Aida Nurmala Bocorkan Trik Hadapi Bisnis Fashion New Normal di NUFF 2020

Sabtu, 29 Agustus 2020 10:45 Penulis: Wuri Anggarini
Aida Nurmala Bocorkan Trik Hadapi Bisnis Fashion New Normal di NUFF 2020 (c) KapanLagi

Kapanlagi.com - Pecinta film Indonesia pastinya sudah nggak asing lagi dengan sosok Aida Nurmala. Aktris yang namanya melejit sejak memerankan karakter Andien dalam film ARISAN! ini memang mencuri perhatian. Bakat aktingnya yang mampu membawakan karakter Andien secara alami membuatnya sempat mendapatkan nominasi Aktris Pendukung Terbaik di ajang Festival Film Indonesia tahun 2004.

Perannya dalam film ARISAN! memang membuka jalan terhadap kariernya di dunia akting. Namun, prioritasnya ternyata bukan dalam dunia seni peran karena ia kemudian meneruskan kepemimpinan Studio One, sebuah bisnis yang berkutat dalam bidang fashion show dan promosi produk yang dibangun sang ibu sejak tahun 1975. Studio One makin sukses dan berkembang sejak dipegang oleh Aida, tapi situasi pandemi yang terjadi selama beberapa bulan belakangan ini jelas mempengaruhi.

Lalu, gimana sih Aida menyiasati bisnisnya agar tetap bertahan selama masa new normal ini? Ia berbagi cerita di Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020 bersama Aurellio Kaunang pada Kamis (27/08/2020).  Intip cerita selengkapnya ya!

Keputusan Besar di Awal Pandemi: Go Digital!

Credit: VidioCredit: Vidio

Aktris yang juga berperan dalam film TWIVORTIARE ini mengaku di masa new normal ia sudah mulai kembali beraktivitas di kantor biarpun hanya 1-2 kali dalam seminggu. Sebelumnya ia dan timnya memang melakukan segala sesuatunya dari rumah. Flashback ke masa awal Maret, ia sempat menggarap sebuah show besar yaitu fashion show tunggal Sebastian Gunawan. Nggak disangka, beberapa hari setelah itu situasi semakin nggak terkendali dan imbauan untuk work from home dikeluarkan oleh pemerintah.

Kondisi nggak terduga tersebut pastinya mempengaruhi kerja Studio One sehingga Aida harus membuat keputusan cepat.

“Jadi, di bulan Maret itu aku sudah ngomong dengan tim aku semuanya dari rumah. We’re switching to digital. We’re like it or not, we’re ready or not, we’re switching to digital. Aku pun berpikir dari experience expertise yang kita miliki, apa yang bisa kita buat? Dari situ kita mulai,” jelasnya dalam sesi talkshow tersebut.

Lahir Project Baru

Berawal dari pemikiran apa yang bisa dibuat dengan keahlian yang dimiliki, Aida dan timnya berhasil membuat sebuah proyek baru yang masih terus berjalan hingga saat ini. Sebuah Digital Showroom digarap Studio One yang memungkinkan para pelaku fashion, terutama desainer dan brand owner masih bisa memperkenalkan produknya dan semuanya dilakukan secara digital.

Nggak disangka, ternyata banyak pengalaman dan pelajaran baru yang ia dapat. Saat masih menggelar physical activity, Aida nggak pernah kepikiran untuk melakukan kolabborasi. Bekerja secara digital ternyata mebuka kesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan para expert lain, misalnya di bidang IT hingga PR. Proses ini juga yang kemudian melahirkan sebuah digital event, Raya Fashion Festival yang secara keseluruhan prosesnya dilakukan dari rumah.

Setiap Project Selalu Melahirkan Tantangan Baru

Ketika ditanya tentang tantangan yang dihadapi dalam proses digitalisasi ini, Aida mengungkapkan bahwa hingga hari ini ia dan timnya masih terus melakukan adaptasi. Setiap project baru selalu memberikan pembelajaran baru, entah itu platform baru atau software yang diganti.

Selain itu, penyesuaian jumlah tim juga menjadi tantangan tersendiri. Karena segala sesuatunya dikerjakan secara digital, ada beberapa bagian yang sudah tidak diperlukan lagi. Tim semakin sedikit sehingga perlu penyesuaian juga.

Ternyata ada banyak hal yang bisa dipelajari dari Aida Nurmala tentang bisnis fashion di era new normal ini, kan? Masih ada sederet sesi Fashion Talks yang akan dihadirkan dalam NUFF 2020 hingga 31 Agustus 2020 mendatang, lho. Fashion Talks ini sendiri adalah bagian dari gelaran Nusantara Fashion Festival 2020 yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN melalui Bank BRI untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Temukan update jadwal NUFF 2020 di Instagram @nuff.id dan tonton secara live streaming di www.nusantarafashionfestival.com atau Vidio. Selama gelaran NUFF 2020 berlangsung, nikmati juga promo dan diskon menarik dari Bank BRI berikut ini:

Promo Indonesia Mall

- Diskon 20% untuk transaksi di Indonesia Mall - Tokopedia dengan menggunakan Kartu Kredit BRI Mastercard dan BRI Debit Online.
- Minimal transaksi Rp200 ribu
- Gunakan kode voucher BRIMAL1: Kartu Kredit BRI Mastercard
- Gunakan kode voucher BRIMAL2: BRI Debit Online

Promo Nusantara Fashion Festival

- Diskon 10% di Tokopedia dengan menggunakan Kartu Kredit BRI Mastercard dan BRI Debit Online.
- Minimal transaksi Rp500 ribu
- Gunakan kode voucher BRINUF11: Kartu Kredit BRI Mastercard
- Gunakan kode voucher BRINUF2: BRI Debit Online

Merchant-Merchant dari Bank BRI

- Dapatkan diskon 10%, maksimal diskon Rp50.000,-
- Minimal transaksi Rp500.000,-
- Kuota promo selama periode program 100: Debit Card, 100: Credit Card
- Periode program: 15 Juli - 31 Agustus 2020.
- Berlaku untuk Kartu Kredit BRI dan Debit BRI

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini


REKOMENDASI
TRENDING