KOREA

5 Idol K-Pop Yang Berkolaborasi Dengan Musisi Internasional, Ada John Legend Loh!

Kamis, 30 September 2021 14:01 Penulis: Editor KapanLagi.com

Red Velvet dan Lay (Credit: Instagram/redvelvet.smtown dan Layzhang)

Kapanlagi.com - Kolaborasi merupakan salah satu cara untuk melebarkan karir dan juga menjangkau seluruh pasar di industri musik saat ini. Hal ini juga berlaku untuk idol K-Pop. Saat ini banyak idol K-Pop yang melakukan kolaborasi dengan musisi luar negeri.

Namun, tidak hanya karena karir dan popularitas saja musisi internasional mau untuk berkolaborasi dengan idol K-Pop, tapi juga bakat serta kecocokan warna suara dari grup tersebut yang membuat musisi internasional tertarik. Sehingga, dapat membuat lagu dengan pas dan juga sesuai dengan warna suara yang dimiliki.

Beberapa idol K-Pop ini telah melakukan kolaborasi dengan musisi internasional. Siapa saja mereka? Intip informasinya berikut ini!

1. BTS

BTS merupakan boy grup yang memiliki popularitas yang cukup tinggi, bahkan mereka dapat bersaing dengan musisi internasional yang lain. BTS sering mendapatkan posisi pertama dalam tangga lagu Billboard 100, yakni dengan lagu Dynamite, Permission to Dance, dan Life Goes On.

Dengan popularitas dan juga talenta yang dimiliki oleh setiap member BTS membuat mereka dilirik oleh musisi internasional. BTS merupakan boy grup yang hampir menyapu bersih pangsa pasar musik di dunia. Nama nama musisi papan atas yang berkolaborasi dengan BTS seperti, DJ Steve Aoki, Halsey, Troye Sivan, Sia, Ed Sheeran

2. Lay Zhang

Lay merupakan member EXO yang berasal dari Cina. Ia tidak bisa melakukan kegiatan dan promosi bersama dengan EXO di Korea Selatan karena terdapat permasalahan internal dan peraturan yang ada di Cina. Lay pada tahun 2018 merilis lagu solo berjudul Sheep, lagu ini merupakan hasil kolaborasi dengan Alan Walker.

Lay melakukan kolaborasi dengan Alan Walker bukan tanpa alasan, Lay memiliki musikalitas yang tinggi serta bakat dalam bernyanyi. Hal ini membuat Lay berhasil menggandeng Alan Walker dalam lagu Sheep. Selain itu, bukan hanya dengan Alan Walker, Lay juga melakukan kolaborasi dengan Far East Movement dengan lagu Love Bird.

3. Wendy

Wendy merupakan salah satu vokalis terbaik generasi 3, ia juga merupakan main vokalis dari grup asal SM Entertainment yakni Red Velvet. Wendy sendiri memang terkenal akan kemampuan vokal yang begitu luar biasa, ia dapat bernyanyi dengan nada tinggi begitu santai dan tanpa beban.

Wendy melakukan kolaborasi dengan bintang dunia yakni John Legend, mereka melakukan kolaborasi pada tahun 2018 dengan lagu Written In The Stars. Lagu ini begitu indah didengarkan, alunan melodi dan juga suara emas mereka berdua membuat kita semua menikmati.  Namun, tidak hanya dengan John Legend, sebelumnya Wendy juga pernah berkolaborasi dengan penyanyi yang lain yakni Ricky Martin pada tahun 2016 dengan lagu Vente Pa' Ca'.

4. BLACKPINK

BLACKPINK merupakan girl grup sukses asal YG Entertainment, mereka berhasil menggebrak dunia K-Pop dengan lagu debut mereka yakni Whistle yang berhasil memperoleh Perfect All Kill di seluruh tangga lagu Korea Selatan.

Berkat popularitas dan juga talenta dalam dunia musik, BLACKPINK menjadi salah satu idol K-Pop yang sering berkolaborasi dengan musisi internasional. Hal ini juga didukung karena BLACKPINK telah bekerja sama dengan label rekaman asal Amerika Serikat yakni Interscope.

BLACKPINK telah melakukan kolaborasi dengan Lady Gaga, Dua Lipa, Selena Gomez, dan juga Cardi B. Lagu kolaborasi mereka dengan Selena Gomez mampu memuncaki posisi #13 dalam tangga lagu Billboard 100.

5. IZ*ONE

Girl grup bentukan survival show Produce 48 yakni IZ*ONE, merupakan girl grup yang dinilai sukses mendulang perhatian publik Korea Selatan. Selain itu, album dan juga lagu yang mereka hasilkan tak jarang memperoleh hasil yang begitu fantastis. Tak banyak yang tahu bahwa IZ*ONE pernah berkolaborasi dengan Jonas Blue.

IZ*ONE melakukan kolaborasi dengan Jonas Blue lewat lagu yang berjudul Rise. Lagu ini memang telah dirilis oleh Jonas Blue dan Jack & Jack, tapi Jonas Blue membuat versi wanita dari lagu ini, sehingga ia memutuskan berkolaborasi dengan IZ*ONE. Meskipun Kolaborasi ini tidak diikuti oleh seluruh anggota grup, tapi kolaborasi ini sangat berkesan.

Melakukan kolaborasi dengan musisi internasional tidak hanya memiliki fungsi komersial atau melihat keuntungan semata. Hal ini juga dapat mempererat hubungan antara musisi internasional dan idol K-Pop dan dapat menjadi pertukaran budaya antara satu sama lain. 

Ditulis Oleh: Andre'an Adhe Prastyo

 

 


REKOMENDASI
TRENDING