Disney Pilih 'MULAN' Dari Amerika, Banyak Fans Protes Keras

Senin, 20 April 2015 14:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Disney Pilih 'MULAN' Dari Amerika, Banyak Fans Protes Keras Mulan/©Disney
Kapanlagi.com - Setelah kesuksesan CINDERELLA yang mampu merajai box office Maret lalu, Disney nampaknya tak ingin melewatkan kesempatan untuk bisa meraih sukses yang sama. Studio ini akan segera menggarap beberapa film remake live-action yang lebih modern dari film-film kartunnya, salah satunya adalah MULAN.

Masih ingat kan cerita Fa Mulan, seorang gadis Cina yang memilih untuk menyamar menjadi pria untuk melindungi ayahnya yang sedang sakit dari kewajiban wajib militer? Dilansir Independent, ternyata banyak fans yang memprotes Disney. Kenapa?

Belakangan ini, isu rasisme dan tersingkirnya aktor kulit berwarna dari pemeran utama film-film box office Amerika memang sedang menjadi sorotan. Seperti saat Rooney Mara (yang asli Amerika) memerankan karakter Tiger Lily dalam PAN. Rooney dianggap tak pantas memerankannya karena Lily adalah wanita keturunan Indian. Christian Bale juga diprotes karena dianggap terlalu berwajah barat saat memerankan karakter kitab suci, Musa. Begitu juga penolakan terhadap Idris Elba ketika mencuat isu jika dirinya akan menggantikan Daniel Craig sebagai James Bond.

Oleh karena itu, Natalie Molnar, membuat petisi yang kini sudah ditanda tangani oleh lebih dari 50,000 orang. Petisi ini berisi penolakan jika Disney akan memakai aktris Amerika untuk memerankan karakter Mulan yang jelas-jelas lahir dari keturunan Asia.

Petisi penolakan Mulan versi Amerika/©thepetitionsite.comPetisi penolakan Mulan versi Amerika/©thepetitionsite.com

"Whitewashed berarti orang-orang kulit berwarna tak bisa menjadi pahlawan. Selama ini kita terus dijejali pandangan jika orang-orang kulit putih adalah sosok yang ideal dan layak menjadi contoh. Hal ini nggak cuma berlaku di Amerika saja, namun di seluruh dunia," ujar Natalie.

Nggak hanya pemilihan aktor dan aktris kulit putih yang dirasa tidak adil bagi beberapa pihak, perhelatan Oscars 2015 Februari lalu juga tak luput dari kritikan. Banyak yang memprotes mengapa para pekerja seni kulit berwarna hanya sedikit yang masuk dalam nominasi. Contohnya adalah David Oyelowo yang berperan sebagai Martin Luther King Jr. dalam film SELMA.

Apakah kalian setuju dengan petisi ini? Atau kalian sangat easy-going dengan apapun yang akan dipilih Disney nantinya sebagai Mulan?

Jangan Lewatkan

(ind/tch)


REKOMENDASI
TRENDING