KOREA

4 Mantan Kontestan Produce ini Diduga Jadi Korban 'Evil Editing'!

Rabu, 21 Agustus 2019 08:01 Penulis: Kistin Septiyani

Heo Changmi, Kang Dongho, Jang gyuri, dan Ham Wonjin ©Mnet

Kapanlagi.com - Produce 101 menjadi salah satu acara survival paling bergengsi di Korea Selatan. Kesuksesan dari acara tersebut bahkan membuatnya dibuat menjadi 4 series. Selain bakat para peserta, konflik dan tantangan yang dihadapi oleh mereka menjadi sesuatu yang sangat menarik untuk diikuti.

Sayangnya, di balik kesuksesan acara tersebut, banyak penggemar menduga pihak produksi telah melakukan evil editing dalam episode-episode yang ditayangkan. Evil editing sendiri merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut proses editing yang memberikan kesan buruk pada pihak-pihak tertentu.

Nah, mengutip Koreaboo, pada Selasa (20/8/2019), berikut ini adalah 4 peserta serial Produce yang diduga menjadi korban evil editing oleh pihak produksi dan Mnet.

1. Heo Chanmi (Produce 101)

Selama penampilan Yeonjung di tahap evaluasi konsep dengan lagu Into The New World, Heo Chanmi yang saat itu berada di grup lawan terlihat sangat tak menyukainya. Wajah Heo Chanmi terlihat sangat tidak bersahabat saat itu.

Fans menduga video tersebut merupakan hasil dari evil editing yang dilakukan oleh pihak produksi. Tatapan dan raut muka yang tak bersahabat tersebut ternyata direkam saat Heo Chanmi memeriksa kembali video penampilan timnya. Ia bahkan disebut memberikan pujian pada Yeonjung atas penampilannya yang sangat bagus dan meminta maaf karena suaranya yang pecah di atas panggung.

2. Kang Dongho (Produce 101 Season 2)

Kang Dongho atau yang lebih akrab disapa Baek Ho NU'EST tampil dengan suara yang kurang stabil saat penentuan kelas. Mnet mengulang-ulang scene saat suaranya pecah hingga tiga kali dalam episode tersebut. Banyak penggemar yang menyatakan bahwa sebenarnya kesalahan tersebut tidaklah terlihat bagi mereka.

Selain itu, di tahap evaluasi konsep, Dongho sempat beradu argumen dengan Jung Sewoon yang saat itu berada satu tim dengannya. Banyak fans menyatakan editan yang ditayangkan Mnet membuat Dongho terkesan memaksakan kehendaknya pada Sewoon dan anggota tim lainnya. Akibatnya banyak netizen merasa tak suka dengannya.

3. Jang Gyuri (Produce 48)

Saat tampil dalam tahap evaluasi konsep Jang Gyuri terpilih sebagai main vokal dalam grupnya. Saat itu, grupnya terpilih untuk menampilkan lagu Peek A Boo milik Red Velvet. Sayangnya dalam penampilan tersebut, Jang Gyuri sedang dalam kondisi yang tidak baik. Akibatnya suaranya pecah di tengah-tengah penampilan.

Mnet kemudian terus menunjukkan berbagai kesalahan yang dilakukannya di atas panggung. Mereka juga mengulang kesalahan-kesalahan tersebut berkali-kali. Gyuri pun disebut sempat merasa trauma karena hal itu. Akibatnya, ia tak mau menjadi main vokal di penampilan selanjutnya, meski rekan satu tim yang memintanya.

4. Ham Wonjin (Produce X 101)

Sepanjang Produce X 101 ditayangkan, Ham Wonjin ditayangkan sebagai seorang pria yang sangat mudah menangis. Ia bahkan mendapat julukan Cry-Wonjin. Tak hanya itu, saat ia menampilkan dance untuk lagu Finesse, pihak produksi memframing seolah ia dan sang leader, Kim Sihoon mengalami konflik.

Dalam penampilan lainnya, Ham Wonjin yang saat itu kondisi suaranya tak begitu bagus terpaksa memberikan posisi main vokal pada Kang Minhee. Namun Mnet menunjukkan bagaimana ia berebut bagian dengan anggota lain yang membuatnya terlihat serakah.


REKOMENDASI
TRENDING