FILM INTERNASIONAL

Sinopsis dan Fakta Menarik Animasi 'BAO' yang Sangat Menyentuh Hati, Kalian Udah Nonton?

Sabtu, 20 Agustus 2022 09:00 Penulis: Editor KapanLagi.com

Credit foto: Profil foto animasi Bao/Youtube James Hayes/Screenshoot

Kapanlagi.com - Artikel ini ditulis oleh Bujur Ita Purnamasari

Animasi yang bertajuk BAO merupakan sebuah animasi pendek berdurasi 8 menit yang dirilis sebagai pendamping Incredibles 2 pada tanggal 15 Juni 2018. Film ini disutradari oleh Domee Shi dan diproduseri oleh Pixar Animation Studios. Animasi ini berlatar tempat di Toronto, Kanada dan menampilkan sebagai Landmark kota tersebut.

Animasi BAO merupakan film pendek pertama Pixar yang dirilis secara gratis di Internet. Animasi ini banyak mendapat apresiasi dari netizen dengan begitu luar biasa walaupun hanya sebagai animasi yang singkat.

Penasaran sama ceritanya dan apa yang membuat animasi ini banyak disukai dan mendapat perhatian dari netizen? Yuk langsung saja simak sinopsis dan fakta-fakta dari animasi ini.

1. Bercerita Tentang Seorang Ibu yang Alami Empty Nest Syndrome

Animasi ini menceritakan tentang seorang ibu keturunan Cina yang menderita Empty Nest Syndrome, atau yang biasa disebut sebagai orang yang tidak bisa memiliki anak sehingga menderita rasa kesepian yang sangat dalam. Ibu tersebut sudah tua dan merasa sangat kesepian di rumah, namun berkesempatan kembali menjadi ibu ketika salah satu dim sum buatannya berubah menjadi seperti bayi manusia. 

Si ibu dengan gembira menerima dan menyambut dim sum tersebut. Ia merawat dan mengasuh dim sum tersebut dengan penuh kasih sayang.  Namun, dim sum tersebut semakin hari semakin mengalami perubahan dan ingin menikmati kehidupannya yang semakin dewasa.

2. Diangkat dari Kisah Nyata

Bukan hanya animasi saja, tapi animasi yang bertajuk BAO juga diangkat dari kisah nyata yaitu diambil dari pengalaman masa lalu sutarada animasi ini yaitu Domee Shi. Domee Shi membuat cerita dalam animasi tersebut berdasarkan pengalamannya dengan ibunya. Ia mengakui bahwa ibunya juga sering memperlakukannya seperti bakpao kecil yang sangat berharga sehingga ibunya terlalu over protective kepadanya.

Hal itulah yang membuatnya terinspirasi untuk menciptakan animasi yang bertajuk BAO tersebut. Selain itu, ceritanya juga masih banyak dialami oleh sebagian banyak orang dan inilah yang membuat kisah cerita Bao banyak mendapat perhatian dan apresiasi dari netizen.

3. Animasi Terbaik 2019

Bao jadi salah satu animasi yang bersaing dengan animasi lainnya di kala itu yang tak kalah menarik juga, seperti animasi Animal Behaviour, Late Afternoon, Weekends, dan lainnya. 

Namun, Bao terpilih menjadi pemenang dan mendapat penghargaan sebagai animasi terbaik pada Oscar 2019. Animasi yang diproduksi oleh Pixar ini berhasil membawa pulang piala emas Oscar tahun 2019. 

4. Animasi Perdana Dari Pixar Yang Disutradari Oleh Perempuan

Seperti yang sudah kita ketahui, sutradara dari animasi Bao ialah seorang wanita yang bernama Domee Shi. Ia berhasil mencetak sejarah sebagai sutradara perempuan pertama di Pixar Short Film.

Domee Shi ialah seorang animator asal Kanada yang memiliki latar belakang suku Cina. Ia lahir pada 08 September 1987 di Kota Sichuan, Tiongkok. Ia pindah ke Toronto, Kanada sejak ia berumur dua tahun.

Selain itu, Domee Shi juga sudah banyak berkontribusi pada sejumlah film atau animasi yang terkenal seperti Incredibles (2018), dan Toy Story 4(2019).

5. Hadirkan Pesan yang Sangat Dalam

Di balik ceritanya yang mengharukan, animasi BAO juga memiliki pesan yang sangat dalam bagi banyak penontonnya, terutama bagi hubungan antara orangtua dan anak. Setiap orangtua punya cara mengasuh dan mengajar anaknya masing-masing mungkin sesuai dengan budaya atau pengalaman mereka. Namun, tidaklah baik kalau orang tua terlalu mengekang anaknya.  

Dari animasi ini, sebagian para penontonnya merasa sangat relate dengan kisah Bao sehingga mereka memberikan banyak apresiasi dan dukungan pada animasi ini.

Sudah penasaran belum? Simak trailernya di bawah ini..

6. Simak Trailernya!

(kpl/mag)

REKOMENDASI
TRENDING