EKSKLUSIF
Sekolah Anak Artis (1)

Dari Pesantren Hingga Sekolah Internasional

Dari Pesantren Hingga Sekolah Internasional



Rabu, 17 Juli 2013 09:51 | 

Jeffry Al Buchori


Kapanlagi.com - Tidak semua artis ingin anak-anak mereka mengikuti jejak sebagai entertainer. Bagi mereka, pendidikan anak jauh lebih penting. Itu sebabnya banyak kalangan artis yang serius memikirkan pendidikan anak-anaknya.

Soal memilih sekolah, biasanya lebih banyak dilakukan oleh orangtua. Mereka berharap bisa membekali anak dengan pendidikan terbaik. Ada yang memilih sekolah nasional, internasional, juga pesantren.

"Setahu aku sekolah itu ada tiga. Sekolah nasional, sekolah bertaraf internasional, dan sekolah internasional. Kalau anakku, Indie, aku masukin di sekolah bertaraf internasional," ujar Astri Nurdin kepada KapanLagi.comŪ, Senin (15/6).

Astri Nurdin @ Foto: KapanLagi.comŪAstri Nurdin @ Foto: KapanLagi.comŪ

Pilihan SBI, lanjut Astri, lebih ditekankan pada kualitas pendidikan juga agamanya. "Di SBI sudah pakai bilingual, jadi Indie bisa belajar bahasa Inggris juga. Pelajaran agamanya juga bagus. Yang paling penting tidak hanya mengejar akademis saja tapi juga mengutamakan kecerdasan emosi," lanjutnya.

Ririn Ekawati juga memilih sekolah internasional untuk buah hatinya. "Orangtua kan beda-beda ya. Tapi kalau aku tetap harus internasional. Biar anaknya siap dengan persaingan global. Cara berpikirnya lebih luas dan kurikulumnya beda. Tapi tetap agama itu nomor satu menurutku. Pondasi buat tumbuh kembangnya anak. Jadi milihnya sekolah internasional tapi tetap harus ada pelajaran agamanya," ujar Ririn kepada KapanLagi.comŪ, Senin (15/6).

Ririn Ekawati @ Foto: KapanLagi.comŪRirin Ekawati @ Foto: KapanLagi.comŪ

Beda lagi dengan Cut Keke. Ibu dua anak ini jauh-jauh hari sudah mempersiapkan pendidikan anaknya di luar negeri. Tentu tidak mudah memilih sekolah berbeda bangsa. "Saat liburan ke Melbourne aku hunting sekolah juga untuk anak sulungku," katanya sepulang berlibur dari Australia.

"Kualitas dan kuantitas yang aku pikirin. Karena base Inggrisnya kuat juga. Nanti kalau dia misalnya pindah ke luar negeri, dia jadi lebih mudah kan? Bukan berarti pendidikan di Indonesia kurang bagus," ujar Cut Keke dalam kesempatan yang berbeda.

Cut Keke @ Foto: KapanLagi.comŪCut Keke @ Foto: KapanLagi.comŪ

Yang paling jarang dilirik untuk orangtua yang sibuk di entertain adalah pesantren. Pesantren nyaris sama dengan sekolah nasional dengan sistem asrama, sehingga anak memiliki waktu lebih untuk belajar agama. Pipik, istri mendiang Ustad Jeffry Al Buchori, memilih pesantren untuk anak sulungnya Adiba Khanza.

"Alhamdulillah anaknya sekolah di pesantren. Asrama, jadi saya lebih nyaman karean lingkungannya lebih terkontrol. Tidak boleh membawa alat komunikasi. Kalau dia, dua minggu sekali di rumah baru izin sama saya untuk memakai alat komunikasi. Kalau ada apa-apa tinggal tanya gurunya," ujar Pipik (10/6).

Pipik Dian Irawati @ Foto: KapanLagi.comŪPipik Dian Irawati @ Foto: KapanLagi.comŪ

Lain orangtua tentu lain arahan pada anak mereka. Tentu banyak artis yang mengharapkan anaknya meraih pendidikan di sekolah biasa. Bagi mereka, yang terpenting adalah anaknya kelak bakal sukses.

# Baca juga seri lainya yang juga menarik berikut ini:

Sekolah Anak Artis (2): Ramai-Ramai Sekolahkan Anak Sejak Bayi
Sekolah Anak Artis (3): Artis Cerai, Bagaimana Mengasuh Anak?
Sekolah Anak Artis (4): Mereka Juga Ingin Anak Jadi Artis (kpl/uji/dew)