PARFI 56 Perjuangkan Agar Aktor dan Aktris Dapat Sertifikasi

Selasa, 15 Agustus 2017 10:58 Penulis: Mahardi Eka
PARFI 56 Perjuangkan Agar Aktor dan Aktris Dapat Sertifikasi KapanLagi.com/Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - PARFI 56 yang diketuai oleh Marcella Zalianty tengah berjuang memberi kesejahteraan bagi aktor dan aktris film Indonesia. Bersama sederet bintang seperti Wanda Hamidah, Prilly Latuconsina serta Ray Sahetapy, ia berencana membuat sertifikasi agar nasib mereka terjamin seperti para pekerja pada umumnya di bidang lain.

"Temen-temen artis ini (nasibnya) nggak ada yang memikirkan, kalau bukan kita yang memikirkan profesi kita, lalu siapa? Artis ini belum ada sertifikasi, sertifikasi ini memang tidak mudah tapi akan kita mulai," ungkap Wanda Hamidah ditemui di Centennial Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (14/8).

Dengan bantuan dari sektor ketenagakerjaan, PARFI 56 merancang agar aktor dan aktris yang menjadi anggota mendapatkan kesejahteraan. Salah satu buktinya ialah melibatkan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang akan menyorot soal kontrak kerja yang mana pada faktanya daya tawar pemain film masih rendah dan sering mengalami kecurangan.

"Semua teman-teman artis banyak yang diperlakukan semena-mena. Contohnya tiba-tiba disuruh syuting padahal kontraknya belum ada. Jadi posisi tawar kebanyakan dari mereka rendah sekali. Itu yang kami ingin bantu dan perbaiki di PARFI 56. Di luar itu kami punya LBH PARFI 56, teman artis yang menjadi anggota disediakan konsultasi gratis misal sebelum kontrak direview kontrak kerjanya. Kami pengen keberadaan kami dirasakan bermanfaat untuk temen-temen aktor dan aktris di Indonesia," sambung Wanda.

Tidak hanya bintang film, PARFI56 juga terbuka untuk pemain sinetron yang ingin memperjuangkan haknya asal mendaftar sebagai anggota. Karena benefit yang didapatkan nantinya akan cukup banyak.

"Benefitnya banyak banget, ada BPJS ketenagakerjaan, belum lagi program coaching clinic, workshop untuk menambah ilmu, knowledge dan wawasan. Terbuka kok untuk semua artis di bidang seni peran asal syaratnya tergabung di PARFI 56, harus memiliki kartu keanggotaan," pungkas ibu enam anak ini.

(kpl/abs/dka)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING