FILM INTERNASIONAL

Theseus Scamander, Leta Lestrange & Nagini: Peran 3 Tokoh Baru di 'FANTASTIC BEAST 2'

Rabu, 17 Oktober 2018 12:07 Penulis: Tyssa Madelina

Nagini, Theseus Scamander dan Leta Lestrange (Courtesy of Warner Bros Pictures)

Kapanlagi.com - Lima tahun pasca penayangan HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS: PART 2, Potterhead kembali berbahagia dengan kehadiran prekuel dari film tersebut yang bertajuk FANTASTIC BEASTS AND WHERE TO FIND THEM. Berlatar belakang 70 tahun sebelum petualangan Harry Potter dan kawan-kawan, kisah ini akan menyorot lebih dalam tentang sosok Newt Scamander (Eddie Redmayne).

Sosok Newt sendiri dikenal lewat bukunya yang jadi acuan wajib para murid di sekolah sihir Hogwarts. Lewat kecintaannya pada hewan fantastis, Newt merangkum semua pengalamannya dalam berhadapan dan menjinakkan mereka di buku tersebut. Meski di film pertamanya tak dijelaskan lebih detail soal masa lalu Newt tapi dia sendiri merupakan mantan murid Hogwarts dan masuk di asrama Hufflepuff yang terkenal dengan kesabaran dan loyalitasnya.

Petualangan Newt dan Jacob dimulai lagi! (Courtesy of Warner Bros Pictures)Petualangan Newt dan Jacob dimulai lagi! (Courtesy of Warner Bros Pictures)

Belum lama ini, petualangan Newt akan kembali dilanjutkan lewat sekuelnya yang bertajuk FANTASTIC BEAST: THE CRIMES OF GRINDELWALD. Lewat trailernya, Newt diberi mandat dari Albus Dumbledore yang saat itu masih menjadi guru untuk menangkap penyihir jahat bernama Grindelwald. Tokoh Grindelwald yang di dalam filmnya diperankan oleh Johnny Depp ini memiliki misi khusus untuk memusnahkan muggle (bangsa manusia) di dunia.

Di tengah bahaya yang menghadang, Newt kembali dipertemukan dengan teman-temannya dari film pertama. Ada Tina Goldstein (Katherine Waterston), Jacob Kowalski (Dan Fogler) dan juga Queenie (Alison Sudol). Selain kehadiran beberapa karakter lama, sekuel FANTASTIC BEAST makin terasa menarik dengan adanya tokoh baru.

Beberapa yang terlihat menonjol dan memiliki porsi banyak di cerita adalah karakter Theseus Scamander, Leta Lestrange dan Nagini. Lantas seperti apa peran ketiga karakter tersebut di misi terbaru Newt? Simak penjelasannya satu per satu di bawah ini ya, KLovers!

1. Theseus Scamander, Kakak Kandung Newt (Yang Ganteng)

Dalam sekuelnya, karakter Theseus Scamander akan diperankan oleh Callum Turner. Ia adalah kakak kandung dari tokoh utama kesayangan kita semua Newt Scamander. Meski sedarah nyatanya Theseus dan Newt tak memiliki minat yang sama di bidang Magizoology (ilmu yang mempelajari tentang hewan fantastis). Menurut Theseus, mempelajari dan menjinakkan hewan fantastis hanya cocok jadi hobi aja dan bukan untuk pekerjaan yang butuh ahli profesional. Wah, padahal keluarga Scamander ini dikenal sebagai Magizoologist lho, ibu Newt dan Theseus sendiri adalah peternak Hippogriff.

Hippogriff, hewan di dunia sihir yang merupakan perpaduan antara elang dan kuda. (Courtesy of Pottermore)

Meski kesannya sangat meremehkan Newt namun bukan tanpa sebab Theseus memiliki pemikiran yang berbeda soal Magizoology. Pasalnya sejak dirinya menempuh pendidikan di Hogwarts, Theseus dikenal sebagai anak yang cerdas dan berprestasi. Pria yang lahir di awal tahun 1897 ini tak hanya unggul dalam hal teori namun juga praktek. Hal itu pula yang memotivasinya untuk melamar pekerjaan sebagai auror atau satuan elit yang bertugas menyelidiki kejahatan ilmu hitam di Kementerian Sihir.

Untuk menjadi auror sendiri dibutuhkan kualifikasi serta seleksi yang ketat dan Theseus tentu saja bisa melewati semua tes dengan sukses. Di masa kerjanya, Theseus dikenal sebagai penangkap penyihir hitam yang handal. Jasanya juga semakin dielu-elukan sejak terlibat dalam First World War (perang dunia pertama) dan ia disebut sebagai seorang pahlawan di film pertama FANTASTIC BEAST.

2. Hubungan Newt dan Theseus Tidak Akur?

Newt dan Theseus diceritakan sebagai dua saudara kandung yang memiliki kepribadian berbeda. Theseus yang berprestasi dan unggul di sekolah tak memahami pola pikir adiknya yang berkecimpung di dunia hewan fantastis. Terlebih menurut teori fans, kakak beradik ini terlibat love interest dengan Leta Lestrange (yang nantinya juga akan muncul di film sekuel).

Isi surat ini juga muncul dalam game LEGO Fantastic Beast. ((Courtesy of Warner Bros Studio)

Sudah tentu banyak sekali Potterhead yang berspekulasi bahwa hubungan keduanya tidak akur. Bahkan di salah satu cuplikan trailernya, Newt terlihat beradu pandang dengan kakaknya sendiri. Namun lewat surat yang ditulis oleh Theseus ke Newt soal misi menangkap Grindelwald ini sedikit banyak bakal mengubah pandanganmu akan hubungan mereka.

"Baiklah adik kecil, aku tak tahu berapa banyak yang sudah kau dengar tentang kejadian di Eropa tapi Grindelwald tidak berhenti membuat keributan sejak kamu pergi. Dia memang seorang pembunuh yang berkharisma, tapi Kementerian tidak menyukainya begitu pun dengan Konfederasi Internasional. Dia telah mengacaukan banyak hal dan pergi bersembunyi untuk saat ini. Aku ditugaskan untuk mencarinya dan itu butuh kerja keras yang besar. Aku harap kamu baik-baik saja, dimanapun kamu berada dan apapun hewan fantastis yang ingin kamu jinakkan."

3. Newt dan Theseus Bertarung Hadapi Grindelwald

Kakak beradik Scamander ini memang diisukan tidak akur, namun jangan lupakan aksi hebat keduanya dalam trailer terbaru FANTASTIC BEAST: THE CRIMES OF GRINDELWALD. Di salah satu adegan, terlihat Newt dan Theseus bertarung bersama di sebuah lokasi yang mirip kuburan. Selain itu, di scene lain, keduanya juga terlihat menyatukan kekuatan untuk melawan Grindelwald.

Grindelwald, musuh kita bersama. (Courtesy of Warner Bros Pictures)

Tampaknya di situasi yang cukup sulit, baik Newt maupun Theseus harus mampu mengesampingkan ego masing-masing. Apalagi penyihir gelap Grindelwald terkenal sulit dikalahkan jika harus berjuang seorang diri.

Terlepas dari perbedaan visi dan misi keduanya dan rasa sakit hati Newt soal Leta Lestrange, hubungan love and hate kakak beradik ini terasa sangat menarik untuk diikuti. Well, semoga saja Theseus bisa terus hadir di seri FANTASTIC BEAST lainnya mendampingi Newt Scamander.

4. Teori Fans Soal Theseus Scamander

Dalam memberi nama di setiap karakternya, J.K. Rowling dikenal tidak mau sembarangan. Ada beberapa aspek yang ia perhatikan, termasuk arti nama (yang kebanyakan diambil dari mitologi Yunani) sampai hubungan nama tersebut dengan karakter. Ada salah satu teori fans yang berkembang di Potterhead karena menyebut karakter Theseus yang tidak dapat dipercaya.

Dalam mitologi Yunani, Theseus adalah pahlawan Athena yang dikenal sangat heroik pada zamannya. Namun ternyata di balik sisi baiknya, Theseus memiliki rahasia kelam karena memanfaatkan wanita yang mencintainya untuk mengalahkan monster di medan perang.

Theseus sempat berjanji untuk menikahi wanita tersebut, namun ia mengingkarinya hingga wanita itu tewas dan membuat keluarganya juga bunuh diri. Arti di balik nama Theseus ini lah yang membuat fans berspekulasi bahwa karakternya tidak sebaik yang ia tunjukkan.

5. Leta Lestrange, Masa Lalu Pahit Newt Scamander

Masih berhubungan dengan Theseus dan Newt Scamander, karakter kedua yang mendapat porsi banyak di FANTASTIC BEAST: THE CRIMES OF GRINDELWALD adalah Leta Lestrange (Zoe Kravitz). Sosok keluarga Lestrange sendiri digambarkan sebagai penyihir berdarah murni yang sangat dihormati di Inggris. Bareng Newt Scamander, Leta juga menempuh pendidikan di Hogwarts.

Masa muda Newt didampingi Dumbledore yang masih unyu-unyu. (Courtesy of Warner Bros Pictures)

Sama-sama menyukai binatang dan terasingkan, Newt dan Leta pun menjalin persahabatan yang cukup dekat. Saat Leta melakukan eksperimen terhadap salah satu hewan yang membahayakan murid di Hogwarts, Newt rela menutupi kesalahannya. Karena hal itu pula, Newt harus menanggung resiko dikeluarkan dari sekolah yang mengakibatkan hubungannya dengan Leta menjauh.

Tampaknya, Leta memiliki tempat tersendiri di hati Newt mengingat ia sampai rela mengorbankan diri untuk melindungi Leta. Albus Dumbledore yang saat itu masih menjadi guru mata pelajaran Transfigurasi sempat menolak dikeluarkannya Newt dari Hogwarts namun usahanya justru berakhir sia-sia.

6. Perasaan Newt Scamander ke Leta Lestrange

Nama dan sosok Leta Lestrange sendiri sempat disebut di film pertama FANTASTIC BEAST. Saat memulai petualangannya mencari hewan fantastis yang hilang, Newt kedapatan masih menyimpan foto Leta di dalam sebuah pigura. Queenie yang mengetahui hal itu kemudian menanyakan Newt tentang Leta.

Queenie merasa kasihan dengan Newt! (Courtesy of Warner Bros Pictures)

Queenie sendiri memiliki kemampuan Legilimency yang berguna untuk melihat dan menelusuri masa lalu seseorang. Ketika mendapati foto Leta dan ekspresi sedih Newt, Queenie menyebut sosok Leta sebagai a taker atau seseorang yang selalu menerima dan tak pernah memberi. "She was a taker, you (Newt) need a giver," ujar Queenie saat itu.

Melihat betapa besar pengorbanan Newt ke Leta, bisa dikatakan bahwa Leta sejatinya adalah cinta pertama Newt. Meski pedih dan penuh luka, Newt tetap memendam perasaannya hingga bertahun-tahun kemudian. Bahkan hingga Leta sudah resmi bertunangan dengan kakaknya sendiri, Theseus Scamander.

7. Leta Lestrange dan Hubungannya Dengan Bellatrix

Marga Lestrange memang terdengar tidak asing bagi fans Harry Potter. Terlebih beberapa keturunan dari marga berdarah murni tersebut lah yang menyebabkan kekacauan dan perpecahan antara muggle dan penyihir di masa depan. Sosok penyihir gelap Bellatrix Lestrange adalah salah satu yang sempat membuat fans geregetan akan sifatnya yang keji dan sadis.

Kalau dari sini sih belum kelihatan ya nama Bellatrix, kira-kira masih ada hubungan darah nggak? (Courtesy of Pottermore)

Bellatrix digambarkan sebagai mantan tahanan penjara Azkaban dan pengikut Voldemort di Harry Potter series. Berdasarkan teori fans yang beredar, marga Lestrange tersebut ia dapatkan karena menikahi seorang pria bernama Rodolphus Lestrange yang juga pelahap maut. Masih berhubungan dengan teori tadi, Rodolphus sendiri diduga adalah putra kandung dari Leta Lestrange.

Tentu saja, teori ini masih belum bisa dipastikan kebenarannya. Selain karena terbentur dengan hubungan Leta dan Theseus, menurut garis asli keturunan Lestrange, nenek moyang Rodolphus dan Leta tidaklah sama meski sama-sama menyandang marga tersebut.

8. Leta Lestrange dan Credence Saudara Tiri?

Bisa dibilang kalau Leta Lestrange adalah salah satu tokoh kunci di sekuel FANTASTIC BEAST. Selain memiliki kesinambungan dengan masa lalu Newt Scamander, ada beberapa teori yang menyebut kalau Leta dan Credence Barebone (Ezra Miller) adalah saudara sedarah. Hal itu dibuktikan lewat salah satu adegan di dalam trailer-nya.

Katanya sih ini silsilah keluarga Lestrange yang terkuak di sekuelnya! (Courtesy of Warner Bros Pictures)

Dalam scene tersebut, ada seorang karakter yang masih belum diketahui siapa, berdiri di tengah kegelapan. Ia memandang ke arah cahaya di atas yang menunjukkan grafik dan diagram tertentu. Jika diperhatikan secara seksama, gambar tersebut menunjukkan silsilah keluarga Lestrange. Dan mengejutkannya, ternyata Leta dan Credence memiliki ayah yang sama yakni Corvus Lestrange (lihat gambar silsilah di atas!) namun keduanya dibesarkan oleh dua ibu yang berbeda.

Teori ini bisa jadi benar adanya mengingat di film pertama Credence dibesarkan di sebuah panti asuhan dan disiksa oleh ibu angkatnya yang anti sihir, Mary Lou. Selain itu, Credence juga memiliki kekuatan sihir dan menyimpan obscurial di dalam tubuhnya, bisa jadi itu karena ada darah Lestrange di dirinya. Mengacu pada teori di atas, berarti selama ini Credence dan Leta Lestrange adalah saudara tiri. Hmm, makin menarik!

9. Nagini, Hocrux Kesayangan Lord Voldemort

Tokoh ketiga yang mendapat jatah sebagai salah satu key role di layar adalah Nagini. Kemunculannya di trailer yang diperankan oleh aktris berkebangsaan Korea Selatan, Claudia Kim, nyatanya cukup membuat para fans terkejut bukan main. Pasalnya di buku serial Harry Potter sendiri, Nagini yang diwujudkan sebagai ular, tidak mendapat porsi besar untuk membahas masa lalunya. Meski begitu, J.K. Rowling mengaku sudah menyiapkan draft tentang masa lalu Nagini sejak 20 tahun yang lalu.

Voldemort menggunakan Nagini sebagai salah satu hocrux-nya. (Courtesy of Warner Bros Pictures)

Dalam film HARRY POTTER AND THE HALF BLOOD PRINCE, diceritakan bahwa Voldemort menyimpan jiwanya dalam tujuh 'wadah' yang dinamakan Hocrux. Tujuannya tentu saja untuk mencapai kemampuan hidup abadi. Meski tubuh asli Voldemort rusak atau mati namun jiwa-jiwanya tetap hidup aman di dalam benda-benda kesayangannya hingga nanti dibangkitkan kembali. Selain ular Nagini, Voldemort juga menyimpan jiwanya di dalam buku harian, cincin, piala dan sebagainya.

Kemunculan pertama Nagini di dalam bukunya diceritakan di seri HARRY POTTER AND THE GOBLET OF FIRE, seperti yang disebutkan di awal, tak dijelaskan secara rinci bagaimana ular buas tersebut bisa menjadi budak dari penyihir jahat Voldemort. Namun di sekuel FANTASTIC BEAST nanti, kita bisa mengetahui lebih dalam karakter Nagini yang ternyata adalah sosok wanita yang memiliki kutukan Maledictus ini.

10. Kutukan Maledictus

Lagi-lagi J.K. Rowling kembali memakai istilah asing untuk memberi nama-nama dalam dunia sihir. Maledictus sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti Mal (ill - penyakit) dan Dictus (spoken - lisan). Jika dipadukan, kedua kata tersebut membentuk sebuah arti baru yang dinamakan spoken ill atau bisa berarti cursed (kutukan).

Profesor Lupin, salah satu penyihir yang menguasai animagus dan bisa berubah menjadi serigala. (Courtesy of Warner Bros Pictures)

Maledictus adalah kutukan bawaan yang diturunkan secara genetik oleh penyihir perempuan. Itu artinya, tidak ada penyihir laki-laki yang mengidap dan membawa kutukan ini sepanjang sejarah dunia sihir. Berbeda dengan orang yang menguasai ilmu Animagus, seseorang yang mempunyai kutukan Maledictus bisa mengubah dirinya menjadi binatang tanpa terkendali.

Bahkan, bila ia terus-terusan bertransformasi ke bentuk hewan, pengidap Maledictus tidak akan bisa kembali lagi ke wujud manusia. Namun perlu digarisbawahi bahwa seorang Maledictus tidak ditakdirkan untuk menjadi jahat. Keputusan Nagini untuk jadi kaki tangan Voldemort ini tentu mengundang banyak pertanyaan, kapan ya mereka dipertemukan?

11. Inspirasi Nagini Dari Mitologi Indonesia

J.K. Rowling mengaku mendapat inspirasi sosok Nagini setelah membaca referensi dari berbagai mitologi Indonesia. Nama Nagini diambil dari kata Naga yang merupakan kata serapan dari bahasa Sansekerta dan memiliki arti ular. Menurut Rowling, negara Indonesia memiliki beragam etnis dan suku di antaranya ada Jawa, China dan Betawi yang menginspirasinya untuk membuat karakter tersebut.

Lantas apakah Potterhead menerima penjelasan dari sang author mentah-mentah? Tentu saja tidak. Banyak yang mengecam Rowling karena representasi soal Naga yang salah kaprah. Secara sejarah, kata naga sendiri disebarkan oleh kepercayaan Hindu Budha bangsa India yang akhirnya sampai ke Indonesia. Selain itu, alih-alih memakai cast orang India asli, terlepas dari kualitas akting Claudia Kim yang tak perlu diragukan lagi, Nagini justru direpresentasikan oleh aktris asal Korea Selatan.

Selain soal cast, Rowling juga mendapat protes soal isu SARA yang saat ini lagi getol diperbincangkan. Menurut beberapa fans, Rowling bertindak cukup rasis karena menempatkan sosok Nagini yang diperankan orang Asia di bawah Voldemort yang notabene adalah orang Eropa. Isu ini mendapat sorotan cukup tajam namun ada baiknya kita tak berburuk sangka dulu ya sebelum menonton bagaimana eksekusi karakter Nagini di dalam filmnya.

12. Bagaimana Nagini Bertemu Voldermort?

Dalam sekuel FANTASTIC BEAST, Nagini terlihat sering menghabiskan waktu bersama Credence di arena sirkus Arcanus. Namun di serial Harry Potter, sosok Nagini sudah diceritakan dalam bentuk ular dan setia mengikuti tuannya, Lord Voldemort. Soal bagaimana Nagini dan Voldemort dipertemukan, ternyata Potterhead memiliki teori "liar"-nya sendiri.

Pettigrew, animagus tikus yang juga pelahap mau dan kaki tangan Voldemort. (Courtesy of Warner Bros Pictures)

Menurut salah satu teori, Nagini memiliki peran besar dalam kebangkitan Voldemort 20 tahun silam. Disebutkan di dalam buku, salah satu komponen kelahiran bayi Voldemort adalah "sedikit bantuan dari Nagini". Para penggemar meyakini bahwa Nagini melahirkan Voldemort setelah dibuahi oleh salah satu pelahap maut yang bernama Peter Pettigrew.

Tentu saja teori yang satu ini terdengar luar biasa gila dan belum terbukti kebenarannya. Namun merujuk dari bukunya, tanpa sosok Nagini maka Lord Voldemort tidak akan bisa bangkit dan mengusik kehidupan Harry selama 7 season. Nggak heran kenapa masa lalu Nagini pantas untuk dikulik dalam di sekuel FANTASTIC BEAST dan hopefully sampai film kelimanya!

13. Peran Theseus, Lita Lestrange dan Nagini di Film Sekuel

Dari beberapa penjabaran yang udah dijelasin di atas, akhirnya bisa kita simpulkan kalau sekuel ini jadi ajang 'reuni' Newt Scamander ke beberapa tokoh kunci. Untuk menebus rasa penasaran Potterhead, J.K. Rowling akhirnya membahas tuntas beberapa karakter di serial Harry Potter yang nggak mendapat tempat di layar. Di antaranya ya itu tadi, ada Theseus Scamander, Leta Lestrange dan Nagini.

Di sekuelnya, Newt Scamander mendapat tugas dari mantan gurunya di Hogwarts, Albus Dumbledore untuk mengejar penyihir jahat Gellert Grindelwald. Dalam misinya, Newt pun bertemu dengan sang kakak, Theseus Scamander dan tunangannya, Leta Lestrange yang juga bekerja di Kementerian Sihir. Di tengah konflik, ketiga tokoh ini harus mengesampingkan ego masing-masing demi mengalahkan Grindelwald.

Newt dan Tina kembali beraksi di sekuel kali ini! (Courtesy of Warner Bros Pictures)

Di sisi lain, Tina Goldstein juga mendapat tugas untuk menemukan kembali keberadaan Credence Barebone karena kekuatan obscurus-nya yang tak terkendali dan dikhawatirkan akan menghancurkan seisi kota lagi seperti sebelumnya. Sempat diduga sudah meninggal dunia, nyatanya Credence masih hidup dan bersembunyi di sirkus Arcanus bersama si cantik Nagini. Dalam posternya sendiri, Credence dan Nagini sendiri digambarkan dekat banget.

Lantas bagaimana ya ketiga karakter tersebut nantinya saling berhubungan di dalam film? Buat yang udah penasaran banget, pastikan kamu nggak melewatkan cerita fantastis dari dunia sihir di FANTASTIC BEAST: THE CRIMES OF GRINDELWALD yang tayang pada tanggal 16 November mendatang!


REKOMENDASI
TRENDING