Susahnya Trainee K-Pop di Agensi Besar, Tak Tidur 3 Hari - Stres Belum Tentu Debut

Jum'at, 24 November 2017 13:45 Penulis: Rahmi Safitri
Susahnya Trainee K-Pop di Agensi Besar, Tak Tidur 3 Hari - Stres Belum Tentu Debut SM JYP YG © Istimewa

Kapanlagi.com - Menjadi seorang bintang K-Pop, kabarnya adalah mimpi sejumlah anak muda di Korea Selatan. Sudah bukan cerita baru lagi kalau untuk masuk ke dalam boygroup/girlgroup populer seperti Super Junior, Big Bang, Girls Generation, EXO, BTS, Miss A, Red Velvet dan lain-lain butuh perjuangan yang sama sekali tidak mudah. Untuk bisa seperti sekarang mereka butuh banyak waktu menjalani pelatihan yang biasa disebut trainee.

Anak muda yang merasa punya bakat di bidang vokal, dance, akting atau merasa punya wajah ganteng/cantik biasanya ingin menjadi trainee di agensi-agensi besar Korea. Sebagian besar ingin debut di SM Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment. Bukan hal baru lagi kalau banyak orang percaya jadi artis di tiga agensi yang biasa disebut Big 3 itu disebut bisa menjamin popularitas dan kesuksesan.

Sayangnya menjadi trainee di sana saja sulit, belum lagi untuk debut. Dilansir dari Koreaboo, baru-baru ini seorang mantan trainee menceritakan pengalamannya. Dia mengaku pernah menjadi trainee di salah satu agensi Big 3 dan menolak menyebut secara spesifik serta cuma bilang agensi itu impian bagi semua anak muda yang ingin menjadi bintang K-Pop.

Mantan trainee (kiri) menceritakan pengalamannya © koreaboo.comMantan trainee (kiri) menceritakan pengalamannya © koreaboo.com

Mantan trainee (yang selanjutnya kita sebut saja sebagai A) memulai masa trainee pada tahun 2008 setelah ditawari di jalan oleh pencari bakat agensi besar tersebut. Saat itu dia masih berstatus sebagai anak sekolah, jadi harus membagi waktu antara pendidikan dan pelatihan sebagai artis.

A sering tidak mengikuti jam terakhir di sekolahnya dan biasanya dimaafkan karena guru-gurunya tahu dia seorang trainee. A tiba pukul 12 siang di agensi setiap harinya dan akan langsung berlatih sendiri selama tiga jam. Selanjutnya dari pukul 4 sore sampai 8 malam, dia mengikuti kelas vokal, dance, akting, dan tata krama.

Tiap hari trainee ikut kelas vokal, dance, akting dan tata krama © The Boston GlobeTiap hari trainee ikut kelas vokal, dance, akting dan tata krama © The Boston Globe

Setelah semua kelas selesai, A akan berlatih sendiri lagi sampai pukul 9 malam. Tapi katanya, sebagian besar trainee tinggal di tempat latihan lebih lama dari itu, karena mereka bertekad untuk bisa debut. A lalu bilang kalau salah satu idol K-Pop dari agensi tersebut yang kini sudah debut, berlatih tanpa tidur paling tidak tiga kali dalam seminggu.

A lalu cerita kalau agensi tempatnya berlatih dulu membagi trainee ke dalam dua kelas yaitu 'kelas debut' dan 'kelas biasa'. Kelas debut terdiri dari sekitar 20 trainee. Sedangkan kelas biasa dihuni 50 - 60 trainee.

Buat yang masuk ke kelas debut, para trainee menandatangani kontrak pelatihan dengan agensi serta mendapat perhatian dan perawatan lebih lewat sistem pengawasan individu. A lalu ingat kalau dulu ada salah satu trainee di kelas debut, pernah jadi cameo di video klip Jepang milik girlgroup dari agensi tersebut. Para trainee yang punya performance bagus akan naik kelas dan mendapat kontrak artis, yang artinya mereka akan segera debut.

Yang masuk kelas debut, dimonitor secara ketat © The Boston GlobeYang masuk kelas debut, dimonitor secara ketat © The Boston Globe

A mengungkap kalau para trainee tidak mendapat bayaran atas latihan yang mereka lakukan. Tapi agensi menyediakan tempat tinggal dan makan malam gratis buat para trainee yang rumahnya jauh.

A bilang kalau banyak trainee yang sudah menjalani pelatihan sering mengalami stres karena ketidakpastian kapan mereka akan debut. Banyak yang memutuskan untuk keluar dan menyerah atas semua pelatihan bertahun-tahun yang sudah mereka lakukan untuk menjadi bintang K-Pop.

Banyak trainee yang stres karena tak kunjung debut © koreaboo.comBanyak trainee yang stres karena tak kunjung debut © koreaboo.com

Tapi agensi tak tinggal diam begitu saja melihat trainee mereka menyerah begitu saja. Agensi lalu menyarankan dan memberikan alternatif pilihan, salah satunya dengan memperkenalkan kepada agensi lain, agar para trainee bisa melanjutkan mimpi mereka.

Dari apa yang diceritakan oleh A ini, netizens pun berspekulasi kalau agensi yang dimaksud adalah SM Entertainment. Salah satunya pernyataan A soal 'trainee di kelas debut yang tampil di MV Jepang girlgroup agensi tersebut'. Banyak yang menebak kalau trainee yang dimaksud oleh A adalah Chanyeol yang kini jadi member EXO. Chanyeol diketahui pernah jadi bintang MV Girls Generation untuk single Genie versi Jepang.

Banyak yang yakin kalau A dulu adalah trainee di SM © koreaboo.comBanyak yang yakin kalau A dulu adalah trainee di SM © koreaboo.com

Selain itu, banyak trainee-trainee SM yang pindah berlatih dan debut di agensi lain. Sebut saja di antaranya Soyeon T-Ara, Youngsaeng SS501Sungwoon Wanna One, Timoteo Hotshot, Jinho Pentagon, Gong Seung Yeon yang memutuskan menjadi aktris, serta Hansol yang kini jadi peserta acara The Unit dan Chanmi yang pernah ikut Produce 101 season 1 dan MIXNINE.

Begitu berat perjuangan para idol agar bisa jadi populer seperti sekarang. Salut buat mereka yang bertahan dan kini bekerja keras sebagai idola K-Pop :)

Semua idola K-Pop, tak terkecuali dari agensi besar, penuh perjuangan © IstimewaSemua idola K-Pop, tak terkecuali dari agensi besar, penuh perjuangan © Istimewa

(kor/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING