KOREA

Bakat Jadi Pengusaha, 7 Idol K-POP Terkenal Ini Sukses Membangun Bisnisnya Sendiri Lho

Jum'at, 27 November 2020 21:25 Penulis: Iwan Tantomi

credit: as tagged.

Kapanlagi.com - Bagi banyak orang modal menjadi idol K-POP yang sukses mungkin sekadar jago bernyanyi, menari serta memiliki visual menarik. Padahal, selain kemampuan dalam bermusik, tak sedikit idol K-POP yang memiliki talenta lain. Salah satunya adalah insting berbisnis.

Tak semua orang bisa menjalankan usaha dengan mulus, tetapi beberapa idol K-POP ini mampu mewujudkan bakat pengusaha yang dimiliki untuk membangun sebuah bisnis. Kerennya lagi, mereka mampu menjalankannya di tengah popularitas sebagai idol K-POP papan atas di Korea.

Dari Rain hingga Jin BTS, berikut sederet idol K-POP yang sukses membangun bisnis mereka sendiri.

1. Rain

Rain bukan hanya sukses menjadi salah satu idol K-POP, tetapi juga sukses besar membangun beberapa lini bisnisnya sendiri. Bisnis pertama di bidang clothing line dengan label Six to Five.

Rain juga memiliki label rekaman sendiri yang dibukanya sejak November 2007 dengan nama J. Tune Entertainment. Label rekaman ini kemudian bersatu dengan JYP Entertainment, sebagai agensi lama Rain.

Pada 2015, Rain kemudian mengumumkan R.A.I.N Company, sebagai agensi yang dikelolanya, setelah keluar dari Cube Entertainment pada waktu itu.

 

2. Jessica Jung

Sebelum memutuskan untuk hengkang dari SM Entertainment, Jessica Jung aktif merintis label busana miliknya, Blanc and Eclare. Sayang, hal tersebut tampaknya bentrok dengan jadwalnya sebagai member Girls Generation.

Imbasnya, Jessica Jung memilih berhenti jadi idol K-POP dan fokus pada bisnisnya. Kini, label pakaiannya menjadi salah satu merek kenamaan dunia. Bahkan, tak sedikit idol K-POP papan atas yang mengenakannya, seperti BLACKPINK, HyunA, IU, PRISTIN dan masih banyak lagi.

 

3. Jay Park

Jay Park bukan hanya dikenal sebagai artis berbakat, tetapi ia juga jitu menjalankan insting bisnisnya. Sejak keluar dari 2PM dan JYP Entertainment, nama Jay Park memang terus melambung.

Kini ia memiliki label rekaman sendiri bernama AOMG. Label rekaman tersebut kemudian ia jalankan bersama Simon Dominic, yang juga seorang rapper dan musisi Korea berbakat sebagai Co-Founder.

Jay Park juga memiliki label rekaman bernama H1GHR MUSIC yang dikelola bersama rekannya, Cha Cha Malone.

 

4. Kang Daniel

Kang Daniel menuai popularitas setelah debut dalam Wanna One. Usai grup yang terbentuk lewat survival show Produce 101 season ke-2 bubar, Daniel lantas melanjutkan karirnya sebagai artis solo.

Menariknya, di waktu bersamaan Daniel juga membangun bisnisnya, dengan mendirikan label rekaman bernama KONNECT Entertainment. Selain itu, ia juga punya label rekaman lainnya bernama KD Entertainment. Dia pun duduk di kursi CEO di kedua perusahaan tersebut.

 

5. G-DRAGON

Nama G-DRAGON bukan saja lekat sebagai member BIGBANG, tetapi juga sukses sebagai artis solo. Hal yang menarik dari G-DRAGON, ia tak hanya memiliki karir cemerlang dalam bermusik, tetapi juga memiliki bisnis sendiri, berupa pension hotel bernama Dolce Vita Pension.

G-DRAGON juga punya dua kafe bernama Monsant Cafe dan Untitled 2017. Pundi-pundi kesuksesannya pun makin mengalir, karena ia juga aktif berkolaborasi dengan brand-brand kenamaan dunia.

 

6. Jackson Wang

Selain jago banget ngerap dan sukses berkarir sebagai idol K-POP, Jackson Wang juga tak menyia-nyiakan insting bisnis yang dimilikinya. Di tengah popularitasnya yang melambung, Jackson merintis bisnisnya berupa label pakaian bernama Team Wang Design.

 

7. Jin BTS

Last but not least, ada Jin BTS. Di tengah kesibukannya bersama BTS yang tengah meraih puncak kesuksesan global, Jin seakan tak ada waktu untuk mengurus hal lain, seperti bisnis. 

Nyatanya, member tertua BTS ini justru diam-diam merintis bisnis bersama kakaknya, Kim Seok Joong dengan membuka restoran bertema Jepang, Ossu Seiromushi. Menariknya, restoran Jin BTS ini terkenal dengan menunya yang super lezat, sampai-sampai jadi jujukan wisatawan luar negeri lho.

Itulah beberapa idol K-POP yang sukses membangun bisnis di tengah popularitasnya yang melejit. Mereka pun membuktikan, jika selagi ada kesempatan dan tekad berbisnis, kenapa tak lekas diwujudkan?

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING