FILM INDONESIA

Rilis Berbarengan Dengan PENGABDI SETAN 2, Lola Amaria Berharap Berkah dari Film PESANTREN

Selasa, 02 Agustus 2022 18:49

Kapanlagi/Dadan Deva

Kapanlagi.com - Film dokumenter religi berjudul PESANTREN bakal tayang di bioskop mulai 4 Agustus 2022. Bertepatan dengan penayangan perdana film PESANTREN, juga tayang beberapa film lokal. Salah satunya PENGABDI SETAN 2: Communion.

Disinggung mengenai tanggal perilisan yang berbarengan dengan film garapan Joko Anwar tersebut, Lola Amaria yang ikut terlibat dalam pendistribusian film PESANTREN, mengaku tak masalah.

Sebab, kedua film tersebut, selain berbeda genre, target marketnya juga berbeda. "Kalau saya bilang ini bukan persaingan karena beda genre antara film horor sama dokumenter," kata Lola Amaria saat nonton bareng film PESANTREN di Jakarta, Senin (1/8/2022).

Apalagi, tambah Lola, film PESANTREN hanya mendapat layar terbatas dari pihak bioskop. Oleh sebab itu, ia tak terlalu banyak berharap keuntungan dalam penjualan tiket.

Baginya, sudah bisa ikut terlibat dalam film yang bertema pendidikan, merupakan suatu kebanggan tersendiri.

"Kalau disinggung untung atau rugi. Ada yang namanya ilmu barokah. Jadi saya nggak berharap apapun dari film ini. Karena menyebarkan suatu kebaikan itu bisa bernilai pahala dan itu lebih daripada uang," ujarnya.

1. Beri Apresiasi

Sementara itu, ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar yang ikut nonton bareng, memberikan apresiasi positif untuk film PESANTREN.

"Padahal ini film dokumenter, tapi dibuat dengan alur yang sangat menarik. Saya benar-benar terharu dan bangga," ujarnya.

2. Sediakan Tiket Gratis

Pria yang akrab disapa Cak Imin itu juga memiliki wacana akan menyediakan tiket gratis kepada beberapa siswa sekolah agar bisa menonton film PESANTREN.

"Saya akan suport dengan baik dan saya berharap yang nonton nanti anak-anak sekolah di luar pesantren, warga perkotaan. Karena film ini sangat luar biasa," tuturnya.

3. Diputar di 10 Pesantren

Film PESANTREN, merupakan film garapan sutradara Shalahuddin Siregar. Film berlatar kehidupan santri dan santriwati di Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy, Cirebon, Jawa Barat, ini diedit di Jerman dengan menelan biaya produksi Rp 1,2 miliar.

Film ini sudah diputar pertama kali untuk publik di IDFA (International Documentary Film Festival) di Amsterdam pada November 2019. IDFA adalah festival film dokumenter terbesar dan paling bergengsi di dunia.

Film PESANTREN juga sudah diputar di 10 Pesantren di kawasan Pulau Jawa selama bulan ramadan 2022.

(kpl/dan/frs)

REKOMENDASI
TRENDING