SELEBRITI

Kiprah Politik Para Artis di 2018, Dari Jadi Jubir Sampai Jadi Wagub

Kamis, 20 Desember 2018 18:46 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Kapanlagi

Kapanlagi.com - Artis dan politik, tidak sedikit yang meletakkan keduanya pada titik yang berseberangan. Yang kadang dilupa, artis juga warga negara yang miliki hak untuk turut berpolitik. Sindiran soal manfaatkan popularitas semata nyatanya nggak bikin para artis kapok. Toh, terbukti sederet artis berhasil dipercaya dan tunjukkan pencapaian nyata.

Di samping itu, ada pula artis yang apes di kancah ini. Yup, ada yang gagal pilkada, sampai gagal jalankan amanah rakyat. Siapa saja sih mereka? Kapanlagi mencoba merangkum sederet artis yang terlibat politik beserta peristiwa-peristiwa yang menyertainya tahun ini. Yuk simak di bawah!

1. Zumi Zola

Sepak terjang Zumi Zola di kancah politik nggak bisa diremehkan. Pasalnya, ia memulai karier politiknya di tahun 2011 dengan menjadi bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Kelar menjabat, ia naik kelas. Maju ke tingkat provinsi jadi pilihan. Bersama Fachrori Umar, Zumi berhasil menangkan kursi gubernur dan wagub Jambi untuk periode 2016-2021.

Meski untung bisa diraih, malang nggak bisa ditolak. Zumi dinyatakan jadi tersangka dalam kasus dugaan tindak korupsi pada Februari tahun ini. Hasil pemeriksaan lantas menempatkannya sebagai terdakwa dan dituntut delapan tahun penjara serta denda Rp 1 miliar.

Yang cukup jadi perhatian publik adalah, tangisan pria 38 tahun ini di persidangan. Yup, Zumi membacakan pledoi atau nota pembelaan sambil terisak pada Kamis (22/11) lalu. Zumi memohon agar uang simpanannya dikembalikan guna hidupi anak istrinya.

2. Pasha Ungu

Politik ternyata menggoda jiwa kepemimpinan Pasha Ungu. 2016 lalu ia maju dalam pilkada Kota Palu sebagai wakil walikota mendampingi Hidayat. Gonjang-ganjing masa kepemimpinan mereka terjadi saat gempa Palu menerpa pada 28 September lalu. Hanya dalam waktu singkat kota Palu porak poranda.

Beberapa hari setelah gempa, beredar foto Pasha Ungu tengah tidur di tenda pengungsian. Gempa ini pun bikin Pasha keluarkan statemen siap mengundurkan diri jika dirasa tidak bisa membangun Kota Palu kembali.

"Saya secara pribadi sebagai wakil wali kota kalau memang dianggap tidak maksimal menjalankan pemerintahan, saya tidak ada masalah. Saya siap diturunkan atau mengundurkan diri," tukasnya seperti yang dilansir dari Liputan 6.

3. Ingrid Kansil

Nama ini barangkali nggak terlalu familiar di telinga KLovers, tapi begitu melihat wajahnya, pasti langsung ingat kalau ia sudah kerap wara-wiri di sejumlah sinetron. Yup, Inggrid Kansil memang bukan artis yang neko-neko, kecuali di bidang politik.

Dilansir dari Liputan 6, Januari lalu Ingrid resmi maju di Pilkada Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bersama Jaro Ade, Ingris diusung Partai Golkar, Demokrat, PKS, Nasdem, dan PAN. Nggak menang, pasangan ini lantas layangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) atas dugaan kecurangan pada penyelenggaraan Pilkada.

4. Pandji Pragiwaksono

Nama yang satu ini barangkali dikenal KLovers sebagai stand up komedian. Nggak salah sih, terlebih lagi materi yang ia bawakan cukup berbeda dari komika lainnya. Yup, topik seputar politik kerap kali dipilih jadi lawakannya.

Ketertarikan Pandji pada politik bikin ia terlibat juga secara praktis, yakni jadi juru bicara pasangan Anies-Sandy di pilkada DKI Jakarta. Keterlibatan Pandji itu timbulkan pro-kontra bagi para penggemarnya. Padahal, sebelumnya Pandji sudah pernah terlibat jadi tim sukses Faisal Basri pada Pilkada Jakarta tahun 2012 silam.

5. Deddy Mizwar

Tahun 2018 mejadi tahun terakhir Deddy Mizwar menjabat sebagai wakil gubernur Jawa Barat. Bersama Ahmad Heryawan Deddy berikan banyak pencapaian bagi Jawa Barat, salah satunya peningkatan APBD serta Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) yang di atas rata-rata nasional.

Kelar menjabat, Deddy maju lagi di ranah yang sama pada pilkada 2018 berpasangan dengan Dedi Mulyadi. Namun kekalahan pahit harus ditelan. Ya, pasangan ini harus puas berada di posisi ketiga dengan jumlah suara sebanyak 25,72 persen.

6. Hengky Kurniawan

Pilkada 2018 diramaikan juga oleh Hengky Kurniawan. Lama nggak nongol di layar kaca, Hengky ternyata fokuskan diri di dunia politik. Tahun ini ia calonkan diri menjadi Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat bersama Aa Umbara Sutisna. Pasangan ini menang kalahkan paslon lain, yakni Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati dan Elin Suharliah-Maman Sulaeman Sunjaya.

7. Tantowi Yahya

Sudah nggak lagi seliweran di program-program kuis ataupun program musik country, ternyata Tantowi Yahya punya kesibukan lain. Sejak Maret 2017 lalu ia didapuk menjadi Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru.

Setahun menjabat, pencapaian diplomasi Tantowi nggak main-main. Sejumlah kerjasama dijalin antara Indonesia dan Selandia Baru, seperti kerjasama di bidang pendidikan, smart city, pengembangan pertanian, dll.

8. Emil Dardak

Ketimbang dikenal sebagai artis, suami Arumi Bachsin ini lebih tenar sebagai politisi. Yup, belum kelar menjabat sebagai bupati Trenggalek, Emil Dardak sudah maju dalam gelangga pilkada Jawa Timur.

Menjadi wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Khofifah Indar Parawansa, pasangan ini menang dengan perolehan 10.465.218 suara atau 53,55 persen. Hem, Kapan lagi Jawa Timur punya Wakil Gubernur kece begini?

 


REKOMENDASI
TRENDING