KOREA

21 Istilah Terbaru K-Pop yang Pemula Wajib Tahu, Mulai Dari Roti Sobek Sampai Blasteran Surga-Korea

Rabu, 11 Maret 2020 12:30 Penulis: Luthfia Miranda Putri

Kai EXO - Jaehyun NCT - Jungkook BTS © Istimewa

Kapanlagi.com - Bagi fans K-Pop pemula pasti rasanya bingung memahami istilah asing yang sering diucapkan kalangan fans lama. Bahkan di setiap kesempatan mereka suka membuat istilah baru yang bisa sulit memahaminya jika ketinggalan informasi.

Kali ini ada deretan istilah terbaru K-Pop yang bisa kamu ketahui. Tak hanya untuk kalangan pecinta K-Pop, tapi penggemar drama Korea juga bisa memahaminya. Biar makin paham, berikut kata-kata yang akan menambah wawasan tentang Dunia K-Pop!

1. Kapal

Kapal merupakan arti dari kata 'ship' yang diambil dari sebutan 'shipper'. Para KPopers seringkali suka menjodohkan biasnya dengan idola yang menurut mereka cocok. Sebutan lain dari 'kapal' ini adalah OTP yaitu One True Pairing yang juga berartikan pasangan.

2. Age-Line

Biasanya para K-Popers lebih suka menyebut 'line'. Line bisa diartikan sebagai tahun kelahiran dan ditulis dengan 2 angka belakang tahun kelahiran. Misalnya saja Jungkook BTS yang merupakan kelahiran tahun 1997, maka ia termasuk 97-line.

3. Roti Sobek

Sebutan roti sobek merupakan arti dari Abs. Sebutan ini tercipta dari perut sixpack para Oppa yang menyerupai bentuk roti sobek yang kotak-kotak.

4. Wamil

Sebutan ini memang terbilang biasa di kalangan para K-Popers. Namun untuk fans baru wajib tahu kalau wamil merupakan kependekan dari Wajib Militer. Perlu diketahui kalau setiap idol cowok yang berusia 18-28 tahun harus mengikuti program pemerintah Korea Selatan tersebut selama 2 tahun.

5. Mutualan

Mutualan awalnya tercipta dari kalangan pengguna Twitter. Namun istilah ini juga biasa digunakan untuk mengajak berteman ataupun saling follow sesama fans Kpop.

6. Holang Kaya/Sultan

Untuk fans Suho EXO, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah satu ini. Arti dari Holang Kaya atau Sultan ini adalah idola yang terkenal kaya di kalangan para fans. Biasanya sebutan ini akan diucapkan saat mengetahui sang idola melakukan sesuatu yang royal seperti mentraktir member lainnya.

7. Role Play

Role Play memiliki arti bermain peran. Istilah ini dikenal sebagai seseorang yang memainkan peran sebagai sang idola di media sosial. Biasanya mereka akan menggunakan nama sang idola dan bisa saja menjalin cinta dengan sesama role play.

8. Ubin Masjid

Istilah ubin masjid merupakan istilah untuk menyebut visual idola yang bikin hati adem. Istilah ini tercipta dari para K-Popers muslim.

9. Cogan

Cogan merupakan kependekan dari cowok ganteng. Biasanya sebutan ini diucapkan kepada para idol cowok yang punya visual menawan.

10. Salfok

Salfok merupakan kependekan dari salah fokus. Sebutan ini muncul saat sang idola melakukan sesuatu yang bikin mata jadi salah fokus.

11. Serbuk Berlian

Jaehyun NCT seringkali mendapat sebutan ini dari para KPopers. Serbuk berlian berartikan idol yang punya visual good looking yang diumpamakan sebening berlian.

12. Visual

Arti visual dalam KPop adalah member yang punya wajah good looking dan sering mencuri perhatian. Misalnya saja Irene Red Velvet yang merupakan visual dalam grupnya.

13. Center

Selanjutnya ada center. Center merupakan posisi yang sangat penting dalam grup, jika posisi center kosong maka sebagian 'jiwa' dari grup tersebut akan hilang. Member yang terpilih menjadi center biasanya adalah orang yang paling bisa dipercaya untuk mewakili grupnya. Contoh center dalam grup adalah Jennie BLACKPINK.

14. Sajaegi

Sajaegi merupakan istilah negatif dalam dunia hiburan musik Korea Selatan. Melansir dari CNN, sebutan ini ditujukan untuk musisi yang diduga memanipulasi tangga lagu dengan membeli album dalam jumlah tak terhingga atau streaming berulang kali sehingga popularitas mereka melonjak dalam waktu singkat.

15. Blasteran Surga-Korea

Istilah ini sama seperti sebutan idol yang punya visual yang menawan. Biasanya dipakai sebagai kekaguman seorang fans terhadap kesempurnaan sang idola yang seperti malaikat di surga.

16. Bias Wrecker

Bias Wrecker berartikan member yang membuat fans beralih menyukainya dari bias pertamanya. Selain itu bisa diartikan sebagai perusak daftar bias yang telah ada.

17. Dispatch

Dispatch merupakan salah satu media Korea Selatan yang terkenal. Media ini seringkali 'menciduk' para artis yang sedang berkencan secara diam-diam. Sayangnya media ini menjadi pro kontra di kalangan para penggemar karena mengganggu privasi sang idola.

18. Uwu

Uwu merupakan sebutan untuk mengungkapkan sesuatu yang imut atau lucu. Biasanya sebutan ini muncul saat melihat sang idola bertingkah layaknya seorang bayi.

19. 4D

Kepribadian 4D adalah istilah untuk seorang idol yang punya kepribadian yang unik atau aneh. Biasanya pemilik kepribadian ini terbilang kreatif dan selalu terlihat out of the box.

20. Dancing Machine

Sebutan ini dikhususkan untuk idol yang berperan sebagai main dancer dalam grupnya. Salah satu idol yang punya sebutan ini adalah Kai EXO.

REKOMENDASI
TRENDING