Terinspirasi Usmar Ismail, Nia Dinata Bikin 'TIGA DARA'

Selasa, 12 Januari 2016 06:52 Penulis: Rahmi Safitri
Terinspirasi Usmar Ismail, Nia Dinata Bikin 'TIGA DARA' Nia Dinata © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Drama musikal Tiga Dara menjadi bagian penting dalam sejarah sinema Indonesia. Mendiang Usmar Ismail dianggap berhasil meyajikan hiburan ringan nan memikat yang sukses baik secara kritik maupun komersial.

Kini enam puluh tahun telah berlalu sejak film itu dirilis. Mengaku terinspirasi oleh kesensitifan Usmar Ismail, sutradara kawakan NIA DINATA membuat versi anyar dari TIGA DARA.

Nia tidak menyebutnya sebagai remake karena memang bukan buat ulang tapi benar-benar terinspirasi. Ia mengubah plotnya namun tetap mempertahankan unsur musikal dengan tiga saudara perempuan sebagai tokoh utama.

Usmar Ismail adalah sutradara favorit dari Nia Dinata © KapanLagi.com®/Agus ApriyantoUsmar Ismail adalah sutradara favorit dari Nia Dinata © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

"Film ini istilahnya inspired by karena memang saya benar-benar terinspirasi. Sejak kecil saya suka nonton film aslinya. Sekarang boleh dong saya bikin menggunakan plot dan cerita saya sendiri. Versi saya ini dibikin dengan kondisi tahun 2016, di mana perempuan Indonesia banyak banget perubahannya," kata Nia saat menggelar jumpa pers di The 101 Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (11/1.

Melalui proyek baru di bawah bendera Kalyana Shira Films tersebut, Nia ingin meng-capture kegelisahan wanita modern. Ia tak mau kalah dengan sepak terjang seniornya pada masa itu.

"Ini era sudah milenial, saya terinspirasi dengan kesensitifan sutradara favorit saya yaitu Usmar Ismail. Karena dia bisa mengangkat cerita perempuan padahal dia laki-laki. Saya terinspirasi dari kesensitifan beliau saat bercerita tentang tiga kakak beradik lajang ini," pungkasnya.

(kpl/abs/pit)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING