KOREA

Beberapa Kali Mengukir Sejarah, Berikut Sederet Fakta Lagu ‘Butter’ Milik BTS yang Sukses di Dunia Musik Korea

Rabu, 01 September 2021 09:36

BTS all personel (Credit: Twitter/bts_bighit)

Kapanlagi.com - Tahun 2021 nampaknya masih menjadi tahun kejayaan boy group kenamaan asal Korea Selatan, BTS. Pasalnya, mereka terus berinovasi dan berkarya dengan lagu-lagu yang semakin menambah kepopuleran mereka. Bahkan tidak tanggung-tanggung, beberapa karya mereka bisa mencetak rekor dan meraih beberapa penghargaan.

Boy group di bawah naungan Big Hit Entertainment ini beranggotakan tujuh personil yang tampan dan memiliki kharisma yang kuat. Mereka debut pertama kali pada tahun 2013 dan masih eksis hingga saat ini. Pada tahun ini, mereka merilis beberapa lagu yang cukup menghebohkan dunia hiburan Korea Selatan bahkan dunia. Salah satunya adalah lagu Butter.

Lagu Butter ini cukup sukses dan menuai banyak sekali pujian dan penghargaan. Hal ini cukup membanggakan mengingat lagu ini baru saja dirilis di tahun ini. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik yang perlu kalian ketahui nih mengenai lagu Butter, KLovers.

1. Terpilih Menjadi Lagu yang Diputar Saat Pelaksanaan EURO 2020

BTS merilis lagu Butter pada bulan Mei 2021 lalu. Meskipun terbilang cukup baru dirilis, tetapi sudah sukses terpilih menjadi lagu yang terpilih menjadi lagu yang akan diputar pada ajang olahraga sepak bola akbar, yaitu EURO 2020. Hal ini terpaut hanya kurang dari dua bulan saja sejak perilisan lagu Butter oleh BTS.

Tidak berhenti sampai di situ saja, lagu ini menjadi lagu yang memenangkan voting untuk lagu yang akan diputar pada rangkaian final dari event ini. Lagu Butter ini berhasil mengalahkan lagu Bad Guy milik Billie Eilish dan juga lagu Yeah milik Usher. Tak tanggung-tanggung, lagu BTS ini menduduki posisi pertama pada pemilihan tersebut, disusul dengan lagu dari solois Louis Tomlinson Yang berjudul Kill My Mind. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka, mengingat lagu yang masih baru ini sudah sukses bersaing di kancah internasional. Namun sayang sekali, walau diputar pada pelaksanaan EURO 2021, lagu ini batal diputar pada final acara ini.

 

2. Sukses Memecahkan 5 Rekor Dunia Dalam Sepekan

Setelah perilisannya, lagu Butter ini sudah mencetak beberapa rekor yang tercatat di Guinness World Records. Bahkan, beberapa rekor tersebut diraih BTS saat belum genap dua hari dari perilisan lagu mereka ini. Selain itu, rekor-rekor tersebut juga dicapai pada dua platform musik yang cukup besar dan terkenal di dunia, yaitu Youtube dan Spotify

Rekor-rekor tersebut adalah sebagai video musik dan video musik K-Pop dengan penonton terbanyak dalam 24 Jam pertama di Youtube, video musik dengan penonton terbanyak untuk tayangan perdana di Youtube, lagu yang diputar terbanyak dalam 24 jam pertama di Spotify, dan musisi dengan lagu yang paling banyak diputar di Spotify. Bahkan lagu Butter menggeser lagu I Don’t Care yang merupakan lagu kolaborasi Ed Sheeran dan Justin Bieber pada kategori lagu yang paling banyak diputar pada 24 jam pertama di Spotify. Pencapaian ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa dari BTS.

 

3. Tidak Hanya di Youtube, Lagu Butter Ini Juga Cetak Sejarah di Billboard

Selain di Youtube, prestasi lagu Butter BTS ini juga terlihat di dalam Billboard. Lagu ini menjadi lagu yang masuk ke dalam list lagu terpopuler Billboard Hot 100 selama tiga belas pekan berturut-turut. Rekor ini berhasil terpecahkan selama 23 tahun dipegang oleh lagu I Don’t Wanna Miss A Thing yang dimiliki oleh band lawas Aerosmith.

Tidak hanya sekedar masuk ke dalam list, lagu ini menjadi pemuncak peringkat tersebut. Hal ini otomatis membuat BTS menjadi musisi Asia yang pertama yang debut di puncak Billboard Hot 100 dan bertahan selama tiga belas pekan. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang patut dibanggakan oleh para ARMY (sebutan untuk fandom boy group ini).

 

4. Lagu Ini Ditulis Oleh Beberapa Penulis Lagu Terkenal di Amerika

Fakta menarik selanjutnya adalah mengenai penulis lagu dari BTS ini ternyata juga ditulis oleh RM BTS dan juga beberapa penulis lagu terkenal Amerika. Mereka adalah Sebastian Garcia, Alex Bilowitz, Rob Grimaldi, Stephen Kirk, dan Jenna Andrews. Tak heran jika lagu ini menggunakan bahasa Inggris dalam lagunya. 

Tak heran jika lagu berbahasa Inggris kedua mereka setelah Dynamite ini menjadi lagu yang cukup catchy untuk didengar oleh telinga para pendengarnya. Pengakuan dari salah satu personel mereka, yaitu Jimin BTS mengungkapkan bahwa memang lagu ini sengaja diciptakan sebagai lagu yang tidak penuh dengan makna yang berat. Hal ini bertujuan agar lagu ini dapat didengarkan dengan ringan dan tentunya lebih easy listening.

 

5. Lagu Ini Mendapatkan Sertifikat Perak di Inggris

Selain berbagai prestasi yang telah disebutkan sebelumnya, lagu ini juga mendapat apresiasi yang cukup tinggi dari Inggris. Lagu ini mendapatkan sertifikasi perak dari Inggris. Hal ini bukan kali pertama BTS meraih pencapaian ini. Beberapa lagu milik mereka juga mendapat hal yang serupa karena kesuksesannya.

Dilansir dari portal berita Soompi, sertifikasi ini didapatkan oleh BTS pada tanggal 27 Agustus 2021 lalu. single bersertifikat perak ini didapatkan karena telah mencapai, bahkan melebihi penjualan sebesar 200.000 unit dan album bersertifikat perak dengan penjualan sebesar 60.000 unit.

Itu tadi adalah sederet fakta menarik mengenai lagu Butter yang sukses mencuri perhatian oleh para penikmat musik dunia. Semoga BTS bisa mengeluarkan karya-karya menariknya lagi ya KLovers!

Ditulis oleh: Muhammad Ancah

 

 


REKOMENDASI
TRENDING