FILM INTERNASIONAL

Asian Cinerama Bersama Balinale Akan Gelar Seminar Produksi Film Regional Hadirkan Sosok Penting Perfilman Hong Kong

Selasa, 13 September 2022 14:18

Balinale (credit: Kapanlagi.com/Mathias Purwanto)

Kapanlagi.com - Program Asian Cinerama — Hong Kong Focus berlangsung selama empat hari, mulai 15-18 September 2022, di Plaza Indonesia XXI, Jakarta. Menghadirkan enam film produksi mutakhir dari bermacam genre yang merupakan karya menarik dari para sineas Hong Kong. Asian Cinerama juga menjadi program pertama Menyongsong Balinale 2023.

Asian Film Awards Academy (AFAA) bersama Bali International Film Festival (Balinale), didukung Create Hong Kong (CreateHK) dan Film Development Fund (FDF), mengawali pemutaran perdana dengan film Shadows karya sutradara Glenn Chan. Shadows menjadi film Hong Kong yang dipuji sebagai ‘salah satu film terbaik’.

Produser dan penulis naskah film Shadows, Mani Man, akan hadir dan melakukan tanya-jawab setelah -pemutaran film dan hadir di acara seminar bertema masalah produksi film regional. Universitas Binus, Jakarta akan bertindak sebagai tuan ruma penyelenggaraan seminar ini.

"Kami senang bisa menghadirkan Mani Man, produser dan penulis naskah skenario film yang mengawali program Cinerama Asia dengan filmnya SHADOWS. Mani akan berbicara tentang isu seputar pembiayaan produksi, peluang kerja sama, serta usaha memperkenalkan para sineas lokal berbakat,” jelas Deborah Gabinetti, Direktur sekaligus Pendiri Balinale.

1. Sangat Menyenangkan

Mani Man juga merupakan Deputi GM mm2 Entertainment Hong Kong, perusahaan hiburan dan konten media terkemuka yang memiliki perwakilan regional di Kuala Lumpur, Taipei, Singapura, Shanghai, Beijing, dan Amerika Serikat. Sejak 2015, mm2 Entertainment juga mengembangkan bakat sineas-sineas baru melalui kompetisi film pendek tahunan - mm2 Movie Makers Awards - di mana tiga pemenangnya diberi kesempatan mengembangkan film cerita panjang bersama mm2 Entertainment. Film-film yang udah diproduksi di antaranya VAMPIRE CLEANUP DEPARTMENT, SHADOWS, ONE SECOND CHAMPION, dan DRIFTING.

"Sangat menyenangkan bisa mengunjungi Jakarta dengan membawa film terbaru saya SHADOWS," kata Mani Man. "Saya sangat menantikan bisa bertemu penonton Indonesia dan berkesempatan bertemu para pembuat film lokal. Semoga penonton menikmati film kami dan Balinale sudah membawa kami ke Indonesia."

2. Film-film Panjang

Film-film panjang yang hadir di Asian Cinerama: SHADOWS (2020) Sutradara: Glenn Chan, MADALENA (2021) Sutradara: Emily Chan, ANITA (2021) Sutradara: Longman Leung, TABLE FOR SIX (2022) Sutradara: Sunny Chan, CHILLI LAUGH STORY (2022) Sutradara: Coba Cheng, dan RAGING FIRE (2021) Sutradara: Benny Chan.

Sejak tahun 2007, Asian Film Awards Academy (AFAA) telah memperkenalkan film-film terbaik produksi Indonesia seperti OPERA JAWA karya di sutradarai Garin Nugroho bersama Rahayu Supanggah yang memenangkan penghargaan dengan Komposer Terbaik.

LOVELY MAN karya Teddy Soeriaatmadja yang menerima beberapa nominasi dengan Donny Damara sebagai penerima Penghargaan Aktor Terbaik, dan Edwin sebagai sutradara berbakat penerima ‘The Edward Yang New Talent Award’.

3. Beberapa Nominasi

Beberapa nominasi lainnya: THE RAINBOW TROOPS/LASKAR PELANGI yang disutradarai Riri Riza, THE MIRROR NEVER LIES karya sutradara Kamila Andini, WHAT THEY DON'T TALK ABOUT WHEN THEY TALK ABOUT LOVE dan MARLINA THE MURDERER IN FOUR ACTS, keduanya merupakan karya Mouly Surya.

Bali Festival Film Internasional (Balinale) akan terus melanjutkan tradisi menghadirkan karya-karya kreatif luar biasa, karya-karya otentik dari penjuru dunia, serta mendukung pertumbuhan karya-karya lokal yang menggambarkan kemampuan kreatif dan potensi industri perfilman Indonesia.

REKOMENDASI
TRENDING