FILM INDONESIA

Iwan Fals, Once Sampai Fiersa Besari, Penyanyi Lintas Generasi Isi OST 'BUMI MANUSIA'

Jum'at, 26 Juli 2019 10:23 Penulis: Louvina Gita

Once, Iwan Fals dan Fiersa Bersari (credit: Kapanlagicom/Daniel Kampua)

Kapanlagi.com - Tiga penyanyi lintas generasi terpilih untuk menjadi pengisi original soundtrack film BUMI MANUSIA. Mereka adalah Iwan Fals, Once Mekel dan Fiersa Besari. Mereka akan menyanyikan lagu kebangsaan karya Ismail Marzuki berjudul Ibu Pertiwi. Komposer Purwacaraka dipercaya untuk mengaransemen ulang musiknya.

"Kalau saya aransemen lagu ini pakai hati saja karena bikin sesuatu yang menyentuh jauh lebih penting ketimbang banyak berpikir. Saya ingin orang-orang bergetar mendengar suara Once, Bang Iwan, dan Fiersa, karena ini adalah momen yang tepat untuk membangkitkan rasa kebangsaan," terang Purwacaraka saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (25/7).

1. Iwan Fals dan Once merasa terhormat

Sebagai penyanyi tertua, Iwan merasa terhormat bisa dilibatkan dalam proyek kolaborasi untuk mengisi lagu tema film yang diadaptasi dari buku karya Pramoedya Ananta Toer itu. "Yang buat saya tertarik film ini adalah karya Pram. Saya begitu mengagumi karya-karyanya dan ada mas Hanung yang jadi sutradaranya. Apalagi lagunya Ibu Pertiwi," kata Iwan.

Pun demikian dengan Once. Ia yang juga mengagumi karya-karya dari Pramoedya Ananta Toer, merasa senang bisa ikut dilibatkan untuk mengisi lagu tema untuk film Bumi Manusia. Namun, saat mendapat tawaran menyanyikan lagu tersebut, ia sempat memiliki kekhawatiran tersendiri.

"Saya selalu punya kekhwatiran di range vokal. Saya kalau koor, dari dulu suka jarang cocok. Ikut suara cewek ketinggian, cowok kerendahan. Itu kekhwatiran saya kalau kolaborasi," ucap Once.

"Tapi pas tahu bakal dinyanyiinnya bareng sama om Iwan Fals dan Fiersa jadi agak tenang. Semoga sukses kolaborasi kami," imbuhnya.

2. Fiersa Menganggap Kolaborasi Ini Langka

Sementara sebagai penyanyi termuda, Fiersa Besari menilai proyek kolaborasi ini adalah hal yang langka. "Gugup ya ketemu dua legend. Saya yang masa sekolah melihat karya mereka dan sekarang bisa bersanding. Apalagi film ini yang sangat besar, tapi satu yang bikin saya yakin kesempatan hebat tidak datang dua kali," kata Fiersa.

Hanung Bramantyo, sang sutradara film Bumi Manusia, mengatakan, ide menggunakan lagu tema Ibu Pertiwi tercetus setelah ia secara tak sengaja mendengarkan lagu Ibu Pertiwi di youtube. Kemudian ia pun menyodorkan idenya kepada bos Falcon Pictures HB Naveen.

"Awalnya fim Bumi Manusia ini tidak ada original soundtrack nya. Tiba-tiba saya iseng nemu di youtube lagu Ibu Pertiwi 'kayaknya menarik nih lagu', buku Bumi Manusia kan menceritakan tentang ibu yang susah hati. Setelah itu saya WA pak Naveen, kayaknya pakai soundtrack ini bagus nih dan ia setuju," kata Hanung.


REKOMENDASI
TRENDING