SELEBRITI

Berawal Dari Minta Kerjaan, Armand Maulana Tak Sangka Bisa Seperti Sekarang

Jum'at, 25 September 2020 16:31 Penulis: Canda Dian Permana

Armand Maulana © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Siapa tak kenal dengan Armand Maulana. Namanya begitu melegenda sebagai vokalis band GIGI. Pengalaman serta pengetahuannya dalam bermusik, tak jarang membuatnya didapuk sebagai juri ajang pencarian bakat menyanyi.

Saat ini, pria 49 tahun itu masih aktif bersama GIGI. Aksi panggungnya pun tetap energik. Di luar grup bandnya, Armand juga memiliki proyek solo sebagai penyanyi.

Kesuksesan yang diraih, diakui Armand bukan lah karena faktor dirinya seorang, namun banyak orang lain yang berjasa dalam pencapaian karirnya. Salah satunya adalah Bens Leo, wartawan yang kini menjadi pengamat musik.

"Sebenarnya saya ini dilahirin sama mas Bens (Leo) ya," ungkap Armand saat berbincang bersama Bens Leo, Kamis (24/9/2020).

1. Armand Terpilih Sebagai Vokalis Terbaik

Perjumpaan Armand dengan Bens Leo terjadi pada tahun 1989. Saat itu, Armand bersama band bentukannya, Band SMA 5 mengikuti festival pelajar se-Jawa dan Bali. Sementara Bens Leo sebagai juri.

Singkat kata, Band SMA 5 terpilih sebagai juara umum, sedangkan Armand terpilih sebagai vokalis terbaik. Armand pun memuji kejelian Bens Leo dalam mencari potensi peserta festival.

"Mas Bens jeli melihat potensi saya waktu ikut festival band se-Jawa Bali itu tahun 89. Saya ingat betul, mas Bens yang memberikan piala sebagai the best vokal waktu itu," kenang Armand.

2. Hijrah ke Jakarta

Hubungan Armand dengan Bens Leo terus berlanjut. Lulus SMA, Armand hijrah ke Jakarta untuk kuliah di Universitas Indonesia. Di Jakarta, Armand menghubungi Bens Leo.

"Saya bilang ke mas Bens, saya diterima di UI, kasih saya kerjaan dong. (Bens Leo bilang) 'Ya sudah sini main ke Tebet. Pas main, mas Bens ngasih kaset buat ikut Festival Lagu Perjuangan. Mas Bens bilang waktu itu, nyanyiin nih lagu, nanti bakal disiarin di tv, wuah senang banget dikasih kesempatan. Di situ juga saya dapat lagi juara," ungkap suami Dewi Gita ini.

Selepas memenangkan Festival Lagu Perjuangan Tingkat Nasional, karir Armand Maulana semakin moncer.

"Dari situ betulan nama saya diperhitungkan banget. Gara gara itu saya langganan banget di TVRI , Aneka Ria Safari segala macam," kenang Armand.

3. Berterima Kasih Kepada Bens Leo

Armand kemudian dilirik Raidy Noor untuk menjadi vokalis Next Band dan kemudian direkrut Roni Sianturi untuk menjadi anggota Trio Libels menggantikan Edwin yang sedang belajar di Amerika. Dan pada akhirnya bergabung bersama Dewa Budjana, Thomas, Ronald, dan Baron dalam band GIGI.

Armand pun berterima kasih kepada Bens Leo yang sudah berjasa terhadap kariernya. Armand mengaku tak menyangka, sejatinya saat itu minta pekerjaan kepada Bens Leo bukan lah untuk menjadi penyanyi.

"Nggak nyangka sih mas yang tadinya cuma mau minta kerjaan untuk jadi panitia acara tiba-tiba dikasih job nyanyi, alhamdulillah," ucap Armand.

"Jadi dulu itu gini lho maksud saya minta kerjaan itu, bukan nyanyi. Mas Bens kan dulu sibuk banget tuh, saya pikir mas Bens punya kegiatan apa, saya diikutin jadi panitia biar banyak teman di Jakarta karena saya orang Bandung," ucap Armand diiringi tawa.


REKOMENDASI
TRENDING