Ini Deretan Mas Kawin Yang Diterima Seleb Indonesia Saat Dinikahi Pria Malaysia

Selasa, 12 September 2017 08:15 Penulis: Ahmat Effendi
Ini Deretan Mas Kawin Yang Diterima Seleb Indonesia Saat Dinikahi Pria Malaysia Artis Dinikahi Pria Malaysia İistimewa

Kapanlagi.com - Sekitar 10 tahun terakhir banyak selebriti Indonesia yang dinikahi oleh pria asal Malaysia. Berbagai cerita muncul dari perkawinan tersebut. Ada yang terus langgeng hingga sekarang, namun ada juga yang berakhir dengan perpisahan yang tak menyenangkan.

Satu hal yang banyak dibahas terkait pernikahan selebriti Indonesia dengan pria Malaysia tersebut adalah tentang mas kawin. Apalagi di sebagian wilayah Malaysia ada aturan yang menetapkan mas kawin, dan pemberian mas kawin tersebut berbeda-beda sesuai status sosial dan pernah atau tidaknya seorang wanita menikah.

Aturan Mas Kawin di sejumlah wilayah di Malaysia. ŠJakim sofianaznim.comAturan Mas Kawin di sejumlah wilayah di Malaysia. ŠJakim sofianaznim.com

Di antara sejumlah nama yang cukup menyita perhatian ada sosok Manohara Odelia Pinot, Bunga Citra Lestari, Tya Arifin, Prisia Nasution dan yang terakhir Laudya Cynthia Bella. Berikut cerita perkawinan sejumlah selebriti tersebut.

1. Manohara & Tengku Muhammad Fakhry Petra

Manohara dan Tengku Fakhry. 姆stimewaManohara dan Tengku Fakhry. 姆stimewa

Tanggal 26 Agustus 2008, Manohara menikah dengan Pangeran Kelantan, Malaysia yaitu Tengku Muhammad Fakhry Petra. Pasangan ini menikah dengan mas kawin berupa uang sebesar 50.000 ringgit (Rp 156 juta). Namun pernikahan beda negara tersebut tak berlangsung lama.

Sejatinya mas kawin yang didapatkan Manohara cenderung lebih besar dari sejumlah pernikahan di Malaysia lainnya. Hal ini karena di Kelantan tidak ada aturan yang membatasi berapa besar mas kawin harus diberikan.

Pernikahan Manohara sendiri berakhir dengan penuh kontroversi. Manohara dikabarkan mendapatkan perlakuan kasar dari mantan suaminya. Selain itu bintang cantik tersebut juga sempat melarikan diri dari Tengku Fakhry ketika sedang pergi ke Singapura.


2. Bunga Citra Lestari & Ashraf Sinclair

Pernikahan BCL dan Ashraf sempat menyita perhatian dua negara. İKapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaPernikahan BCL dan Ashraf sempat menyita perhatian dua negara. İKapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Di tahun yang sama dengan Manohara, artis cantik Bunga Citra Lestari menikah dengan Ashraf Sinclair. Pernikahan pasangan ini berlangsung di Masjid Al Bina, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (08/11/2008), dan menjadi salah satu pernikahan paling mewah selebriti Indonesia saat itu.

Ashraf sendiri menyerahkan mas kawin berupa sepasang antin berlian 1,5 karat. Tak dijelaskan berapa harga berlian tersebut, namun rangkaian pernikahan BCL dengan Ashraf terhitung cukup panjang.

Saat baru menikah, BCL dan Ashraf pun sempat menyita perhatian publik Malaysia. Kala itu mereka datang ke negara tersebut dengan jet pribadi, dan dijemput dengan mobil Roll Royce di Bandara Subang, Selangor. Koran-kora Malaysia pun menjadikan kedatangan keduanya sebagai headline. Tak hanya itu dua kali pesta pernikahan BCL di Malaysia sempat ditayangkan stasiun TV setempat.

3. Tya Arifin dan Asyraf Khalid

Artis cantik Tya Arifin dinikahi oleh Bangsawan Malaysia. İKapanLagi.com/Agus ApriyantoArtis cantik Tya Arifin dinikahi oleh Bangsawan Malaysia. İKapanLagi.com/Agus Apriyanto

Di tahun 2015, artis cantik Tya Arifin dipersunting oleh Asyraf Khalid, satu pria yang masih memiliki garis keturunan bangsawan putra Datuk Khalid Mohammed Jiwa. Asyraf juga merupakan anak tiri dari penyanyi cantik Siti Nurhaliza.

Pernikahan Tya Arifin dan Asryaf sendiri berlangsung spesial dengan mas kawin berupa uang sebesar 1000 ringgit (Rp 3,1 juta). Menurut aturan uang sebesar itu diberikan secara spesial untuk wanita yang belum menikah dari keluarga terpandang.

Meski Mas Kawin yang diterima Tya tidak terlalu besar, namun pernikahan tersebut berlangsung dengan sangat megah. Asyraf Khalid memang bukan orang biasa, saat ini pria tersebut menjabat sebagai Direktur dari brand kosmetik besar Malaysia SimplySiti, serta menjabat sebagai President dari Generasi Bersatu Malaysia.

4. Prisia Nasution & Iedil Putra

Prisia Nasution dinikahi seorang duda bernama Iedil Putra di Indonesia. İKapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaPrisia Nasution dinikahi seorang duda bernama Iedil Putra di Indonesia. İKapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Pada tanggal 1 Juni 2016, artis cantik Prisia Nasution menikah dengan aktor dan sutradara Malaysia bernama Iedil Putra. Pernikahan tersebut berlangsung di Indonesia, tepatnya di Hotel Novotel Bogor Golf Resort, Rabu (01/06/2016).

Tak heran mahar yang diberikan oleh Iedil lebih banyak dari standar aturan yang biasa diberlakukan di Malaysia. Pria tersebut memberikan mas kawin berupa gelang emas 16 gram dan juga uang tunai sebesar 1616 ringgit (Rp 5 juta).

Angka 1616 rupanya memiliki arti tersendiri karena berkaitan dengan tanggal pernikahan pasangan tersebut. Setelah menikah, Prisia dan Iedil merupakan pasangan yang kerap berpetualang ke berbagai tempat baru. Mereka juga hobi menjalani aktivitas yang tak monoton, misalnya saja dengan hangout bersama dengan nonton konser Foo Fighters di Thailand.

5. Laudya Cynthia Bella & Engku Emran

Laudya Cynthia Bella dinikahi seorang duda asal Malaysia. 姆nstagram.com/laudyacynthiabellaLaudya Cynthia Bella dinikahi seorang duda asal Malaysia. 姆nstagram.com/laudyacynthiabella

Yang terakhir adalah artis cantik Laudya Cynthia Bella, ia dinikahi oleh pria bernama Engku Emran pada tanggal 8 September 2017. Pasangan ini menikah dengan Mas Kawin berupa uang sebesar 300 Ringgit (Rp 940 ribu). Ternyata ada arti di balik pemberian Mas Kawin yang tak terlalu besar tersebut.

Di Selangor misalnya, mas kawin berupa uang sebesar 300 RM diberikan kepada sejumlah wanita, di antaranya janda atau anak dara dari orang kebanyakan. Puteri anak raja yang bukan pewaris, dan anak perempuan orang besar.

Meski demikian Engku Emran sendiri saat ini dikenal sebagai sosok CEO & COO dari perusahaan media. Sebelum menikah dengan Bella, pria ini merupakan seorang duda dan telah memiliki satu orang anak Perempuan.

(kpl/sjw)

Editor:

Ahmat Effendi


REKOMENDASI
TRENDING