KOREA

Dinyatakan Bersalah Atas Kasus Pemerkosaan, Kris Wu Dijatuhi Hukuman 13 Tahun Penjara

Jum'at, 25 November 2022 20:20

Kris Wu dihukum 13 tahun penjara © Instagram.com/kriswu

Kapanlagi.com - Kris Wu dinyatakan bersalah atas kasus pemerkosaan oleh pengadilan Beijing dan dijatuhi hukuman 13 tahun penjara pada hari Jumat (25/11/2022) waktu setempat. Eks member EXO tersebut menjadi salah satu tokoh terkemuka di China yang dihukum atas tuduhan #MeToo, sebuah gerakan sosial melawan kekerasan seksual, pelecehan seksual, dan juga budaya pemerkosaan, di mana orang-orang mempublikasikan pengalaman mereka.

Dalam sebuah pernyataan di media sosial, Pengadilan Rakyat Distrik Chaoyang di Beijing mengatakan bahwa Kris Wu dihukum karena mengambil keuntungan dari tiga wanita dalam kondisi mabuk dan melakukan hubungan seks secara paksa dengan mereka di rumahnya pada tahun 2020. Mengutip dari The New York Times, dia juga dinyatakan bersalah oleh pengadilan karena "mengumpulkan massa untuk berhubungan dalam kegiatan seksual dengan banyak orang."

1. Reaksi Du Meizhu

Hukuman yang dijatuhkan pada Kris Wu juga telah diketahui oleh Du Meizhu yang pertama kali mengungkap kasus ini di media sosial. Sang aktris merasa berterima kasih karena pelaku tindak pemerkosaan bisa mendapat hukuman terlepas dari statusnya sebagai seorang public figure.

"Hari ini akhirnya tiba," tulis Du Meizhu di platform media sosial Weibo setelah hukuman penjara diumumkan.

"Saya sangat berterima kasih atas sistem hukum China yang tidak memberi ampun pada penjahat, bahkan jika dia adalah bintang besar sekalipun," imbuhnya.

2. Tak Ada Pengecualian

Setelah penahanan Kris Wu tahun lalu, outlet propaganda Partai Komunis China yang berkuasa memuji penangkapan sang bintang sebagai pelajaran bagi selebriti bahwa ketenaran tidak akan melindungi mereka dari keadilan.

Dalam pernyataannya, pengadilan mengatakan Kris Wu juga akan dideportasi. Pengadilan mengatakan bahwa pejabat dari kedutaan Kanada di China yang menghadiri sidang hukuman. Kris Wu yang sempat membantah tuduhan saat kasusnya pertama kali muncul, memiliki hak untuk mengajukan banding atas hukumannya dan vonis penjara 13 tahun.

Xinhua, sebuah kantor berita milik negara, mengabarkan bahwa pemerintah China mengatakan Kris Wu akan dituntut sebesar 600 juta yuan (sekitar Rp 1,3 triliun) untuk penghindaran pajak, biaya tunggakan, dan denda.

3. Gerakan #MeeToo

Pendukung gerakan #MeToo yang baru lahir di China mengatakan hukuman yang dijatuhkan pada Kris Wu, jika tetap berlaku, akan menjadi peringatan bagi pelaku pelanggaran seksual.

"Ini juga akan mendorong para perempuan untuk berani maju membela hak-hak mereka di lingkungan di mana para korban sering dipermalukan dan dihina," kata Huang Simin, seorang pengacara hak asasi manusia yang berbasis di China Daratan yang telah menangani kasus-kasus yang berkaitan dengan kekerasan gender.

4. Awal Kasus

Seperti diketahui, nama Kris Wu menjadi sorotan di China bahkan seluruh dunia sejak bulan Juli 2021 lalu. Pasalnya, aktris Du Meizhu menyebut eks personel EXO tersebut berselingkuh bahkan suka memaksa hubungan seks pada banyak perempuan.

Sehubungan dengan kontroversi tersebut, keamanan publik distrik Chaoyang di Beijing pada Sabtu (31/7) lalu mengungkapkan bahwa Kris Wu telah ditangkap untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Menanggapi tuduhan bahwa Kris Wu telah berulang kali mengeksploitasi wanita muda untuk melakukan seks, polisi telah menangkap Wu yang memiliki kewarganegaraan Kanada untuk penyelidikan lebih lanjut atas tuduhan pemerkosaannya," ungkap pihak keamanan publik distrik Chaoyang di Beijing, melansir dari Allkpop.

5. Lagu dan Akun Resmi Dihapus Weibo

Perusahaan media sosial China Weibo juga tak tinggal diam terkait kasus yang melibatkan artis 31 tahun tersebut. Akun resmi Kris Wu dan labelnya telah dihapus dan tidak lagi dapat diakses di Weibo.

Pada Minggu (1/8), Weibo mengumumkan bahwa mereka telah menutup 108 akun dan 789 grup yang melanggar pedoman komunitas mereka. Tindakan tegas ini tak pandang bulu, mengingat tingkat keparahan kasus yang menjerat Kris Wu.

Menurut daftar yang terungkap, akun-akun yang membela Kris Wu dan komunitas penggemarnya juga telah dihapus atau ditangguhkan. Nasib yang sama juga dialami oleh akun selebritas yang mendukung Kris maupun menyebut apa pun yang berkaitan dengannya.

Dalam berita terkait, sebagian besar lagu Kris Wu juga telah dihapus di situs streaming musik. Hanya tersisa 2 atau 3 lagu saja yang masih dapat diakses.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING