HOLLYWOOD

Usai Jadi Bahan Bercandaan di Ajang Oscar 2022, Ini 5 Fakta Penyakit Alopecia Yang Diderita Istri Will Smith

Selasa, 29 Maret 2022 18:28 Penulis: Editor KapanLagi.com

credit: instagram.com/jadapinkettsmith

Kapanlagi.com - Artikel ini ditulis oleh: Alvionita Aqila

Pada ajang Piala Oscar 2022 atau Academy Awards ke-94 itu sempat ramai dibicarakan oleh publik karena sebuah insiden mengejutkan. Piala Oscar sendiri merupakan penghargaan seni peran dunia yang digelar pada tanggal 27 Maret 2022 di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Seorang komedian Chris Rock membuat lelucon tentang potongan rambut istri Will Smith. Jada Pinkett Smith diketahui mengidap penyakit Alopecia. Akibat tidak terima dengan Chris yang memakai penyakit istrinya sebagai bahan bercandaan, Will Smith pun naik ke atas panggung dan menampar Chris Rock.

Dalam acara tersebut Jada tampil dengan rambut yang dipotong habis dan ternyata ia baru saja berjuang melawan Alopecia. Penasaran seperti apa penyakit ini? Yuk simak di bawah ini.

1. Penyakit Autoimun

Alopecia Areata adalah penyakit autoimun ketika sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut. Gejala umum yang terjadi pada banyak penderita autoimun adalah kerontokan rambut.

Dilansir dari Medical News Today, efek dari penyakit ini adalah mengalami kebotakan di beberapa bagian tubuh seperti di kepala. Pada alopecia areata, rambut rontok dalam bentuk bulat kecil berukuran seperempat dan terlihat seperti bercak di kepala.

2. Gejala

Gejala dari penyakit yang diderita Jada ini adalah kerontokan rambut yang tiba-tiba berkembang meski hanya dalam beberapa hari atau selama beberapa minggu. Kerontokan rambut ini biasanya juga dibarengi dengan rasa gatal dan terbakar di area kepala.

Penyakit ini pada dasarnya, bisa dialami oleh siapa saja dan tidak mengenal usia maupun jenis kelamin. Menurut penelitian, ada sekitar 6,8 juta orang di Amerika Serikat yang menderita penyakit ini.

3. Penyebab

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab Alopecia. Pada kasus beberapa orang, terutama pria banyak kehilangan rambut kepala seiring bertambahnya usia karena perubahan hormon dan itu dianggap sebagai bentuk Alopecia.

Kemudian pada kasus di komunitas kulit hitam adalah traksi alopecia, yang terjadi ketika rambut ditarik terlalu lama. Alopecia juga bisa disebabkan oleh sistem kekebalan mereka yang mulai menyerang folikel rambut, ini dikenal sebagai alopecia autoimun.

4. Bisa Muncul Karena Faktor Keturunan

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja entah anak-anak, remaja ataupun orang dewasa. Namun, menurut penelitian alopecia areata dapat memiliki komponen genetik yang artinya dapat terjadi akibat faktor keturunan.

Jika orang tua memiliki alopecia areata, tak menutup kemungkinan untuk menurunkannya kepada anak mereka. Maka, anak penderita penyakit alopecia memiliki kemungkinan satu hingga 10 persen untuk memiliki panyakit tersebut juga.

5.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan Alopecia. Namun, mengurangi dan menghilangkan stres diyakini dapat membantu mencegah kerontokan rambut.

Namun di beberapa kasus, dokter mungkin akan memberikan obat untuk merangsang pertumbuhan rambut agar tidak terjadi kebotakan. Beberapa obat-obatannya adalah Minoxidil, Kortikosteroid, Anthralin, dan Diphencyprone.


REKOMENDASI
TRENDING