FILM INDONESIA

13 Rekomendasi Film Hantu Indonesia Terseram dan Bikin Merinding, Awas Jangan Nonton Sendirian

Kamis, 24 November 2022 19:44

Rekomendasi Film Hantu Indonesia (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Horor jadi salah satu genre film yang cukup banyak peminatnya. Film horor yang menghadirkan sosok hantu menyeramkan sangat diminati karena bisa menimbulkan sensasi seru dan menegangkan saat menontonnya. Belum lagi, cerita yang menyeramkan dan penuh misteri juga jadi alasan tersendiri mengapa film tentang hantu Indonesia begitu digemari. Terlebih, ada banyak judul rekomendasi film hantu Indonesia yang terkenal karena ceritanya yang seram.

Dibandingkan film horor luar, rekomendasi film hantu Indonesia mempunyai keunggulan tersendiri. Biasanya, film horor Indonesia menghadirkan sosok hantu yang terasa dekat dengan tradisi dan kebiasaan masyarakat. Maka dari itu, cerita seram di film hantu Indonesia sering kali terasa sangat nyata, sehingga bisa menghantui sampai beberapa hari setelah menontonnya.

Sedang cari rekomendasi film hantu Indonesia yang seram? Jika iya, dirangkum dari berbagai sumber berikut beberapa ulasan rekomendasinya.

1. PENGABDI SETAN

PENGABDI SETAN merupakan film yang disutradarai oleh sutradara horor kenamaan Indonesia Joko Anwar. Salah satu film horor terlaris ini merupakan hasil remake dari film dengan judul sama pada 1980 silam.

Film PENGABDI SETAN berhasil menjadikan sosok hantu ibu sebagai salah satu karakter hantu paling ikonik di perfilman horor Indonesia. Setiap kemunculannya akan memancing perasaan takut penonton. Selain sosok ibu, rekomendasi film hantu Indonesia ini juga menampilkan sosok-sosok menyeramkan lainnya dengan setting yang juga mencekam.

PENGABDI SETAN bercerita tentang kehidupan keluarga yang mengalami kesulitan ekonomi setelah sang ibu mengalami sakit misterius selama bertahun-tahun. Tak disangka ternyata penyakit yang diderita sang ibu merupakan konsekuensi atas tindakannya yang bersekutu dengan kelompok aliran sesat.

Kejadian-kejadian seram lantas dialami keluarga tersebut. Untuk bisa terlepas, berbagai usaha pun dilakukan. Berhasilkah keluarga ini terbebas dari kutukan yang dibawa sang ibu? Ikuti kisahnya dan siap-siap bergidik saat menontonnya.

2. PEREMPUAN TANAH JAHANAM

Rekomendasi film hantu Indonesia yang kedua juga berasal dari sutradara yang sama, Joko Anwar. Sama seperti PENGABDI SETAN, rekomendasi kedua yang berjudul PEREMPUAN TANAH JAHANAM ini juga mempunyai setting lokasi yang mencekam. Dikisahkan, dua orang sahabat datang ke sebuah desa terpencil dengan maksud mendapatkan warisan.

Tak disangka, desa asal orangtua yang mereka datangi tersebut ternyata mendapat kutukan. Warga tersebut percaya, bahwa untuk menghilangkan kutukan tersebut, seseorang harus dikorbankan. Dan seorang yang harus dikorbankan tersebut ternyata adalah Maya, tokoh yang mengejar harta warisannya.

Sepanjang film, penonton akan diajak untuk mengikuti Maya dalam berusaha membebaskan diri dari kejaran warga desa. Dalam usaha pelarian itu, muncullah beberapa sosok hantu yang menambah seram atmosfer film yang dibintangi Tara Basro ini. Tak sekadar berusaha untuk ke luar desa, alur cerita juga akan mengantarkan Maya mengungkap misteri besar tentang keterkaitan antar kehidupannya dan kutukan di desa itu.

3. POCONG THE ORIGIN

Siapa yang tidak takut dengan pocong? Karakter hantu asli Indonesia ini memang sangat menyeramkan. Ada satu rekomendasi film hantu Indonesia yang bercerita tentang pocong. Film itu adalah POCONG THE ORIGIN.

Film genre horor ini bercerita tentang narapidana yang dihukum mati karena kejahatannya. Namun ternyata, si narapidana yang diduga mempunyai ilmu hitam. Alhasil keanehan demi keanehan terjadi setelah eksekusi dilakukan. Singkat cerita, untuk mengatasi keganjilan tersebut pihak lapas kemudian meminta bantuan Sasthi yang merupakan anak dari si narapidana untuk turut membawa sang ayah pulang ke kampungnya.

Sasthi pun menempuh perjalanan pulang bersama seorang petugas lapas dan jenazah sang ayah yang sudah berupa pocong. Perjalanan 24 jam Sasthi dan petugas lapas itu pun kemudian diwarnai dengan banyak hal ganjil dan menyeramkan. Jika penasaran dengan kelanjutannya, langsung saja tonton, POCONG THE ORIGIN.

4. KERAMAT

Jika kalian mencari rekomendasi film hantu Indonesia yang bikin merinding, KERAMAT bisa jadi jawabannya. KERAMAT memang termasuk film horor yang sudah cukup lama. Meski begitu, sampai saat ini KERAMAT masih jadi salah satu film horor Indonesia paling menyeramkan.

KERAMAT bercerita tentang sekelompok tim produksi film yang pergi ke Yogyakarta untuk menyelesaikan proses produksi. Dalam proses produksi tersebut, tiba-tiba salah satu pemain mengalami kerasukan. Dari situlah cerita bergulir. Kejadian demi kejadian yang aneh dan ganjil terjadi.

KERAMAT menggunakan teknik pengambilan gambar layaknya film dokumenter. Sehingga, kisah yang tersaji terasa seolah-olah nyata. Terlebih, film horor ini terbilang berani dalam memasukkan unsur-unsur mistis yang ada di masyarakat Jawa. Mulai dari penampakan hantu pocong, keranda, hingga Nyi Roro Kidul semua tersaji di film ini. Jadi siap-siap merinding sewaktu menonton.

5. ASIH

Rekomendasi film hantu Indonesia terseram berikutnya berjudul ASIH. Film ini mempunyai fokus cerita pada sosok hantu bernama Asih. Sepanjang film, penonton akan diajak untuk mengenal sosok Asih karakter hantu yang populer berkat film DANUR.

Sekilas tentang Asih, dia merupakan hantu yang gemar menculik anak-anak. Misteri atau alasan mengapa Asih melakukan penculikan anak akan terungkap di film horor ASIH. Jadi kalian penggemar film DANUR yang penasaran dengan kisah asih, wajib menonton rekomendasi film hantu Indonesia yang satu ini.

6. SUNYI

Berikutnya di daftar rekomendasi film horor Indonesia ada film berjudul SUNYI. Bagi yang belum tahu, SUNYI merupakan film hasil adaptasi dari film Korea berjudul WHISPERING CORRIDORS yang cukup fenomenal pada masanya. Di versi Indonesia yang berjudul SUNYI  film ini dibintangi sederet nama besar seperti Angga Yunanda dan Amanda Rawless.

SUNYI adalah film horor Indonesia yang bercerita tentang tema bullying di sekolah. Dikisahkan seorang siswa bernama Alex menjadi korban bully kakak kelasnya. Sampai suatu ketika, Alex dipaksa kakak kelasnya untuk melakukan sebuah ritual pemanggilan hantu. Ritual itu lantas berujung pada petaka, dimana satu persatu murid meninggal secara misterius.

Di tengah situasi sekolah pun menjadi tempat yang seram dan mencekam. Alex juga bertemu dengan Maggie sosok misterius yang kemudian menjadi kawannya.

7. RATU ILMU HITAM

RATU ILMU HITAM juga sempat jadi film horor yang ramai dibicarakan pada saat masa rilis. Film yang dibintangi Ariyo Bayu, Tanta Ginting, dan Miller Khan menampilkan adegan ngeri yang tak tanggung-tanggung. Sehingga mampu membuat para penonton merinding dan bergidik saat menontonnya.

Dikisahkan dalam film ini, ada tiga orang pria dewasa yang bersahabat lantaran dibesarkan di satu panti asuhan yang sama. Ketiganya lantas memutuskan untuk bersama-sama mengunjungi panti asuhan tempat mereka dirawat semasa kecil, untuk menjenguk kepala panti yang sakit keras. Sayangnya, kunjungan ketiga sahabat itu bersama keluarga masing-masing justru berujung pada petaka.

Teror demi teror menyeramkan menghantui mereka. Satu persatu di antara mereka bahkan meregang nyawa.

8. KAFIR

Sama seperti RATU ILMU HITAM, KAFIR juga jadi rekomendasi film horor Indonesia yang mengangkat tema teror akibat ilmu hitam. Dalam KAFIR dikisahkan sebuah keluarga dengan dua anak yang hidup sempurna penuh kebahagiaan. Sampai suatu ketika, secara misterius sebuah teror mengerikan menghampiri mereka.

Saat sedang makan bersama, sang ayah yang bernama Herman muntah pecahan beling dan darah. Tak lama kemudian, dia meninggal dunia. Sejak itu, teror menyeramkan silih berganti menghampiri keluarga tersebut. Sebab, tak saja mengakhiri hidup Herman, Sri istri dari Herman juga mengalami hal di luar nalar setelahnya. Hidup Sri hancur. Kedua anak di keluarga itupun harus berpikir keras untuk menyelamatkan hidup sang ibu dan mengembalikan kebahagiaan keluarganya. 

9. KKN DI DESA PENARI

Siapa yang tak tahu KKN DI DESA PENARI? Rekomendasi film horor Indonesia yang satu ini tengah jadi perbincangan. Pasalnya, film horor yang bermula dari utas di twitter ini telah berhasil jadi film Indonesia terlaris sepanjang masa.

Film KKN DI DESA PENARI bercerita tentang kelompok mahasiswa yang bernama mahasiswa bernama Nur, Ayu, Widya, Bima, Anton, dan Wahyu. Mereka sedang melakukan program KKN di sebuah desa yang penuh misteri. Saat menjalani KKN berbagai hal ganjil dan mistis terjadi. Ternyata tanpa disangka, berbagai hal aneh tersebut ternyata disebabkan ulah beberapa di antara mereka sendiri yang melanggar aturan adat di desa tersebut.  

10. SEBELUM IBLIS MENJEMPUT

Selanjutnya di daftar rekomendasi film horor Indonesia terbaik, ada film SEBELUM IBLIS MENJEMPUT. Film ini termasuk film horor yang cukup menegangkan dengan banyak adegan berdarah-darah. Kisahnya bermula tentang kehidupan seorang perempuan bernama Alfie yang mempunyai masa lalu suram. 

Ibu Alfie telah meninggal, kemudian sang ayah memutuskan untuk menikah lagi dengan seorang perempuan. Sayangnya, hubungan Alfie dan ibu tirinya tidak berjalan baik. Secara tiba-tiba, ayah Alfie mengalami sakit misterius. Sejak saat itu, Alfie mulai menemui hal-hal ganjil dan mengerikan dalam hidupnya. 

11. PENGABDI SETAN 2

Jika kalian menyukai film PENGABDI SETAN 1, maka wajib untuk nonton film lanjutannya, yaitu PENGABDI SETAN 2. Kisah PENGABDI SETAN 2 melanjutkan kisah Rini, Toni, Bondi, dan ayahnya setelah kabur dari rumah. Setelah berulang kali pindah rumah, akhirnya mereka memilih tinggal di rusun, tempat yang mereka rasa aman karena banyak tetangga yang bisa dimintai tolong.

Namun ternyata, pindah jauh dari rumah lama tak mengubah banyak. Hidup mereka tetap dipenuhi teror-teror mengerikan yang bahkan lebih besar dari sebelumnya. 

12. IVANNA

IVANNA juga termasuk horor terbaik Indonesia yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Film yang masih satu bagian dari universe film DANUR ini disutradarai oleh Kimo Stamboel yang dikenal dengan film-film beradegan brutal. Karenanya, IVANNA jadi film horor Indonesia yang cukup lain daripada yang lain.

IVANNA mengisahkan tentang hantu Belanda bernama Ivanna yang sangat membenci manusia. Pasalnya semasa hidup, Ivanna mengalami banyak sekali pengkhianatan, sehingga dia mati dengan membawa dendam. Sosok arwah Ivanna akhirnya berusaha membalas dendam pada setiap manusia yang ada di sekitarnya.

13. INANG

Rekomendasi film horor Indonesia terbaik yang terakhir berjudul INANG. Film yang dibintangi Naysila Mirdad ini menceritakan kehidupan seorang wanita hamil bernama Wulan. Di tengah kehamilannya, Wulan justru ditinggal pacar yang tak mau bertanggung jawab. Wulan akhirnya bertemu dengan keluarga Santoso yang bersedia merawat anak Wulan setelah terlahir nanti.

Namun ternyata, keluarga Santoso adalah keluarga yang penuh misteri. Perlahan, Wulan mulai menemukan berbagai keanehan di keluarga Santoso. Sampai suatu ketika, Wulan dipaksa untuk melakukan sebuah ritual untuk membuang kesialan yang akan menimpa jabang bayinya. 

Itulah di antaranya beberapa rekomendasi film hantu Indonesia yang seram dan bikin merinding. Selamat menonton!

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING