Hamil Besar, Oki Setiana Dewi Pelajari Sejarah dan Budaya Islam di Jerman

Jum'at, 03 November 2017 09:15 Penulis: Guntur Merdekawan
Hamil Besar, Oki Setiana Dewi Pelajari Sejarah dan Budaya Islam di Jerman Oki Setiana Dewi

Kapanlagi.com - Oki Setiana Dewi dalam beberapa waktu terakhir ini terlihat sangat sibuk bepergian ke luar negeri. Tujuan utamanya adalah untuk mempelajari sejarah dan juga budaya Islam yang ada di negara-negara kunjungannya tersebut.

Padahal seperti diketahui, Oki saat ini tengah hamil anak ke-3, di mana usia kandungannya sudah memasuki trimester akhir. Namun hal itu tak menghentikan bintang film KETIKA CINTA BERTASBIH ini untuk tetap menjalani aktivitas. Yang terbaru, Oki mengunjungi Jerman.

"Setahun ini di kehamilan ketiga, aku bepergian ke Australia, Spanyol, dan baru pulang dari Jerman semalem. Di mana ketika saya pergi ke Jerman dalam rangka belajar, saya dapat beasiswa untuk belajar muslim di sana. Saya berangkat Maret ke Australia dan Spanyol. Terus berangkat ke Jerman dan baru pulang Oktober ini. Ketika saya berada di sana, cuaca masih dingin. Karena Maret pasca musim dingin. Oktober masuk musim dingin. Saya pakai pakaian di Jerman sehari-hari itu coat terus-menerus. Kenapa saya lagi senang banget tahun ini pakai coat, pakai jaket atau blazzer yang menutupi baju sehari-hari," ujar kakak dari Ria Ricis itu ketika ditemui di JFW, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (23/10).

"Dua minggu mendapatkan beasiswa dari pemerintah Jerman yang diselenggarakan oleh Gote Institut, kebudayaan Jerman yang mengirim aplikasinya sebanyak 14 ribu orang yang terpilih berasal dari latar belakang jurnalis, akademis, akademisi, dan penulis. Saya menempuh S3 di jurusan kajian Islam, konsentrasi pendidikan Islam di UIN dan perguruan Ilmu Alquran. Saya dua minggu dari 27 September sampai 21 Oktober mengunjungi kampus di Jerman. Kotanya Berlin, Gotingen, Frankfrut. Kami mengunjungi profesor di sana untuk mempelajari islamic studies dan biologis. Mengunjungi muslim dan perpustakaan. Kami menemukan ribuan ratusan manuscript Indonesia di Berlin, Jerman," sambungnya lebih jauh.

Oki habiskan 2 minggu di Jerman untuk belajar Islam © KapanLagi.com®/Agus ApriyantoOki habiskan 2 minggu di Jerman untuk belajar Islam © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Banyaknya aksi terorisme dalam beberapa terakhir yang mengatasnamakan Islam membuat banyak orang jadi terkena sindrom 'Islam Phobia'. Namun ternyata, di Jerman, kehadiran para pengungsi muslim atau pemeluk Agama Islam diterima dengan sangat baik.

"Saya belajar bahwa Jerman mempelajari sejarah negara Indonesia, apalagi sejarah negara itu sendiri. Karena bangsa yang besar mempelajari sejarah bangsanya. Saya mempelajari islamic phobia dan radikalisme bahwa itu yang sedang diperbincangkan setiap hari. Kemudian isu mengenai pengungsi muslim sangat banyak dan diterima baik oleh pemerintah Jerman, diberikan shelter atau tempat penampungan, diberikan uang bulanan dan pelatihan agar bisa hidup mandiri di Jerman," pungkas Oki.

(kpl/pur/gtr)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING