HOLLYWOOD

Deretan Fakta Menarik yang Jarang Diketahui dari Doja Cat, Pelantun Lagu Hits TikTok ‘Woman’

Rabu, 15 September 2021 23:56 Penulis: Editor KapanLagi.com

Doja Cat (credit: instagram.com/dojacat)

Kapanlagi.com - Buat kalian yang anak TikTok pastinya sudah tidak asing lagi dengan rapper yang satu ini. Doja Cat, atau yang memiliki nama asli Amala Ratna Zandile Dlamini, telah memulai karirnya di dunia hiburan jauh sebelum ia terkenal. Bahkan jauh sebelum ia mendapatkan rekor pertamanya pada tahun 2018 lalu. Penyanyi serta rapper yang lahir 25 tahun silam ini merilis lagunya yang berjudul So High di SoundCloud pada tahun 2012 dan sejak saat itu namanya mulai menarik perhatian banyak agensi musik.

Selain itu, sebelum terjun ke dunia tarik suara, pelantun lagu Say So ini juga sempat berkecimpung dalam dunia seni tari dan telah menekuni berbagai jenis tari-tarian. Dikutip dalam usmagazine.com, Doja mengatakan bahwa ia mengambil kelas balet, tap, jazz, dan karena ia tinggal di Malibu, ia juga melakukan selancar di kamp selama bertahun-tahun. Bahkan di usianya yang ke sebelas tahun, ia mulai mengambil break dance.

Rapper yang sedang naik daun ini juga menjadi salah satu mengisi acara dalam salah satu acara penghargaan bergengsi, MTV Video Music Awards 2021 yang diselenggarakan pada tanggal 12 September 20021 kemarin. Nah, dalam ulasan kali ini, kita akan membahas deretan fakta menarik tentang Doja Cat. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Doja Memiliki Garis Keturunan Afrika Selatan

Meskipun ia dikenal secara luas sebagai Doja Cat, namun ia memiliki nama asli Amala Ratna Zandile Dlamini, yang lahir dan besar di Los Angeles. Lahir pada tanggal 21 Oktober, 25 tahun silam ini merupakan putri dari seorang aktor bernama Yizo Dumisani Dlamini, di mana ia mendapatkan darah Afrika dari sang ayah

Meski merupakan keturunan Afrika Selatan, rapper Amerika itu secara terbuka berbicara tentang hubungannya tidak begitu dekat atau yang bisa dibilang asing dengan sang ayah. Ia juga mengklaim dalam sebuah wawancara dengan Metro FM tahun lalu bahwa ia telah mencoba untuk berhubungan dengan ayahnya selama bertahun-tahun.

 

 

2. Memulai karirnya di SoundCloud

Penyanyi, rapper, penulis lagu, serta produser, Doja Cat memulai karirnya dengan membuat dan merilis musik di sebuah platform musik online SoundCloud di usia remaja. Mulai saat itu, namanya mulai dikenal dan menarik perhatian penikmat musik kala itu. Karenanya, di usianya yang baru menginjak ke 15 tahun, dengan lagunya yang diunggah melalui platform soundcloud.

Ia telah menjadi superstar sejak tahun 2014 setelah menandatangani kontrak dengan RCA Records dan merilis EP debutnya pada bulan Agustus tahun itu. Sejak saat itu karir Doja Cat meroket. Ia juga telah berkolaborasi dengan penyanyi serta rapper ternama lainnya, termasuk Megan Thee Stallion, Nicki Minaj dan Saweetie.

 

 

3. Sempat Memicu Kontroversi karena Tuduhan Ujaran Kebencian Lebih dari Sekali

Pada bulan Agustus 2018 lalu, Doja memicu kontroversi ketika beberapa tweet yang diduga mengandung perasaan homofobia masa lalunya muncul kembali. Dalam salah satu tweet, pelantun lagu Woman itu menggunakan kata-kata yang dianggap ‘menghina’ untuk merujuk pada Tyler, The Creator.

Pada Mei 2020, Doja kembali mendapat kecaman ketika seorang pengguna Twitter mengklaim bahwa video yang muncul kembali dari sang rapper itu berada di ruang obrolan alt-right. Video itu kemudian ditautkan ke lirik dari Dindy Nuffin tahun 2015 di mana Doja menggunakan hinaan rasis terhadap orang kulit hitam. Meski begitu, meminta maaf atas lagu-lagu lamanya dan untuk berpartisipasi dalam situs ruang obrolan, namun membantah atas keterlibatannya dalam percakapan rasial.

 

 

4. Termasuk ke Dalam Daftar Forbes Under 30

Terlepas dari reaksi keras yang ia terima pada awal tahun lalu dan beberapa tahun ke belakang, rapper AS itu berhasil masuk dalam daftar bergengsi Forbes Under 30 tahun 2020 di Amerika Utara.

Ia mendapatkan kehormatan itu karena kesuksesan besar album 2019-nya yang bertajuk HOT PINK. Forbes bahkan menyebut Doja sebagai "salah satu bintang pelarian teratas tahun 2020" dan bergabung bersama 600 pemuda berprestasi berpengaruh lainnya di seluruh dunia.

Penulis: Munada Choirunnisa

 

 


REKOMENDASI
TRENDING