FILM INDONESIA

Film 'KUCUMBU TUBUH INDAHKU' Dipilih Mewakili Indonesia di Ajang Oscars 2020

Selasa, 17 September 2019 17:56 Penulis: Rezka Aulia

Film karya Garin Nugroho ini bakal berangkat ke Oscar. © KapanLagi.com/Adi Abbas

Kapanlagi.com - Indonesia mengumumkan satu film terpilih yang dikirim ke ajang Academy Awards ke-92 untuk kategori International Feature Films (sebelumnya disebut Best Foreign Films). Film tersebut berjudul KUCUMBU TUBUH INDAHKU karya Garin Nugroho.

Keputusan itu berdasarkan penyeleksian The Indonesian Academy Awards Selection Committee yang diketuai oleh Christine Hakim. Di mana anggotanya antara lain Sheila Timothy, Firman Bintang, Reza Rahadian, Mathias Muchus, Lola Amaria, Benny Setiawan, Adisurya Abdy, Alim Sudio, Thoersi Argeswara, Fauzan Zidni, Roy Lolang serta Benny Benke.

"Setelah dilakukan penilaian dengan saksama berdasar kriteria yang telah ditetapkan, Indonesian Academy Awards Selection Commite 2019 menetapkan film berjudul KUCUMBU TUBUH INDAHKU sebagai film pilihan dan berhak untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi Academy Awards untuk kategori International Feature Film Award," kata Sheila Timothy saat pengumuman di Plaza Senayan XXI, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2019).

 

 

1. Alasan Kenapa Terpilih

Selain KUCUMBU TUBUH INDAHKU, ada dua film lain yang masuk posisi tiga teratas. Dua judul itu adalah AVE MARYAM besutan Robby Ertanto dan 27 STEPS OF MAY yang disutradarai Ravi Bharwani.

Christine Hakim sebagai Ketua Komite Seleksi mengungkap alasan mengapa memilih film yang dalam perilisannya sempat menuai pro dan kontra.

"Yang jelas kami sepakat memilih film ini karena kami melihat bahwa sebagai karya, filmnya lengkap. Sebagaimana diketahui, film itu bukan bahasa oral dan bahasa gambar saja. Tapi juga bahasa batin, bahasa rasa. Contohnya seperti adegan percintaan, tidak digambarkan sebagaimana biasanya, tapi dengan idiom yang ada. Seperti tari Lengger. Ini juga memperkenalkan budaya kita ke dunia. Ini yang kita lihat lengkap," ucap Christine Hakim ditemui di tempat yang sama.

2. Pergolakan Jati Diri

KUCUMBU TUBUH INDAHKU memotret perjalanan hidup Juno sejak kecil hingga dewasa sebagai penari Lengger. Di mana dalam perjalanannya terjadi pergolakan jati diri.

Dibintangi Muhammad Khan sebagai Juno, Randy Pangalila sebagai petinju serta Sujiwo Tedjo sebagai guru penari Lengger. Film ini telah tayang di bioskop Indonesia sejak April lalu dan menuai beragam respons dari masyarakat.

 


REKOMENDASI
TRENDING