Garth Davis Bakal Sutradarai Film Terbaru 'TRON'

Selasa, 11 Agustus 2020 19:07 Penulis: Editor KapanLagi.com
Garth Davis Bakal Sutradarai Film Terbaru 'TRON' Foto: Garth Davis (Kredit: IMDb.com)

Kapanlagi.com - Garth Davis merupakan sutradara Australia-Amerika yang sukses membesut film berjudul LION (2016). Kini ia telah menandatangani kontrak untuk mengarahkan film terbaru TRON, seperti dilansir dari Variety, Senin (10/08/2020). Selain film LION, ia juga sutradara dari film MARY MAGDALENE (2018). Film terbaru TRON ini tidak akan menjadi sekuel langsung dari dua film terdahulunya yakni TRON: LEGACY (2010) dan TRON (1982). Namun, film ini direncanakan sebagai waralaba baru.

Pemainnya ialah Jared Leto yang merupakan aktor sekaligus penyanyi. Film ini diproduseri oleh Justin Springer dan Emma Ludbrook. Kemudian Jesse Wigutow sebagai penulis naskahnya. Naskah yang ia tulis tentu saja naskah dengan versi terbaru yang mana masih dalam pengembangan Disney.

TRON yang rilis pertama kali pada tahun 1982 menggunakan citra grafis komputer yang inovatif mengisahkan seorang  programmer Kavin (Jeff Bridges) yang terjebak di dalam mainframe CPU. Lalu pada tahun 2000-an, Disney haus akan waralaba baru yang menguntungkan. Disney pun memutuskan untuk mulai mengembangkan sekuel TRON dengan sutradaranya Joseph Kosinski. TRON: LEGACY yang merupakan sekual dari TORN mengisahkan perjalanan Sam (Garret Hedlund) mencari ayahnya, Kavin (Jeff Bridges) yang sudah menghilang 20 tahun lalu.

Dengan Kosinski, Disney mengambil pendekatan yang hati-hati, memintanya untuk pertama kali melakukan tes visual konsep yang menampilkan Jeff Bridges tanpa pemberitahuan. Penerimaan liar terhadap rekaman tersebut membuat film mendapatkan respon baik.

Film TRON: LEGACY yang dibintangi oleh Jeff Bridges, Garrett Hedlund, Olivia Wilde, dan Michael Sheen mendapatkan lebih dari $400 juta selama penayangannya. Film ini juga telah mendapatkan banyak pengikut, sebagian besar disebabkan oleh duo tekno-pop ikonik yakni Daft Punk yang membuat latar lagu dalam film ini. Disney pun rencananya mulai mengembangkan sekuel film TRON: LEGACY  tetapi studio akhirnya menarik diri pada tahun 2015. Salah satu alasannya adalah kegagalan film TOMORROWLAND (2015) di Box Office yang juga mengusung format live-action layaknya TRON: LEGACY.

Dua tahun kemudian, Jared Leto menandatangani kontrak untuk membintangi film TRON yang baru, tetapi sampai hari Senin (10/08/2020), belum ada banyak momentum untuk waralaba tersebut. Garth Davis memiliki lebih banyak pengalaman mengarahkan film di bawah ikat pinggangnya daripada yang dilakukan Joseph Kosinski ketika dia mendaratkan TRON: LEGACY. Lewat film LION (2016), ia memenangkan penghargaan DGA untuk sutradara terbaik pertama kalinya. Film TRON  terbaru akan menjadi proyek studio besar pertamanya sekaligus proyek pertamanya yang didorong oleh efek visual.

 

Penulis: Zakiatul Mufaricha

 

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING