Daftar Lengkap Urutan Film Marvel yang Perlu Ditonton Sebelum AVENGERS ENDGAME

Jum'at, 15 Maret 2019 15:41 Penulis: Editor KapanLagi.com
Daftar Lengkap Urutan Film Marvel yang Perlu Ditonton Sebelum AVENGERS ENDGAME Deretan film MCU © Marvel Studio

Kapanlagi.com - Terkenal dengan banyak tokoh superheronya, Marvel Cinematic Universe tak henti terus meluncurkan berbagai film yang berkesinambungan. Film CAPTAIN AMERICA: THE FIRST AVENGER mengawali project MCU pada tahun 2011, dilanjutkan dengan deretan film MCU yang lain. Ingin tahu apa saja? Simak sampai habis ya.

CAPTAIN AMERICA: FIRST AVENGER © Paramount PicturesCAPTAIN AMERICA: FIRST AVENGER © Paramount Pictures

1. CAPTAIN AMERICA: FIRST AVENGER

Mengangkat kisah Steve Rogers, seorang tentara yang kerap kali dihina karena bertubuh kecil. Hingga Badan Pertahanan Amerika mengubahnya menjadi superhuman yang dijuluki Captain Ameirca. Ia memimpin perang merebut Tesseract dan melawan HYDRA bersama Bucky Barnes dan Peggy Carter. Aktor yang berperan dalam film ini diantaranya Chris Evans, Sebastian Stan, dan Hayley Atwell.

IRON MAN © TM &2008 Marvel2008 MVLFFLLCIRON MAN © TM &2008 Marvel2008 MVLFFLLC

2. IRON MAN

Film ini menceritakan seorang miliader pemilik Stark Industries bernama Tony Stark. Ia diculik oleh teroris yang berkoalisi dengan rekan ayahnya, Howard Stark yang bermasalah ketika melakukan perjalanan ke Afghanistan. Ia dipaksa membuat senjata mematikan, namun pria jenius itu tidak tinggal diam, ia membuat baju dengan arc reactor dan armor untuk melawan penjahat itu. Hingga dikenal sebagai Iron Man yang diperankan oleh Robert Downey Jr.

INCREDIBLE HULK © Universal StudiosINCREDIBLE HULK © Universal Studios

3. INCREDIBLE HULK

Usai keberhasilan dibentuknya Captain Amerika, banyak ilmuwan yang berlomba menciptakan serum sejenis dan satu yang berhasil adalah serum sinar gamma yang dibuat oleh Culver University. Sayangnya percobaan serum tersebut pada Bruce Banner gagal hingga membuatnya menjadi monster hijau raksasa yang dipanggil Hulk. Mengerti akan dijadikan senjata militer oleh Jenderal Thunderbolt Ross, ayah dari perempuan yang ia cinta yaitu Betty Ross. Hulk melarikan diri ke Brazil hingga menjadi buronan, saat itu juga Angkatan Darat Amerika menyuntik Emil Blonsky serum yang mengubahnya menjadi Abomination namun Hulk berhasil melawan Blosky tersebut.

IRON MAN 2 © Universal StudiosIRON MAN 2 © Universal Studios

4. IRON MAN 2

Selain berfokus pada perjalanan Tony Stark bersama Pepper Potts dan James Rhodes melawan Ivan Vanko. Putra dari rekan ayah Tony Stark yang mengaku jika dirinya adalah penemu arc reactor dan berniat membunuh Tony Stark dengan Whiplash. Film ini juga menampilkan Black Widow atau Romanoff yang diperintah oleh Fury untuk mengawasi Tony karena ragu.

THOR © 2011 MVLFFLLC. TM & 2011 MarvelTHOR © 2011 MVLFFLLC. TM & 2011 Marvel

5. THOR

Berbeda dari film MCU sebelumnya yang bercerita tentang superhuman, Thor yang kuat namun angkuh adalah anak Odin, dewa penjaga sembilan dunia. Thor yang tidak bisa mengendalikan emosi membuat perang kembali terjadi di Asgard, dewa Odin yang murka mengusirnya dari bumi bersama palu Mjolnir yang hanya bisa diangkat jika ia telah layak. Rupanya saat itu Loki, adik Thor juga berusaha merebut tahta. Bersama Jane Foster dan dr. Selvig, Thor berhasil kembali ke Asgard sekaligus menjadi raja.

THE AVENGERS © MarvelTHE AVENGERS © Marvel

6. THE AVENGERS

Diceritakan Loki yang diperintah Thanos merebut Tesseract dari SHIELD dengan tongkat berisi Mind Stone, berhasil menghancurkan New York dan mengacak The Avengers hingga membuat portal Chitauri ke bumi. Pemimpin SHIELD, Nick Furry membentuk The Avengers untuk mengatasi permasalahan tersebut. Battle of New York itu akhirnya berhasil dimenangkan oleh The Avengers, mereka sukses mengalahkan Loki dan Chitauri juga mengamankan Tesseract.

IRON MAN 3 © MarvelIRON MAN 3 © Marvel

7. IRON MAN 3

Tony Stark yang masih trauma dengan Battle of New York karena hampir mati. Harus melawan musuh-musuhnya dari masa lalu, salah satunya Mandarin. Seorang teroris yang pernah ditolak kerjasama oleh Tony namun berhasil dikalahkan dengan bantun Iron Patriot. Dalam film ini Tony juga mengganti arc reactor lamanya dengan arc reactor baru yang lebih canggih.

THOR: THE DARK WORLD © Marvel StudiosTHOR: THE DARK WORLD © Marvel Studios

8. THOR: THE DARK WORLD

Jane Foster yang diperankan oleh Natalie Portman sedang melakukan penelitian anomali portal dan menemukan Aether. Jane yang dirasuki Aether memancing Malekith merebut kembali Aether dan menghancurkan bumi. Setelah upaya mendapatkan Aether berhasil, Malekith menyerang Greenwich. Namun, semua rencana itu digagalkan oleh Thor bersama Jane dan dr. Selvi.

CAPTAIN AMERICA: THE WINTER SOLDIER © Marvel StudiosCAPTAIN AMERICA: THE WINTER SOLDIER © Marvel Studios

9. CAPTAIN AMERICA: THE WINTER SOLDIER

Steve Rogers yang bermukim di Washington DC setelah Battle of New York tersebut. Harus kembali berperang bersama Black Widow dan Falconmelawan Winter Soldier. Rupanya Bucky adalah sosok dibalik Winter Soldier itu, teman Captain America yang hilang saat menyerang Hydra pada tahun 1942 dan terkena manipulasi Hydra.

GUARDIANS OF THE GALAXY © Marvel StudiosGUARDIANS OF THE GALAXY © Marvel Studios

10. GUARDIANS OF THE GALAXY

Bercerita tentang Peter Quil, seorang anak yang diculik oleh alien sejak kecil. Ia dibentuk menjadi pencuri luar angkasa yang dijuluki Star Lord, kisahnya bermula ketika ia mencuri Orb dan Thanos mengincarnya karena gagal mendapatkan Tesseract. Peter yang awalnya akan menjual Orb tersebut pada Taneleer Tivan, memilih menyelamatkan galaksi bersama Drax, Gamora, Rocket, dan Groot.

AVENGERS: AGE OF ULTRON © Marvel StudiosAVENGERS: AGE OF ULTRON © Marvel Studios

11. AVENGERS: AGE OF ULTRON

Saat Strucker membuat Artificial Intelligence dari tongkat Loki. Tony Stark tertarik untuk mengembangkan ultron, sayangnya ultron tersebut menjadi jahat. Bersama Avengers, Tony berhasil mengalahkan ultron yang akan menghancurkan bumi. Film ini juga memperlihatkan anggota baru Avengers yakni Rhodes, Falcon, Scarlett Witch, dan Vision.

ANT MAN © Marvel StudiosANT MAN © Marvel Studios

12. ANT MAN

Diperankan oleh Paul Rudd dan Michael Douglas. Film ini menceritakan Dr. Hank Pym dan Agent Carter yang menciptakan teknologi untuk memperbesar dan memperkecil benda, bahkan mengendalikan semut. Namun karena berbahaya semua kostum itu disembunyikan dan baru digunakan oleh Scott Lang karena dianggap layak.

CAPTAIN AMERICA: CIVIL WAR © Marvel StudiosCAPTAIN AMERICA: CIVIL WAR © Marvel Studios

13. CAPTAIN AMERICA: CIVIL WAR

Usai peristiwa penangkapan Cross Bone yang menelan banyak korban, Avengers mendapat tekanan dari masyarakat dan Tony diperintahkan oleh Jendral Ross untuk menandatangani perjanjian Sokovia Accord. Perjanjian itu memuat pernyataan jika Avengers akan tunduk pada pemerintah, saat itulah terjadi perbedaan pendapat antara Captain America dengan Tony Stark. Hal ini memicu keributan antara kedua kubu superhero yang memilih bebas dan mendukung pemerintah.

DOCTOR STRANGE © Marvel StudiosDOCTOR STRANGE © Marvel Studios

14. DOCTOR STRANGE

Dr. Stephen Strange yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch merupakan ahli saraf arogan dengan tangan yang lumpuh usai kecelakaan mobil. Ia bertemu dengan Ancient One hingga akhirnya sembuh. Konflik bermula ketika Kaecillus pengkhianat Ancient One, membangkitkan Dormamu. Bersama Mordo, Dr. Stephen berperang melawan Kaecillus.

GUARDIANS OF THE GALAXY VOL. 2 © MarvelGUARDIANS OF THE GALAXY VOL. 2 © Marvel

15. GUARDIANS OF THE GALAXY VOL. 2

Selain bersatu melawan kejahatan dan menyelesaikan misi menjaga Baterai Annulax dari tangan alien. Film ini juga mengangkat asal usul Star Lord. Hingga kisah pertemuan Star Lord dengan sang ayah, Ego yang ingin memanfaatkan anaknya untuk menguasai dunia.

SPIDER-MAN: HOMECOMING © 2017 CTMG, Inc.SPIDER-MAN: HOMECOMING © 2017 CTMG, Inc.

16. SPIDER-MAN: HOMECOMING

Diperankan oleh Tom Holland. Film ini bercerita tentang Peter Parker yang kembali pulang ke rumah bibi May dengan pengawasan Tony Stark. Hingga Vulture muncul dan ia mengalahkan musuhnya tersebut bersama Iron Man. Dalam film ini juga Peter mendapatkan Spiderman Suit dan resmi bergabung dengan Avengers.

THOR: RAGNAROK © MARVELTHOR: RAGNAROK © MARVEL

17. THOR: RAGNAROK

Pada film ini Thor yang mencari tahu mimpinya tentang Asgard, datang kembali tanpa palu Mjolnir. Ketika ia tiba di bumi bersama Odin yang ditinggalkan oleh Loki, terungkap sosok Hela dari sang ayah. Anak sulung yang ingin merebut tahta Asgard, namun saat Thor ingin menggagalkan rencana Hela ia tertahan pada kontes gladiator melawan Hulk.

BLACK PANTHER © MARVELBLACK PANTHER © MARVEL

18. BLACK PANTHER

Sepeninggal kematian sang ayah, T Challa yang menggantikan posisi ayahnya sebagai raja harus meneruskan perjuangan mempertahankan Wakanda. Perjuangan T Challa diwarnai banyak pertentangan, tak hanya itu Erik Kilmonger juga muncul untuk menguasai Wakanda. Namun, semua berhasil digagalkan T Challa dengan bantuan Everett K. yang merupakan salah satu agen C.I.A bersama Ross dan Dora Milaje.

 

AVENGERS: INFINITY WAR © MARVELAVENGERS: INFINITY WAR © MARVEL

19. AVENGERS: INFINTY WAR

Dalam film ini Avengers terbagi menjadi dua kubu yang masing-masing kubunya bekerja keras untuk melawan Thanos, namun kedua kubu tersebut gagal. Mereka baru berhasil mengalahkan Thanos ketika telah bersatu. Pada film ini Avengers bekerja sama untuk mempertahankan 6 Infinity Stones yang menjadi incaran Thanos.

ANT-MAN and THE WASP © Marvel StudiosANT-MAN and THE WASP © Marvel Studios

20. ANT-MAN and THE WASP

Scott Lang pada film ini diceritakan tengah dirundung kegalauan antara menjalankan tanggung jawab sebagai Ant Man dan menjadi seorang ayah. Namun, saat Ant Man and The Wasp bertemu dengan Hope Van Dyne bersama Dr. Hank Pym, sang ayah. Lalu memulangkan kembali istri Dr. Hank Pym dari dunia atom. Scott Lang and The Wasp bersama Hope Van Dyne harus menjalankan misi mendesak untuk mengungkap sebuah rahasia.

CAPTAIN MARVEL © Marvel StudiosCAPTAIN MARVEL © Marvel Studios

21. CAPTAIN MARVEL

Sosok superhero wanita ini merupakan tokoh superhero terkuat di MCU. Ia digadang-gadang akan mengalahkan Thanos dan menyelamatkan bumi ketika sedang berada dalam perang galaksi antara dua ras alien. Carol Danvers atau Captain Marvel tersebut diperankan oleh Brie Larson.

AVENGERS: ENDGAME © Marvel StudiosAVENGERS: ENDGAME © Marvel Studios

22. AVENGERS: ENDGAME

Setelah CAPTAIN MARVEL tayang pada Maret tahun ini. Jeda sebulan AVENGERS: ENDGAME akan segera dirilis. Dikabarkan film ini memuat cerita lanjutan dari Infinity War dan perlawanan pada Thanos. Apakah kamu penasaran? Tunggu terus kabar rilisnya dan jangan sampai ketinggalan ya.

 

Penulis: Annesa K. Ramadhany

 

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING