Berbagi Rasa, Rudi Soedjarwo Curhat Kegelisahan di 'STAY WITH ME'

Jum'at, 26 Februari 2016 11:52 Penulis: Ahmat Effendi
Berbagi Rasa, Rudi Soedjarwo Curhat Kegelisahan di 'STAY WITH ME' Rudi Soedjarwo ©KapanLagi.com/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - 3 Tahun terakhir sutradara Rudi Soedjarwo memilih menjauhkan diri dari dunia film dan tidak menggarap karya anyar. Padahal di masa lalu begitu banyak karya hits yang lahir dengan sentuhannya. Misalnya saja ADA APA DENGAN CINTA?, MENGEJAR MATAHARI, MENDADAK DANGDUT, KAMBING JANTAN THE MOVIE hingga GARUDA DI DADAKU. Setelah masa vakum tersebut, Rudi kini kembali dengan STAY WITH ME.

"Karena itu lebih dekat dengan saya. Kalau Anda tanya 10 tahun lalu, saya akan bikin film yang macam-macam. Tapi di umur 40-an seperti sekarang, anak masih kecil, baru cerai juga, saya akan bikin film yang saya alami. Karena dengan begitu saya memfungsikan film sebagai alat yang lebih bermakna. Berbagi rasa, berbagi pengalaman, bukan alat hiburan semata," ucap Rudi Soedjarwo di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Ada alasan pribadi yang lantas membuat Rudi Soedjarwo memilih untuk meninggalkan dunia film sementara. Masalah rumah tangganya yang berat, membuat Rudi berpikir tidak mungkin untuk membuat film saat itu.

Rudi Soedjarwo curhat kegelisahannya lewat film. ©KapanLagi.com/Agus ApriyantoRudi Soedjarwo curhat kegelisahannya lewat film. ©KapanLagi.com/Agus Apriyanto

"Tiga tahun saya menolak beberapa proyek film karena sudah pasti hasilnya jelek semua. Saat itu saya lagi didera masalah rumah tangga yang berimbas kepada perceraian. Ada masalah bisnis yang merusak struktur rumah tangga saya. Orang mikir hidup aja berantakan, gimana bikin film," ucapnya.

Saat ini Rudi akhirnya balik ke layar lebar dengan karya yang cukup dekat dengan kehidupannya. Baginya film terbaru ini adalah ajang curhat, sekaligus untuk mengungkap kegelisahan yang ada padanya.

"Kita film maker kalau kehilangan kegelisahan pasti berasa di filmnya. Kalau kita terima duit, sebagai sutradara, film itu ada tapi nggak sebagus saat kita gelisah. Nggak bisa bohong. Sekarang kegelisahan Itu terjadi pada saya. Saya bikin film ini untuk anak saya. Untuk menjelaskan apa yang terjadi pada ayahnya sekarang (bercerai) tapi belum bisa disampaikan," tandasnya.

(kpl/abs/sjw)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING