LEVIATHAN, Cerminan Masa Lalu Rusia yang Kelam

Rabu, 25 Februari 2015 14:36 Penulis: Erick
LEVIATHAN, Cerminan Masa Lalu Rusia yang Kelam Leviathan © lucescamarayblog.com
Kapanlagi.com - Film drama berikut ini adalah sebuah film Rusia. Film yang disutradarai oleh Andrey Zvyagintsev ini dirilis pada tahun 2014 lalu. Film ini ditulis oleh Oleg Negin dan Andrey Zvyagintsev. Dibintangi oleh Aleksey Serebryakov, Elena Lyadova, Roman Madyanov, dan beberapa bintang lainnya.

Leviathan mendapat 7,8 dari 10 bintang. Pantas saja film ini bisa masuk dalam salah satu nominasi Oscar untuk kategori Best Foreign Language Film.

Film ini bercerita tentang Kolya, yang berusaha melawan seorang mayor korup. Kolya mendapat berita bahwa rumahnya akan dihancurkan. Tak ingin tinggal diam, Kolya pun menyewa seorang pengacara untuk membantunya. Namun ternyata kedatangan si pengacara justru menjadi penyebab kemalangan Kolya dan keluarganya.

Tokoh Kolya diperankan oleh Aleksey Serebryakov. Sedangkan Elena  Lyadova memerankan Lilya, istri Kolya. Dalam film ini, pasangan tersebut memiliki seorang anak yang masih remaja, Romka.

Keluarga Kolya jadi buruan seorang mayor lokal yang korup. Adalah Roman Madyanov yang memerankan karakter sang mayor. Tanah, rumah, dan sebuah bengkel mobil kecil milik Kolya menjadi incaran sang mayor.

Kolya berusaha menyelamatkan aset dan anggota keluarganya. Ia pun meminta bantuan seorang teman lama yang tinggal di Moscow. Teman Kolya ini diperankan oleh Vladimir Vdovichenkov.

Poster Leviathan © filmaffinity.comPoster Leviathan © filmaffinity.com


Sang teman yang dulunya adalah tentara, kini ia beralih profesi menjadi seorang jaksa penuntut umum. Mereka berusaha membalas perlakuan sang mayor dan mengumpulkan bukti-bukti kejahatannya.

Film ini mengambil setting di sebelah barat laut Russia, Kola Penisula, di dekat Laut Barents. Pemandangan di sana cukup dramatis untuk sebuah film. Bahkan jika mujur, kalian akan bertemu dengan ikan paus di sana.

Peristiwa yang terjadi dalam Leviathan ini sering terjadi di Rusia pada jaman dahulu. Para pejabat yang korup dan menekan rakyatnya adalah hal yang biasa. Namun menurut juru bicara sang presiden, Dmitry Peskov, ia akan mengutuk siapa saja yang mengatakan bahwa film ini adalah sebuah film anti-Rusia.

(kpl/erc)

Editor:

Erick


REKOMENDASI
TRENDING