First Travel Bermasalah, Dari Syahrini Hingga Almarhum Jupe Pernah Diendorse

Sabtu, 19 Agustus 2017 13:15 Penulis: Ahmat Effendi
First Travel Bermasalah, Dari Syahrini Hingga Almarhum Jupe Pernah Diendorse Syahrini ©KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Beberapa waktu belakangan, perhatian publik tersita dengan proses hukum dari biro perjalanan First Travel. Dari sekitar 70.000 calon jamaah umrah yang mendaftar di biro perjalanan tersebut, dikabarkan baru 35.000 yang berangkat.

Karena banyaknya jamaah yang dirugikan, hal ini membuat Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri memilih memeriksa pihak-pihak yang terlibat. Begitu juga dengan sejumlah artis yang ternyata pernah diendorse oleh first travel.

First Travel selama ini diketahui kerap menggunakan jasa artis untuk mempromosikan biro perjalanan mereka. Di antara artis-artis tersebut ada Syahrini, Ria Irawan hingga almarhum Julia Perez. Sebelum meninggal, Jupe dikabarkan melakukan perjalanan terakhir ke tanah suci bersama first travel.

Untuk Syahrini misalnya, pada tanggal 26 Maret 2017 lalu wanita cantik tersebut sempat pergi ke tanah suci bersama 18 orang anggota keluarganya. Mereka menggunakan jasa first travel dan mendapatkan fasilitas kelas VVIP.

Kerap bepergian ke luar negeri, Syahrini terbang bersama first travel saat umrah pada tahun 2017 ini bersama 18 anggota keluarganya. ©KapanLagi.comKerap bepergian ke luar negeri, Syahrini terbang bersama first travel saat umrah pada tahun 2017 ini bersama 18 anggota keluarganya. ©KapanLagi.com

"Nah ini mereka (artis yang diendorse) bisa mengetahui dan tidak mengetahui. Tentu perlu diperiksa," kata Kabareskrim Mabes Polri Komjen Ari Dono Sukmanto di Kantor Bareskrim Polri di gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat, Jumat (18/8).

Demi mengungkap sejauh apa keterlibatan artis yang diendorse, pihak kepolisian berencana melakukan pemeriksaan. Namun demikian Bareskrim belum menyebutkan siapa saja artis yang bakal dipanggil. "Siapa yang tidak mau dibiayai umrah. Arah Bareskrim menggali sejauh dan sebanyak apa orang yang terlibat dalam kasus tersebut," pungkasnya.

Dalam kasus dugaan penipuan First Travel, saat ini telah ditetapkan sejumlah tersangka. Di antara mereka ada Direktur Utama First Travel, Andika Surachman. Istri dari Andika yaitu Anniesa Hasibuan yang juga menjabat sebagai Direktur, dan yang ketiga ialah Komisaris Keuangan, Siti Nuraidah alias Kiki Hasibuan yang sekaligus menjadi adik dari Anniesa.

(mdk/sjw)

Editor:

Ahmat Effendi


REKOMENDASI
TRENDING