'SITI', Pilihan Sulit di Antara Cinta dan Tuntutan Hidup

Rabu, 27 Januari 2016 17:52 Penulis: Natanael Sepaya
'SITI', Pilihan Sulit di Antara Cinta dan Tuntutan Hidup Film Siti © Four Colours Films
Kapanlagi.com - Tidak berlebihan rasanya kalau film SITI jadi salah satu film terbaik yang wajib kamu tonton di bulan ini. Yap, 3 Piala Citra yang diraihnya jadi bukti kalau film ini patut mendapat perhatian lebih.

Berangkat dari potret kehidupan masyarakat di daerah Parangtritis, Eddie Cahyono melihat banyak ibu-ibu usia lanjut yang berjualan makanan khas dan dibuat dari Jingking serta tepung. Lebih jauh, muncul tempat-tempat karaoke dengan fasilitas apa adanya yang kemudian fungsinya bergeser ke dunia prostitusi, banyak PSK yang beralih menjadi pemandu karaoke yang menyebabkan tempat itu ditutup oleh Kepolisian.

Dari sini, lahir lah karakter Siti (Sekar Sari) yang hidup untuk mengurus Ibu mertuanya Darmi (Titi Dibyo), anaknya Bagas (Bintang Timur Widodo), dan suaminya Bagus (Ibnu Widodo). Keadaan mulai berubah, Bagus mengalami lumpuh karena kecelakaan saat melaut.

Film SITI jadi salah satu rekomendasi film terbaik untuk ditonton bulan ini © Four Colours FilmsFilm SITI jadi salah satu rekomendasi film terbaik untuk ditonton bulan ini © Four Colours Films

Keadaan itu memaksa Siti untuk berjuang menghidupi mereka dan hutang pada Pak Karyo (Chatur Stanis). Di siang hari Siti berkeliling berjualan Peyek Jingking di Parangtritis, malamnya ia bekerja sambilan sebagai seorang pemandu karaoke untuk mencukupi penghasilannya.

Namun pilihan Siti untuk bekerja di tempat karaoke tidak mendapat persetujuan dari sang suami yang kemudian memilih bungkam seribu bahasa. Di satu sisi, tempat karaoke justru mempertemukan Siti dengan seorang Polisi bernama Gatot (Haydar Saliz) yang sudah lama ingin menikahi dan mengeluarkannya dari lubang yang kelam.

Setiap pilihan memiliki resiko besar yang akan sulit untuk ia tanggung sendirian. Lalu, mana pilihan yang akan ia pilih? Semuanya akan terjawab saat film SITI tayang besok di bioskop-bioskop kesayangan kamu. Jadi, pastikan kamu tidak melewatkannya guys!

(kpl/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya


REKOMENDASI
TRENDING