HOME » KOREA
KOREA

Berbanding Terbalik, Ini 8 Potret Bedanya Fashion Korea Selatan dan Korea Utara bak Bumi dan Langit

Rabu, 16 September 2020 13:11 Penulis: Dhia Amira

(credit: instagram.com/jakaparker, 16/09/20, pukul 12.16; instagram.com/blackpinkofficial)

Kapanlagi.com - Korea Selatan dan Korea Utara memang merupakan dua negara yang berbeda. Bukan hanya dari segi kehidupan saja, nyatanya kedua negara ini juga memiliki perbedaan dalam gaya fashion.

Gaya fashion yang dimiliki oleh Korea Selatan dan Korea Utara sangat berbeda bak langit dan bumi. Hingga menjadi sesuatu hal yang menarik dan mendapatkan sorotan dari banyak negara.

Kira-kira apa saja ya perbedaan fashion tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, yuk simak perbedaan fashion Korea Selatan dan Korea Utara yang sangat mencengangkan. Langsung saja dicek.

 

1. Peraturan dalam Pemakaian Celana

Di Korea Utara ternyata mengenakan celana ada aturannya loh KLovers. Mereka harus mengenakan celana dengan warna gelap dan tidak ketat. Karena bila mengenakan celana jeans, merupakan salah satu budaya barat dan hal ini dilarang di Korea Utara.

Sedangkan bila di Korea Selatan sangat berbeda, kalian bebas dengan mengenakan fashion apapun. Boleh mengenakan celana gelap, terang, jeans, ketat, dan lainnya.

2. Baju Seksi

Selain dilarang mengenakan celana ketat, Korea Utara juga melarang keras bagi warganya yang wanita mengenakan pakaian seksi. Hal ini kembali dengan gaya budaya barat yang sangat dilarang keras oleh pemerintah Korea Utara. Kalian harus mengenakan rok atau gaun di bawah lutut, dan terlihat tertutup.

Berbeda dengan Korea Utara, Korea Selatan membebaskan masyarakatnya untuk mengenakan pakaian dengan jenis apapun. Bahkan banyak pemuda di Korea Selatan yang mengenakan pakaian seksi dan juga trendi saat ini.

3. Tidak Boleh Mengenakan Aksesoris Berlebih

Ternyata di Korea Utara juga dilarang untuk mengenakan aksesoris berlebih loh KLovers. Di sana kalian hanya boleh mengenakan kalung dan juga bros, dan tidak diperbolehkan untuk mengenakan aksesoris secara berlebihan.

Sedangkan di Korea Selatan sangat amat berbeda, pasalnya aksesoris dengan bentuk unik dan lucu sangat banyak di Korea Selatan. Bahkan mengenakan aksesoris merupakan sebuah hal yang sangat fashionable di Korea Selatan.

4. Tidak Boleh Mengenakan Tindik

Tidak hanya wanita saja, nyatanya pria juga memiliki larangan yang hampir serupa loh KLovers. Di Korea Utara bagi kaum pria menggunakan tindik merupakan sebuah hal yang sangat dilarang. Hal ini kembali dengan budaya barat yang sangat tidak diperbolehkan di Korea Utara.

Tentu saja di Korea Selatan sangat berbeda, banyak laki-laki dan perempuan yang memiliki tindik di telinga ataupun di wajah mereka. Sehingga tidak heran bila banyak idol K-Pop yang memiliki aksesoris di bagian telinga mereka, yang terlihat semakin keren.

5. Hanbok

Selain pakaian biasa, ternyata pakaian tradisional Korea Selatan dan Korea Utara memiliki banyak perbedaan loh KLovers. Yup! Korea Utara memiliki warna yang lebih terang dan juga lebih mencolok untuk hanbok mereka.

Sedangkan Korea Selatan sudah memiliki warna hanbok yang cantik-cantik, seperti warna pastel dengan hiasan bunga kecil yang indah. Dan juga ada beberapa hanbok yang sudah dimodifikasi lebih trendi lagi menyesuaikan jaman.

6. Gaya Rambut

Tidak hanya pakaian saja, gaya rambut juga diatur loh di Korea Utara. Laki-laki maupun perempuan memiliki gaya rambut yang hampir mirip, karena gaya potong rambut yang sudah di tentukan. Jadi bila kalian akan memotong rambut di Korea Utara, jangan harap dapat menentukan gaya rambut ya KLovers.

Berbanding terbalik dengan Korea Utara, Korea Selatan lebih bebas dalam menentukan gaya rambut yang sedang trendi. Bahkan mereka juga dibebaskan mewarnai rambut mereka dengan berbagai jenis warna yang keren dan kekinian.

7. Sepatu

Sepatu juga menjadi salah satu gaya fashion yang juga diatur di Korea Utara. Sepatu di Korea Utara terlihat lebih formal dan tidak banyak corak berlebihan. Jadi tidak heran bila sepatu yang dikenakan masyarakat Korea Utara mirip-mirip ya KLovers.

Dan gaya sepatu di Korea Selatan cukup berbeda, kalian bebas mengenakan sepatu dengan warna, corak, dan jenis apapun. Bahkan ada saja beberapa gaya sepatu yang unik dan juga fashionable dikenakan di Korea Selatan.

8. Warna Pakaian

Dan perbedaan gaya fashion terakhir yaitu warna pakaian. Warna pakaian juga menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan loh di Korea Utara.

Pakaian wanita atau pria di Korea Utara lebih pada formal dengan warna-warna yang netral dan senada. Bila ada yang mengenakan gaya pakaian dengan corak berlebih, maka kalian siap-siap saja ditegur ya KLovers.

Berbeda dengan Korea Utara, bila di Korea Selatan warna pakaian yang kita kenakan sangat berbeda jauh. Kalian akan bebas mengenakan pakaian dengan warna serat corak unik apapun. Bahkan banyak sekali pemuda di Korea Selatan yang sangat trendi dan kekinian dengan gaya fashion mereka.

Itulah 8 perbedaan gaya fashion Korea Selatan dan juga Korea Utara. Bukan hanya menjadi hal yang unik saja, perbedaan gaya fashion dari kedua negara ini menjadi hal yang menarik oleh berbagai negara.


REKOMENDASI
TRENDING