FILM INDONESIA

Bioskop Sudah Diperbolehkan Beroperasi, Ada Jarak Bangku - Penonton Tanpa Masker Tak Dilayani

Selasa, 07 Juli 2020 20:52 Penulis: Sanjaya Ferryanto

Istimewa

Kapanlagi.com - Terhitung sejak 23 Maret 2020, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewajibkan penutupan sementara kegiatan jasa hiburan bioskop. Setelah berbulan-bulan, akhirnya muncul edaran Surat Keputusan (SK) yang membolehkan bioskop beroperasi kembali pada perpanjangan masa transisi Fase I.

"Bidang usaha pariwisata yang dapat beroperasi pada perpanjangan Fase I masa transisi adalah sebagai berikut: Hiburan dan rekreasi mulai tanggal 6 sampai 16 Juli 2020. Meliputi, 1) Pemutaran film (bioskop), 2) Produksi film, 3) Penyelenggaraan pertunjukkan/nobar di ruang terbuka," begitu keputusan yang dikeluarkan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Keatif, Cucu Ahmad Kurnia, dikutip dari SK yang diterima KapanLagi.com, Selasa (7/7/2020).

1. Penonton Tanpa Masker Tak Dilayani

Dengan diperbolehkannya pengoperasian kembali jasa hiburan bioskop, pihak eksibitor diminta memenuhi protokol kesehatan yang sudah dijabarkan secara detail dalam Surat Keputusan. Seperti penyediaan hand sanitizer di banyak sudut, penyediaan fasilitas kesehatan untuk pengunjung, pembatasan jumlah pengunjung, serta penyediaan ruang isolasi.

Dari pembelian tiket juga disarankan secara online (dalam jaringan), transaksi ditekankan menggunakan dompet elektronik, sampai tidak memberi pelayanan kepada calon penonton yang tidak memakai masker.

2. Protokol di Dalam Teater

Tidak hanya di luar area, di dalam teater juga harus diberlakukan protokol khusus meliputi:

1. Menandai area antrean pengunjung dengan jarak antar pengunjung minimal satu meter.

2. Petugas pintu masuk teater agar menghindari kontak fisik dalam bentuk apapun dengan pengunjung, terutama saat melakukan pengecekan tiket.

3. Jarak antar kursi penonton diatur selang seling yaitu kursi terisi diselingi satu kursi kosong.

4. Pemutaran film iklan/welcome screen terkait dengan kesadaran kebersihan/pencegahan penularan Covid-19 dan kesehatan serta kesadaran buang sampah sendiri.

(kpl/abs/frs)

Reporter: Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING