KOREA

Terpaksa Menyamar Jadi Lawan Jenis, 9 Rekomendasi Drama Gender Swap yang Wajib Kamu Tonton - Cwk atau Cwk?

Sabtu, 15 Oktober 2022 07:07 Penulis: Renisya Satya Putri

rekomendasi drama gender swap (credit: istimewa)

Kapanlagi.com - Drama Korea punya beragam tema yang menarik untuk diikuti, salah satunya adalah pertukaran gender atau gender swap. Yup, drama dengan tema ini menampilkan kisah di mana karakternya berpura-pura menjadi lawan jenis lalu terlibat dalam serangkaian kejadian kocak, canggung, membingungkan, sekaligus dramatis. Berikut sederet drakor gender swap yang wajib kamu tonton.

1. THE KING'S AFFECTION (2021)

Sebelum Park Eun Bin menjadi Attorney Woo yang dicintai banyak orang, dia adalah Putra Mahkota kembar yang jatuh cinta pada guru kerajaan, Jung Ji Woon (Rowoon SF9), di THE KING'S AFFECTION.

Dam Yi terpaksa mengambil gelar dan tanggung jawab. Ditambah lagi, dia harus menyembunyikan identitas aslinya dari semua orang sekaligus menyembunyikan perasaan untuk cinta pertamanya dengan berpura-pura menjadi kembarannya, Lee Hwi, yang telah meninggal dunia.

2. ROYAL SECRET AGENT (2020)

Sebelum Kim Myungsoo atau yang lebih dikenal sebagai L Infinite wamil, dia membintangi drama komedi sejarah ROYAL SECRET AGENT bersama Kwon Na Ra dan Lee Yi Kyung.

Dalam drama ini, Sung Yi Gyum (L) dihukum menjadi inspektur rahasia kerajaan dan ditugaskan untuk menyelidiki praktik korupsi pejabat publik. Sementara itu, Hong Da In (Kwon Na Ra) maupun Park Chun Sam (Lee Yi Kyung) adalah bagian dari rombongan Sung Yi Gyum. Saat melakukan investigasi, Hong Da In terkadang harus berdandan sebagai laki-laki.

3. THE TALE OF NOKDU (2019)

Jika biasanya drama gender swap menceritakan perempuan yang menyamar jadi laki-laki, THE TALE OF NOKDU justru menyuguhkan sebaliknya.

Berdasarkan webtoon karya Hye Jin Yang, drama ini berkisah tentang seorang pria bernama Jeon Nok Du (Jang Dong Yoon) yang menyamar sebagai seorang wanita. Dia menggunakan identitas Kim Nok Soon untuk memasuki desa misterius khusus wanita dan mengungkap kebenaran tentang kelahirannya.

4. LOVE IN THE MOONLIGHT (2016)

LOVE IN THE MOONLIGHT merupakan salah satu drama sejarah yang memanjakan pemirsa dengan visual para pemerannya. Drama ini dibintangi oleh Park Bo Gum, Kim Yoo Jung, Jung Jin Young, Kwak Dong Yeon, dan Chae Soo Bin.

Drama ini menceritakan kisah Hong Ra On (Kim Yoo Jung) yang dibesarkan sebagai anak laki-laki oleh ibunya. Dia tumbuh menjadi seorang kasim dan jatuh cinta dengan pewaris takhta Lee Young, yang diperankan oleh si ganteng Park Bogum.

5. THE SCHOLAR WHO WALKS THE NIGHT (2015)

Sebelum melelehkan hati kita sebagai pangeran keempat di MOON LOVERS: SCARLET HEART RYEO, Lee Joon Gi menjadi seorang vampir bernama Kim Sung Yeol di drama THE SCHOLAR WHO WALKS THE NIGHT yang berlatar dinasti Joseon di dunia alternatif.

Sementara itu, Lee Yu Bi berperan sebagai penjual buku yang ceria dan baik hati bernama Jo Yang Seon, yang menyamar sebagai laki-laki untuk mendapatkan uang bagi keluarganya. Keduanya pun bertemu, mengungkap kebenaran konspirasi vampir di kerajaan, serta mengalahkan vampir jahat yang haus darah yang ingin menguasai manusia.

6. GU FAMILY BOOK (2013)

GU FAMILY BOOK yang dibintangi oleh Lee Seung Gi dan Bae Suzy ini merupakan drama tentang dunia alternatif di era dinasti Joseon. Di drama ini, Lee Seung Gi memerankan Choi Kang Chi, manusia setengah monster yang rindu menjadi manusia.

Saat mencari buku berusia berabad-abad, yang menurut legenda gumiho berisi rahasia untuk menjadi manusia, Choi Kang Chi bertemu Dam Yeo Wool (Suzy), seorang pejuang terampil yang mengenakan pakaian pria. Ketika Choi Kang Chi mengetahui tentang kebenaran tentang Dam Yeo Wool, mereka berdua saling jatuh cinta.

7. SUNGKYUNGKWAN SCANDAL (2010)

Seperti kebanyakan drama bertema gender swap, SUNGKYUNGKWAN SCANDAL juga mengambil latar di Dinasti Joseon. Secara khusus, drama ini menggambarkan era di mana masyarakat tidak mengizinkan perempuan untuk dididik atau dipekerjakan.

Oleh karena itu, Kim Yun Hee (Park Min Young) harus menyamar sebagai saudara laki-lakinya untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Song Joong Ki berperan sebagai Goo Yong Ha si kakak kelas yang nakal, sedangkan Park Yoo Chun menjadi Lee Sun Joon sang pemeran utama pria. Dalam perjalanannya, Kim Yun Hee berusaha untuk tidak jatuh cinta karena harus merahasiakan identitas.

8. PAINTER OF THE WIND (2008)

Di PAINTER OF THE WIND, Shin Yoon Bok (Moon Geun Young) merupakan penulis berbakat yang harus menyamar jadi laki-laki untuk mengungkap kebenaran di balik kasus pembunuhan ayahnya.

Dia pun masuk ke institusi Dohwaseo yang terbatas hanya untuk laki-laki dan bertemu dengan Kim Hong Do (Park Shin Yang), pelukis ulung yang mengajarinya menjadi pelukis handal. Keduanya pun mulai membangun persahabatan yang erat antara guru dan murid.

9. COFFEE PRINCE (2007)

Satu-satunya drama gender swap populer yang tak berlatar Dinasti Joseon adalah COFFEE PRINCE. Drama klasik hits ini dibintangi oleh Gong Yoo, Yoon Eun Hye, Lee Sun Kyun, dan Chae Jung An.

COFFEE PRINCE menceritakan tentang seorang wanita tomboy bernama Go Eun Chan (Yoon Eun Hye) yang berdandan seperti laki-laki untuk mendapatkan pekerjaan demi menjadi tulang punggung keluarga setelah kematian ayahnya pada usia 16 tahun. Sementara itu, Choi Han Gyul (Gong Yoo) mempekerjakan Go Eun Chan tanpa tahu bahwa sebenarnya dia adalah perempuan, untuk berpura-pura menjadi kekasih sesama jenisnya agar bisa lolos dari kencan buta yang diatur oleh neneknya.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING