KOREA

Disebut Plagiat! Comeback Boy Group Rookie ATBO Dianggap Terlalu Mirip Dengan NCT 127 'Kick It'

Minggu, 23 Oktober 2022 22:24 Penulis: Editor KapanLagi.com

NCT 127 dan ATBO (Credit: youtube.com/smtown, youtube.com/atbo)

Kapanlagi.com - Ditulis oleh : Adhella Azkia Putri

Boy group rookie ATBO akhir-akhir ini menjadi topik perbincangan pasca merilis foto konsep comeback kedua mereka yang bertajuk The Beginning.

Setelah foto tersebut dirilis melalui akun Twitter resmi @ATBO_ground pada 18/10/22, banyak K-Popers yang menyadari bahwa konsep dari grup jebolan ajang pencarian bakat ini sangat mirip dengan konsep lagu Kick It milik NCT 127.

Sempat terkecoh, banyak dari penggemar K-Pop awalnya mengira bahwa ATBO sedang melakukan cover dance lagu Kick It dari NCT 127, ada juga yang mengira bahwa mereka sedang melakukan dress up untuk hari Halloween.

1. Bukan Pertama Kali ATBO Mendapat Tuduhan Plagiat

Ternyata bukan pertama kali ATBO mendapat tuduhan plagiat terhadap NCT 127. Setelah ditelusuri lebih jauh, lagu Monochrome (Color) dari boy group asuhan IST Entertainmen ini memiliki koreografi yang mirip dengan gerakan ikonik dari lagu Kick It milik NCT 127. 

Gerakan ikonik tersebut merupakan ide dari leader NCT 127 yaitu Taeyong, dan K-Popers menganggap bahwa ATBO memiliki banyak kemiripan konsep dengan NCT 127. 

2. Memiliki Konsep yang Terlalu Mirip Dengan NCT 127 'Kick It'

Setelah melihat foto yang dirilis oleh akun resmi ATBO, banyak penggemar K-Pop yang menilai bahwa konsep tersebut terlalu banyak memiliki kemiripan dengan Kick It, lagu dari NCT 127 yang 2 tahun lebih dulu melakukan promosi dibanding ATBO. 

Tak hanya pakaian yang sama-sama bergaya ala rider berwarna monokrom, ornamen dan latar belakang yang digunakan dalam foto tersebut juga memiliki konsep oriental persis seperti pada MV Kick It. 

3. Klarifikasi IST Entertainment

Setelah memanasnya kabar plagiarisme ini, netizen mendesak pihak agensi IST Entertainment untuk segera memberikan klarifikasi mengenai kabar tersebut. 

Namun hingga saat ini dari pihak IST Entertainment diketahui belum membuka suara dan memberi tanggapan mengenai tuduhan plagiarisme yang penggemar berikan kepada anak asuh mereka. 

Banyak K-Popers yang menyayangkan tuduhan tersebut dan berempati kepada ATBO karena hal tersebut bukanlah kesalahan mereka, dan ditambah mereka merupakan boy group yang baru debut pada 27/7/22. 

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING