaknya lagi marak banget terjadi. Salah satunya yang cukup meramaikan adalah Dyrga Dadali. Bukan pertama kali, sebelumnya ia juga berselisih dengan Anji secara terbuka dan diketahui publik. Kini, giliran dengan Irwan DA2 perseteruan dimulai.

Pasalnya jelas, Dyrga merasa gaya dan karakter bernyanyinya ditiru habis-habisan oleh Irwan DA2 serta lagu Dadali dibawakan tanpa ijin. Nggak terima dan ungkap kekecewaan, ternyata Dyrga melakukan itu bukan tanpa alasan. Ya, alasannya adalah soal sisi komersial. Menurut Dyrga dalam video Irwan yang sedang menyanyi itu mengandung unsur komersil. Hal itu diketahui dari story Instagramnya kemarin (18/2).

1. Tanpa Ijin

"Irwan itu publik figur dan menyandang predikat runner up DA2, segala sesuatu yang dikerjakan publik figur adalah komersial. Lagu saya dibawakan, akan merasa bangga apabila semua ada izin dan konfirmasi kepada saya," tulisnya dalam story dengan background abu-abu polos itu.

Dyrga juga jelaskan bahwa Irwan menyanyikan lagu milik Dadali dalam bentuk video yang jelas harus ada perijinan. "Jika yang menyanyikannya publik figur dan berniat untuk menaikan popularitas bahkan sampai dipublish dalam bentuk videoclip ataupun perform itu akan menghasilkan sisi komersil dan jelas harus ada perizinan," tegasnya lagi.

2. Silahkan Karaoke

Dyrga tampak jelas mempermasalahkan tidak ada ijin padanya terkait karya-karya yang mengandung sisi komersil tersebut. Ia juga menekankan, kalau saja lagu Dadali hanya dinyanyikan secara karaoke dengan aplikasi, ia nggak keberatan.

"Jika main aplikasi smule atau tiktok sih silahkan aja tapi bukan semi videoclip," tulisnya lagi.

Masih terkait dengan karaoke, Dyrga juga jelaskan bahwa sejauh karaoke dilakukan tanpa tujuan komersil sebetulnya sah-sah saja lagu Dadali dibawakan. "Jika yang menyanyikannya hanya untuk karaoke biasa dan tidak ada maksud komersil apapun itu sah-sah saja," tulis Dyrga.


REKOMENDASI
TRENDING