SELEBRITI

Dennis 'Lyla' Ajukan Banding Karena Lokasi Pengadilan, Begini Tanggapan Pihak Thalita Latief

Rabu, 04 Agustus 2021 12:38

Thalita Latief ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Pengadilan Agama Jakarta Pusat telah mengabulkan gugatan cerai yang diajukan oleh Thalita Latief. Tidak hanya soal gugatan, majelis hakim juga memberikan hak asuh anak pada pesinetron tersebut.

Diwakili oleh Makhfuzat Zein selaku kuasa hukum Dennis Riski, pihaknya menerima keputusan tersebut sebagai yang tergugat. Hanya saja mereka berniat mengajukan banding berkaitan dengan lokasi pengadilan.

Sebagaimana sudah diberitakan sebelumnya, Dennis merasa Pengadilan Agama Jakarta Pusat tidak memiliki wewenang mengadili perkaranya. Karena secara domisili, seharusnya ditangani oleh Pengadilan Agama Tigaraksa.

"Banding bukan soal putusan hakim, tetapi terkait proses. Kita mau menegakkan proses yang benar. Thalita Latief tidak tinggal di Pejompongan, tetapi di Bintaro. Makanya kita menilai majelis hakim keliru memutuskan perkara yang tidak wewenang dia," kata Makhfuzat Zein saat dihubungi awak media, Kamis pekan lalu.

1. Harus Ada Bukti

Keinginan banding Dennis Riski dengan alasan lokasi pengadilan mendapat tanggapan dari Maruli Tampubolon selaku kuasa hukum Thalita Latief. Menurutnya, upaya tersebut tidak berdasar karena sebelumnya sudah pernah diajukan saat eksepsi dan ditolak oleh pengadilan.

"Mereka nggak bisa membuktikan siapa yang mendalilkan. Dibilang Pengadilan Agama Jakarta Pusat tidak memiliki wewenang untuk mengadili, buktikan dong. Kalau nggak ada buktinya mau banding ya terserah," ucap Maruli lewat video conference.

Selama sidang, Maruli menyebut bila pihak Dennis tidak menghargai jalannya persidangan lantaran sering absen. Kini ketika sudah diputus dan ingin ajukan banding, langkah tersebut dirasa kurang tepat.

"Mereka dalam (sidang) pembuktian aja nggak hadir. Kenapa mereka nggak menghadiri persidangan itu? Apakah mereka menghargai persidangan ini yang sangat terhormat? Apakah mereka menghargai hakim yang sudah hadir dan mengadili permasalahan ini? Terus sekarang (minta) banding. Walaupun itu diberikan secara hukum, tapi secara etika, mana etikanya sebagai advokat? Mana etikanya menghargai pengadilan?" tandas pria yang juga dikenal sebagai penyanyi tersebut.

2. Hak Asuh Anak

Dan terkait hak asuh anak, meskipun kini sudah jatuh pada Thalita Latief, pihak Dennis Rizki tetap diperbolehkan untuk bertemu dengan anaknya. Keduanya memiliki hak yang sama dan Thalita tidak boleh menghalang-halangi.

"Itu sudah ketentuan, kedua belah pihak punya hak yang sama terhadap anak. Salah satu pihak tidak boleh menghalangi bertemu dengan anak. Tetapi barangkali yang perlu dipertimbangkan adalah teknisnya. Karena anak ini bukan barang mati, tapi makhluk hidup yang memiliki akal dan perasaan. Pendekatannya humanis, disesuaikan dengan kondisi anak," tegas Jajang Sudrajat selaku Humas Pengadilan Agama Jakarta Pusat ditemui usai sidang di kantornya.

REKOMENDASI
TRENDING