Sosok di Balik Kerennya Kostum Film 'BLACK PANTHER'

Minggu, 18 Februari 2018 08:12 Penulis: Rezka Aulia
Sosok di Balik Kerennya Kostum Film 'BLACK PANTHER' Gaya Afrika-Modern yang menawan karya Ruth Carter

Kapanlagi.com - Pekan ini pecinta film dihebohkan dengan penayangan film Marvel terbaru, BLACK PANTHER. Film yang berlatar belakang negara fiksi bernama Wakanda ini memang menyita perhatian pecinta film di banyak negara. Menceritakan T’Challa yang harus menjadi raja Wakanda menggantikan sang ayah yang meninggal karena aksi terorisme, dalam kepemimpinannya T’Challa mendapatkan tamu tak diundang yang ingin merampas tahtanya.

Wakanda digambarkan sebagai negara kaya raya dan memiliki teknologi tinggi, hal ini karena adanya Vibranium yang hanya terdapat di Wakanda. Namun negara ini berusaha melindungi wilayahnya dengan menutup akses ke luar dan lebih dikenal oleh negara lain sebagai negara dunia ketiga di Afrika yang miskin.

Film ini telah tercatat memperoleh penghasilan US$ 25 juta di hari ketiga penayangannya dan diprediksi akan menduduki posisi box office dalam waktu dekat. Black Panther menyajikan hiburan yang mengasikkan dengan teknik pengambilan gambar yang apik serta jokes yang segar. Kekuatan film ini selain pada alur cerita dan kemampuan aktor tentu saja diperkuat dengan kostum yang apik.

Ruth Carter sang jenius desainer kostum Black PantherRuth Carter sang jenius desainer kostum Black Panther

Kostum yang sangat berwarna dan menarik ini digarap oleh desainer kostum Hollywood yang telah meraih nominasi Oscar untuk karyanya di film MALCOM X dan AMISTAD yaitu Ruth Carter. Selain dua film itu Carter juga mendesain kostum di film SELMA, namun hal ini tidak membuat menangani film BLACK PANTHER menjadi mudah baginya. Carter mengakui proyek ini bukanlah hal mudah baginya walaupun sang sutradara, Ryan Coogler, telah memberikan ijin untuk melakukan eksplorasi padanya.

“Tantangan terberatku adalah bagaimana merepresentasikan budaya Afrika tanpa memberikan stereotip tertentu atas sebuah negara atau suku,” jelas Carter. Penasaran dengan kerennya kostum di film BLACK PANTHER ini? Kapanlagi telah merangkum beberapa kostum menawan film hits ini.

1. Black Panther

Raja T'Challa sang Black Panther. (Credit: theverge.com)Raja T'Challa sang Black Panther. (Credit: theverge.com)

Saat pembuatan kostum, Chadwick Boseman hanya memiliki satu permintaan pada Carter, "Aku ingin tetap bisa bernafas dan bergerak bebas dalam kostum super heroku." Akhirnya Carter berhasil mewujudkan permintaan Boseman dengan kostum yang membuatnya nyaman melakukan aksi laga.

2. Perpaduan desain futuristik dan budaya Afrika.

Saat kembali ke Wakanda sebelum pelantikan menjadi raja. (credit: thedailybeast.com)Saat kembali ke Wakanda sebelum pelantikan menjadi raja. (credit: thedailybeast.com)

Karena berlatar belakang Afrika kostum dalam film ini sangat kental budaya lokal Afrika, namun sang desainer tetap mampu menampilkan sisi futuristik yang serasi.

3. Gaun sang ratu yang mewah dan menawan

Ratu Ramonda yang anggun dan bijaksana. (credit: thedailybeast.com)Ratu Ramonda yang anggun dan bijaksana. (credit: thedailybeast.com)

Kostum ibu T'Challa, Queen Ramonda nampak mewah dengan warna putih yang apik dilengkapi hiasan kepala yang cantik. Bila kita perhatikan, hiasan kepala yang dikenakan Angela Bassett ini merupakan improvisasi hiasan suku Zulu yang dicetak menggunakan 3D printer.

4. Kostum pemeran pendukung yang tak luput dari ketelitian Carter

Kostum dalam adegan tantangan sang raja. (credit: thedailybeast.com)Kostum dalam adegan tantangan sang raja. (credit: thedailybeast.com)

Tak hanya tokoh utama yang mengenakan kostum dengan detail sempurna, para tokoh pendukung juga nampak mengenakan kostum penuh warna yang artistik.

5. Mengadopsi budaya suku Zulu

Desain Carter yang penuh warna. (credit: thedailybeast.com)Desain Carter yang penuh warna. (credit: thedailybeast.com)

Sang desainer berusaha merepresentasikan budaya Afrika dengan sentuhan modern tanpa melecehkan suku yang ada. Usaha Carter untuk memberikan sentuhan futuristik ini nampak mempesona dengan pilihan warna yang menarik. Seperti dalam adegan ini, sang penasehat raja mengenakan aksesoris yang diletakkan di mulut seperti lelaki dari suku Zulu.

6. Menghadirkan gaya Afrika Modern.

Motif Afrika yang nampak keren dipadu gaun modern. (credit: thedailybeast.com)Motif Afrika yang nampak keren dipadu gaun modern. (credit: thedailybeast.com)

Selain di Afrika film ini juga dikisahkan berlatar belakang di Amerika Serikat dan Korea Selatan. Ketika berada di Korea, Lupita Nyong'O yang berperan sebagai Nakia mengenakan gaun moder bermotif tribal Afrika yang modern.

7. Kostum dan aksesoris pendukung yang detail.

Kostum prajurit wanita yang fierce. (credit: thedailybeast.com)Kostum prajurit wanita yang fierce. (credit: thedailybeast.com)

Danai Gurira berperan sebagai Okuye, pengawai pribadi raja T'Challa, digambarkan sebagai ksatria wanita terhebat di Wakanda. Carter pun mendesain kostum Okuye terlihat sangat menonjolkan girl power yang kuat dan tegas dengan dilengkapi aksesoris metal.

8. Menampilkan motif tribal Afrika yang berwarna-warni.

Desain Carter yang memperindah setiap adegan Black Panther. (credit: thedailybeast.com)Desain Carter yang memperindah setiap adegan Black Panther. (credit: thedailybeast.com)

Dalam film ini diceritakan terdapat beberapa suku di negara Wakanda dan setiap suku mengenakan warna dominan tertentu. Keaneka ragaman warna itu nampak indah dipadukan dengan pemandangan landskap alam Afrika yang indah.

Penasaran dengan kostum lain atau aksi laga raja T'Challa? Jangan sampai lupa menonton BLACK PANTHER di bioskop kesayangan kamu.

(kpl/rna)

Editor:

Rezka Aulia


REKOMENDASI
TRENDING