Film Bagus Bagi Para Pecinta Fotografi, 'FINDING VIVIAN MAIER'

Selasa, 24 Februari 2015 13:54 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Film Bagus Bagi Para Pecinta Fotografi, 'FINDING VIVIAN MAIER' Finding Vivian Maier/© Ravine Pictures
Kapanlagi.com - Buat para pecinta fotografi, ada film dokumenter yang bisa jadi inspirasi. Judulnya FINDING VIVIEN MAIER dan berhasil masuk dalam nominasi Best Documentary Features pada gelaran Oscars 2015.

Film ini mendokumentasikan kisah nanny misterius yang diam-diam menghasilkan 100.000 foto, tersimpan dalam sebuah kotak dan baru ditemukan satu dekade kemudian oleh seorang fotografer hebat, John Maloof. John dan Charlie Siskel ingin mengangkat sisi kehidupan Vivian yang cukup unik sekaligus menarik, melalui foto-foto yang belum pernah diperlihatkan sebelumnya.

Karya-karya menakjubkan Vivian pertama kali ditemukan pada 2007 oleh John Maloof dalam acara lelang di Chicago’s Northwest Side. Dari sanalah karya-karya Vivian berhasil mengubah hidup John dan ia berniat mempertontonkannya ke masyarakat. Kini, karya-karya fotografi Vivian telah diarsipkan olehnya agar publik dan generasi selanjutnya dapat ikut menikmati.

Sosok Vivian Maier berselfie-ria/©Ravine PicturesSosok Vivian Maier berselfie-ria/©Ravine Pictures

John adalah nyawa dari proyek rekonstruksi ini. Selain membuat film dokumenter yang berisi foto, film, dan beberapa interview dengan orang-orang yang mengenal Vivian, ia juga membuat buku berjudul VIVIAN MAIER: STREET PHOTOGRAPHY. Karya-karya Vivian memang menandai bangkitnya Street Photography.

Film dokumenter ini berhasil masuk dalam nominasi Oscars 2015 dalam kategori Best Documentary Features, bersaing dengan LAST DAYS IN VIETNAM, CITIZENFOUR, THE SALT OF THE EARTH, dan VIRUNGA. Sayangnya, film ini ditaklukkan CITIZENFOUR.

Namun sebelumnya, FINDING VIVIAN MAIER berhasil menyabet Best Documentary Feature di Portland International Film Festival dan Miami International Film Festival. Penasaran? Kunjungi websitenya untuk melihat karya-karya si nanny misterius ini di sini.

(kpl/tch)


REKOMENDASI
TRENDING