16 Tahun 'KUCH KUCH HOTA HAI', Film Romantis Yang Tak Terlupakan

Jum'at, 17 Oktober 2014 18:01 Penulis: Wulan Noviarina
16 Tahun 'KUCH KUCH HOTA HAI', Film Romantis Yang Tak Terlupakan @indianexpress
Kapanlagi.com - Tak terasa waktu berlalu, hari ini (17/10) film KUCH KUCH HOTA HAI tepat berusia 16 tahun. Dan tidak bisa dipungkiri, bahwa film ini adalah salah satu tonggak perubahan di industri film India.

Film ini juga lah yang membuat pandangan semua penggemar film di dunia, yang selama ini menyepelekan film India, langsung berubah. Dari nada menghina, jadi ikut suka dengan sinema asal Bollywood.

Tak hanya faktor bintang yang ganteng dan cantik. Ada nama Shahrukh Khan, Salman Khan, Rani Mukherjee dan Kajol di sini. Tapi KUCH KUCH HOTA HAI juga ditunjang dengan jalan cerita yang lain daripada kebanyakan film India lainnya.

Sebelum KUCH KUCH HOTA HAI, film India identik dengan perang antara polisi dan penjahat. Tuan Kapoor dan juga inspektur Vijay, dua nama karakter yang hampir selalu ada di dalam film.

Dengan efek yang ala kadarnya dan tari-tarian yang sama. Akhirnya membuat banyak orang memandang film Bollywood dengan sebelah mata.

Film 'KUCH KUCH HOTA HAI' yang mengubah segalanya. @istimewaFilm 'KUCH KUCH HOTA HAI' yang mengubah segalanya. @istimewa


Namun semua berubah saat KUCH KUCH HOTA HAI ditayangkan di layar lebar. Film ini menawarkan sebuah kisah romantis ala remaja yang baru beranjak dewasa, dengan efek cerita yang membuat penontonnya berurai air mata.

Bisa dibilang, KUCH KUCH HOTA HAI adalah film India pertama di era modern yang mampu membuat para penonton di Indonesia rela ngantri di bioskop. Dan tak hanya itu, versi VCD-nya saat itu juga ramai jadi buruan.

Nama Shahrukh Khan bergema di mana-mana. Semua orang terpana dengan kecantikan Rani Mukherjee. Dan sebagian besar menangis tersedu melihat pengorbanan Kajol dan Salman Khan.

Film ini membawa perubahan yang sangat besar. Tidak hanya soal pandangan penonton di Indonesia soal film India, tapi KUCH KUCH HOTA HAI juga membuat produser Bollywood mulai membuat film dengan genre yang sama.

Dan terbukti, genre drama bisa membuat industri yang sempat terpuruk itu kembali bangkit. Tetap dengan goyang ala India, tapi film drama romantis dan drama keluarga membuat penonton makin tergila-gila dengan film Bollywood.

Kini, setelah 16 tahun berlalu, ada banyak kenangan yang tak bisa dilupakan oleh sutradara KUCH KUCH HOTA HAI. Adalah Karan Johar, yang mengenang film ini sebagai satu karya paling penting dalam hidupnya.

"16 tahun lalu, #KUCH KUCH HOTA HAI... Film yang sudah memberiku segala yang kumiliki saat ini...Memori yang tak akan kulupakan," ujar Karan seperti dilansir dari akun Twitternya.

Sang bintang utama, Shahrukh Khan pun merasakan hal yang sama dengan Karan. Ia berterima kasih kepada semua orang yang sudah membuat film ini, terutama sang produser yang kini sudah meninggal dunia.

"KKHH. Terima kasih Karan Kajol Rani Jatin Lalit...Dan semua orang yang sudah membuat film ini ada. Dan terutama untuk paman Tom (Yash Johar)," tulisnya di @iamsrk.

Setelah KUCH KUCH HOTA HAI, film India lain langsung diburu oleh para penonton. Terutama di Indonesia, genre drama seperti KABHI KUSHI KABHI GHUM, KAL HO NAA HO dan banyak judul lainnya, jadi buruan banyak orang.

Semenjak kesuksesan KUCH KUCH HOTA HAI, menonton film India sudah bukan hal yang tabu lagi. Dan tentu saja, film ini membuat nama Shahrukh Khan langsung meroket tak terkendali.

Kamu belum pernah nonton KUCH KUCH HOTA HAI? Yuk, simak cuplikannya di video berikut dan jangan salahkan siapapun kalau langsung kepincut.

Video by: marxthedude

(kpl/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING