FILM INTERNASIONAL

12 Rekomendasi Film Bisnis Terbaik, Bisa Jadi Sumber Inspirasi dan Motivasi dalam Berbisnis

Sabtu, 08 Oktober 2022 13:22

Rekomendasi Film Bisnis (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Untuk menjalankan bisnis baru sering kali seseorang membutuhkan inspirasi. Nah inspirasi bisa didapat dari mana saja, termasuk dengan cara menonton film. Pasalnya, ada beberapa rekomendasi film bisnis yang memang inspiratif. Sehingga saat menonton film-film tersebut kalian bisa menemukan inspirasi dan motivasi dalam berbisnis.

Tak saja menjadi sumber inspirasi dan motivasi, selayaknya film-film lainnya, sederet film tentang bisnis ini juga bisa jadi tontonan yang menghibur. Bukan saja untuk para pebisnis, rekomendasi film bisnis juga bisa ditonton oleh siapa saja yang sedang butuh hiburan. Sebab, film-film tentang bisnis ini juga mempunyai cerita yang seru dan menarik untuk diikuti.

Penasaran, apa saja rekomendasi film bisnis yang bisa seru menghibur dan bisa jadi sumber inspirasi? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak daftar dan ulasannya berikut ini.

1. THE BILLIONAIRE

THE BILLIONAIRE menjadi salah satu rekomendasi film bisnis yang wajib ditonton. Film tentang bisnis yang berasal dari Thailand ini akan sangat cocok ditonton oleh kalian yang sedang berusaha merintis bisnis. Pasalnya, THE BILLIONAIRE mengisahkan tentang jatuh bangun seorang pebisnis muda dari awal merintis bisnis hingga akhirnya bisa meraih sukses besar.

FIlm THE BILLIONAIRE mengisahkan tentang kehidupan seorang pemuda bernama Ittipat. Dia sangat termotivasi untuk sukses dari berbisnis. Namun untuk mewujudkan impiannya itu, dia harus mengalami berbagai kegagalan dan kerugian besar. Situasi semakin sulit di saat bersamaan, keadaan ekonomi keluarganya juga makin terpuruk. 

2. THE FOUNDER

Rekomendasi film bisnis yang kedua jelas sangat inspiratif. Pasalnya, film berjudul THE FOUNDER diangkat dari kisah nyata pengalaman hidup founder atau pendiri restoran fastfood terkenal Mc Donals, Richard dan Maurice McDonald. Meski kini dikenal sukses dan jadi salah satu restoran franchise yang besar, ternyata usaha untuk membangun Mc Donals tidaklah mudah.

Di film ini akan dikisahkan bagai mana Ray Kroc seorang yang sebelumnya bekerja sebagai sales keliling berusaha untuk mewujudkan impiannya dalam berbisnis. Untuk mewujudkan itu, banyak kesulitan yang dialami. Namun perlahan tapi pasti, tokoh pebisnis di film ini bisa mengatasinya. Kemampuan tokoh utama dalam mengatasi berbagai masalah itu tentu bakal jadi inspirasi luar biasa bagi para pebisnis yang menontonnya.

3. THE WOLF OF WALL STREET

THE WOLF OF WALL STREET menjadi rekomendasi film bisnis yang ketiga. Film ini merupakan hasil adaptasi novel dengan judul sama. Cerita film ini mengisahkan tentang kehidupan seorang pialang saham sukses yang akhirnya mengalami kegagalan besar dalam hidupnya akibat sebuah skandal.

Akhirnya, pialang bernama Jordan Belfort itupun berusaha sekuat tenaga untuk mengembalikan keadaan. Bahkan untuk kembali bisa sukses, dia tak segan melakukan cara-cara kotor dan curang. Jordan mendapatkan apa yang dia inginkan. Namun ternyata apa yang dia dapatkan dari hasil curang itu tidak berlangsung selamanya. Sebuah peristiwa menjatuhkan bisnisnya dan membuatnya kembali terpuruk.

4. MONEYBALL

MONEYBALL menjadi salah satu rekomendasi film bisnis yang bisa dibilang unik. Pasalnya, beda dengan film-film sebelumnya film ini menceritakan tentang bisnis di bidang olahraga. Sebuah topik atau bidang yang jarang diangkat dalam film tema bisnis. Secara garis besar, MONEYBALL mengisahkan tentang usaha seorang manajer tim baseball dalam mempertahankan tim yang dia asuh.

Dikisahkan sebuah tim baseball legendaris telah kehilangan pamor karena performanya berangsur-angsur menurun. Hal ini lantaran belakangan mulai bermunculan banyak tim baseball baru yang lebih kaya, sehingga berani membeli para pemain unggulan dengan harga mahal. Akhirnya, sang manajer tim memutar otak untuk bangkit dari keterpurukan. Salah satunya dengan mencari pemain dari tim-tim kelas dua yang sebelumnya tak pernah dia lirik.

5. FILOSOFI KOPI

Indonesia juga punya satu rekomendasi film bisnis yang bagus dan inspiratif. Film itu adalah FILOSOFI KOPI. Film ini rasanya akan sangat cocok ditonton saat ini, pasalnya seperti yang kita tahu belakangan bisnis tempat ngopi sedang cukup berkembang di kalangan anak muda. Tak saja inspiratif, film yang diangkat dari cerpen karya Dee Lestari ini juga punya cerita yang apik dan menghibur.

Dikisahkan, Ben merupakan seorang ahli peracik kopi ambisius. Bersama sahabatnya Jody, dia mendirikan sebuah kedai kopi bernama Filosofi Kopi. Suatu ketika, datang seorang pelanggan yang memberikan mereka tantangan untuk membuat kopi paling enak. Jika berhasil, mereka dijanjikan hadiah 1 miliar. Mulailah Ben dan Jody bertualang mencari kopi yang paling enak dan nikmat.

6. THE PURSUIT OF HAPPYNESS

Rekomendasi film bisnis yang keenam adalah THE PURSUIT OF HAPPYNESS. Sebagaimana judulnya, film ini mengisahkan tentang seorang ayah pebisnis untuk mendapatkan kebahagiaan untuk dirinya dan anak semata wayangnya. Dikisahkan, Chris Gardner seorang pengusaha yang tengah terpuruk. Saking terpuruknya, Chris dan sang anak semata wayang bahkan tak mempunyai tempat tinggal. 

Untungnya, Chris bukanlah orang yang mudah putus asa. Chris justru pantang menyerah. Dia terus berupaya untuk melakukan berbagai hal yang bisa dia upayakan untuk dapat membalikkan keadaan. THE PURSUIT OF HAPPYNESS bakal jadi film yang sangat inspiratif. Sepanjang film, penonton akan diajak menyaksikan jalan hidup Chris yang penuh perjuangan dalam mengejar impian dan meraih kebahagiaan.

7. THE SOCIAL NETWORK

Siapa yang tak tahu Facebook? Semua orang tentu tahu bahwa Facebook adalah salah satu media sosial yang paling populer saat ini. Kisah tentang penciptaan Facebook oleh penciptanya, Mark Zuckerberg pernah dikisahkan dalam sebuah film berjudul THE SOCIAL NETWORK. Film ini dirilis pada 2010 silam. 

Film ini menceritakan kisah di balik awal mula perjuangan Mark Zuckerberg dalam membuat Facebook hingga akhirnya sebesar ini. Tak sendirian, Mark juga dibantu oleh beberapa temannya. Lewat film ini, penonton akan belajar arti perjuangan dalam membangun bisnis digital. Dari film ini kita juga bakal paham bahwa keberhasilan berbisnis digital seperti Facebook merupakan hasil kombinasi dari kejeniusan, keuletan, dan keberuntungan.

8. STEVE JOBS

Sosok Steve Jobs mungkin sudah tak asing bagi sebagian besar orang. Laki-laki pebisnis asal Amerika Serikat ini merupakan salah satu pendiri dari Apple Inc. Keberhasilan Steve Jobs dalam mengembangkan bisnis Apple telah menginspirasi banyak orang. Kisah tentang perjuangan dan keberhasilan Steve Jobs pernah diangkat dalam film berjudul STEVE JOB.

Sebagaimana judulnya film ini mengisahkan tentang kehidupan Steve Jobs di keseharian hingga aktivitasnya dalam berbisnis. Kisah berbisnis Steve Jobs di film ini dimulai ketika dia dikeluarkan dari kampus karena tak sanggup membayar biaya perkuliahan. Tapi akhirnya, Steve tetap bisa mengikuti perkuliahan dengan bantuan. Film ini juga menunjukkan sisi-sisi terberat di kehidupan Steve, saat dia tak punya arah tujuan. Namun Steve bisa bangkit, memulai dan mengembangkan bisnisnya hingga sebesar sekarang.

9. THE BIG SHORT

Rekomendasi film bisnis yang kesembilan adalah THE BIG SHORT. Film bisnis yang satu ini mengangkat kisah dengan latar belakang kejadian krisis ekonomi yang melanda Amerika Serikat di tahun 2008. Krisis ini disebabkan karena banyaknya orang yang nekat berinvestasi di bidang properti.

Tindakan nekat ini akhirnya berakibat munculnya berbagai masalah. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan. Tak sedikit pula yang kehilangan properti seperti rumah. Akhirnya, untuk bisa bertahan di tengah badai krisis tersebut, beberapa pebisnis muda sebagai tokoh utama di film ini harus mengambil keputusan besar. 

10. JOY

Jika kalian mencari rekomendasi film bisnis dengan tokoh utama seorang perempuan, film berjudul JOY bisa jadi jawabannya. JOY menjadi rekomendasi film bisnis yang ke-10 di daftar ini.  Film ini bercerita tentang seorang pebisnis bernama Joy Mangano. Joy adalah seroang penemu alat pel dengan bran Miracle Mop.

Sebagai penemu, Joy tentu ingin mematenkan hasil penemuannya tersebut. Namun ternyata mematenkan hasil temuan sendiri tak semudah membalik telapak tangan. Ada saja halangan yang harus dihadapi Joy sebelum mendapatkan hak paten atas penemuannya. Namun Joy tak gentar, dia tetap berusaha untuk mendapatkan apa yang dia mau, yaitu hak paten dan kesuksesan besar di masa depan.

11. UP IN THE AIR

UP IN THE AIR bisa jadi salah satu film bisnis yang paling humanis. Film ini mengisahkan tentang seorang pebisnis bernama Ryan. Sepanjang hidupnya, Ryan banyak melakukan perjalanan bisnis ke berbagai tempat. Karena pekerjaannya itu, Ryan akhirnya jauh dengan keluarga dan kehidupan pribadinya. 

Suatu ketika Ryan bertugas untuk menyampaikan kabar pemecatan pada karyawan tempatnya bekerja. Namun perjalanan yang selama ini dilakukan Ryan ternyata membuat sosoknya jadi lebih bijak. Tak sekadar memberi kabar buruk pemecatan, Ryan juga memberikan motivasi dan semangat untuk karyawan yang dipecat. Film ini mengajarkan bahwa butuh kebijaksanaan dalam berbisnis. 

12. THE INTERN

THE INTERN menjadi rekomendasi film bisnis yang terakhir. Film ini punya cerita yang cukup seru dan unik yaitu tentang seorang laki-laki tua yang telah pensiun tapi memutuskan untuk jadi karyawan magang senior. Ben Whittaker yang sudah duda berusia 70 tahun menjadi karyawan magang senior di situs mode online. 

Usia Ben yang tak lagi muda tentu jadi halangan tersendiri di pekerjaan. Tapi alih-alih kesulitan, Ben justru dengan cepat menjadi salah satu karyawan populer di kantornya. Ben dekat dengan para karyawan muda, termasuk Jules Ostin yang merupakan bosnya, sang pemilik perusahaan. Kebijaksanaan dan selera humor Whittaker membantunya mengembangkan relasi dan persahabatan dengan Jules.

Itulah di antaranya beberapa rekomendasi film bisnis terbaik yang seru. Selamat menonton!

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING