Jadi Langganan Artis, Para MUA Ungkap Sosok Favorit Mereka

Jum'at, 29 September 2017 18:43 Penulis: Subi Akto
Jadi Langganan Artis, Para MUA Ungkap Sosok Favorit Mereka Andy Chun, Ryan Ogilvy & Anpa Suha. / © instimewa

Kapanlagi.com - Kesuksesan karir seorang selebriti memang tak hanya dipengaruhi oleh talenta dan karya mereka saja. Orang-orang yang ikut mendukung di belakang mereka seperti halnya keluarga, teman dan penggemar pun juga ambil peran penting. Tanpa kehadiran mereka, para artis tak akan bisa merasakan kepopuleran.

Selain orang-orang terdekat yang selalu mendukung, ada pula beberapa sosok yang membuat jalan karir seorang selebriti menjadi lancar. Mulai dari manajer yang siap sedia membantu kebutuhan mereka, hingga make-up artist yang senantiasa memastikan para selebriti hadir di setiap kesempatan dengan penampilan yang mempesona.

Laudya Cynthia Bella makin cantik dengan polesan make-up karya MUA tanah air. /©instagram.com/andychunmakeupLaudya Cynthia Bella makin cantik dengan polesan make-up karya MUA tanah air. /©instagram.com/andychunmakeup

Di tanah air sendiri, ada beberapa nama make-up artis atau mua yang menjadi langganan artis. Bahkan karena sering mengenakan jasa mereka, pelukis wajah tersebut pun menjadi begitu dekat dengan beberapa nama selebriti. Mereka juga sering diajak terlibat dalam project seleb seperti saat pemotretan hingga momen liburan artis.

Hampir setiap hari menghias wajah artis dengan make-up, deretan MUA ini pun menjadi dikenal oleh mata publik. Pada kesempatan kali ini mereka pun berbagi cerita soal pengalaman mereka bekerjasama dengan selebriti dan mereka sempat sebut nama bintang tanah air yang jadi favorit mereka.

Ryan Ogilvy

Nama pria yang satu ini memang sudah tak asing lagi di kalangan para selebriti tanah air. Ryan Ogilvy memulai karirnya di tahun 2005 sebagai make-up artist untuk aktris cantik Dian Sastrowardoyo. Sempat berbincang dengan tim KapanLagi.com, ia pun bercerita soal pertemuannya dengan sosok pemeran cinta dalam film AADC tersebut.

"Gue suka make-up karena sering lihat iklan di tv atau majalah. Gue punya mimpi suatu saat mau menangani iklan tapi waktu itu belum tahu mau jadi apa. Tahun 2005 gue keterima di salah satu brand kosmetik sebagai head make-up artis. Udah kenal selebriti saat itu. Ketemu Dian Sastro di majalah Gadis. Saat itu make-up artis pribadinya Dian lagi gak bisa akhirnya gue yang diminta make-up Dian Sastro. Ternyata cocok terus Dian ngajak kerjasama. Tahun 2007 Dian ngasih iklan syutingnya di Jepang. Itu iklan pertama gue," kenang Ryan.

Ryan Ogilvy merupakan salah satu MUA populer di kalangan artis. © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaRyan Ogilvy merupakan salah satu MUA populer di kalangan artis. © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Bukan hanya Dian, Ryan juga menangani make-up berbagai seleb tanah air yang kini memang sedang begitu naik daun. Contohnya seperti Tatjana Saphira, Chelsea Islan, Pevita Pearce dan masih banyak lagi. Ryan pun sering terbang ke luar negeri untuk ikut rombongan artis saat mereka sedang ada sebuah project di sana. Pria ini resmi fokus jadi mua di tahun 2010.

Bekerjasama dengan artis tentu mendapatkan banyak keuntungan bagi Ryan, apalagi jika make-up yang ia hadirkan tampak begitu bagus dan dipuji banyak orang. Ryan pun sempat menceritakan kalau para artis tak memandang merk atau harga dari alat make-up yang para mua pakai.

"Gak ada. Gue gak terlalu ribet dengan barang yang brand tertentu. Walaupun murah tapi bagus artis gak pernah keberatan dan percaya aja. Gak ada komplain. Semuanya percaya dan percaya itu gimana kita ngebangun-nya. Kualitas yang berbicara," pungkasnya.

Dian Sastro merupakan seleb favorit Ryan untuk di make-up. /©instagram.com/ryanogilvyDian Sastro merupakan seleb favorit Ryan untuk di make-up. /©instagram.com/ryanogilvy

Selama menjalani karir sebagai seorang mua tentu Ryan bertemu dengan berbagai artis. Namun, ada satu nama yang selalu berkesan baginya. "Dian Sastro. Waktu jaman SMP-SMA itu dia artis idola gue. Saat itu kan lagi AADC. Posternya dia tuh di kamar gede. Akhirnya gue dipertemukan dan masih hubungan baik. Tapi yang lain juga punya kesan masing-masing. Kaya misalnya gue ke Hong Kong sama Raline Shah terus ke Jepang sama Sandra Dewi. Gue banyak kenal mereka makin dalam ketika pergi bareng," tuturnya.

Andy Chun

Semakin bagus hasil make-up yang dikerjakan, semakin naik pula nama make-up artist tersebut. Andy Chun merupakan salah satu mua yang kini tengah ramai diperbincangkan. Pria ini memulai karirnya dengan bekerjasama dengan majalah dan iklan. Setelah itu ia pun kenal dengan berbagai seleb tanah air sampai akhirnya bekerjasama.

Banyak yang bertanya-tanya memang tentang masalah bayaran yang didapat seorang mua untuk menangani para artis. Namun, Andy mengaku kalau masalah bayaran tak ada bedanya saat bersama dengan orang biasa ataupun selebriti. "Untuk fee sama saja, gak ada beda," tuturnya.

Andy Chun mengaku keuntungan kerjasama dengan seleb bisa menaikkan namanya. /©instagram.com/andychunchunAndy Chun mengaku keuntungan kerjasama dengan seleb bisa menaikkan namanya. /©instagram.com/andychunchun

Berbagi kisahnya dengan tim KapanLagi.com, Andy mengungkapkan kalau keuntungan bekerjasama dengan selebriti tentunya bisa menaikkan namanya. Selain itu, pria yang satu ini mengaku tak punya patokan atau gaya dalam menerapkan make-up. "Gak ada patokan, follow my feeling saja," ujarnya.

Belakangan ini tren pemotretan memang sedang marak di kalangan para artis. Hal ini pun memberikan keuntungan tersendiri kepada Andy, ia sering bekerjasama dengan beberapa nama fotografer seperti Glenn Prasetya, Robin Alfian, Mario Photographie dan masih banyak lagi.

Sahabat dekat, Andy sempat merias Bella saat event pre-wedding. /©instagram.com/andychunchunSahabat dekat, Andy sempat merias Bella saat event pre-wedding. /©instagram.com/andychunchun

Di dunia panggung hiburan sendiri belakangan ini tengah ramai diperbincangkan soal pernikahan selebriti. Salah satunya adalah Laudya Cynthia Bella yang resmi menikah dengan Engku Emran. Dalam berbagai potret pre-wedding pasangan tersebut, Bella tampil begitu cantik dengan riasan wajah yang flawless.

Ternyata kecantikan Bella yang tampak makin mempesona dengan make-up tersebut merupakan karya dari Andy. Sosok bintang film SURGA YANG TAK DIRINDUKAN itu pun ternyata merupakan kawan dekatnya. Andy menyebut Bella sebagai artis favorit-nya untuk di make-up. "LCB (Laudya Cynthia Bella). She's my best friend," ungkap Andy.

Anpa Suha

Bila kalian sering menengok Instagram milik Syahrini, pasti kenal dengan MUA yang satu ini. Anpa Suha memang merupakan make-up artist langganan penyanyi fenomenal tersebut. Namun, pria yang satu ini mengawali karirnya saat merias Vina Panduwinata untuk mini konsernya. Sejak itu banyak artis lain yang percaya dengan keahlian Anpa.

Cukup lama menjalani karirnya sebagai pelukis wajah, tentu terkadang ada pula seleb yang meminta make-up yang unik. Anpa pun sempat bercerita kepada tim Kapanlagi tentang sosok Ivan Gunawan yang memintanya mengenakan bulu mata unik hingga batu swarovski untuk aksesoris make-up.

Anpa ungkap riasan unik yang diminta oleh Ivan Gunawan. /©instagram.com/anpasuha_officialAnpa ungkap riasan unik yang diminta oleh Ivan Gunawan. /©instagram.com/anpasuha_official

"Ya pernah, untuk Ivan Gunawan saat Ivan masih sering memakai riasan, untuk keperluan MC, Show off air. Igun meminta saya untuk merias dengan konsep-konsep unik dan lucu memakai swarovski dan bulu mata bulu-bulu," ceritanya kepada tim KapanLagi.com.

Anpa pun sempat mengaku kalau pekerjaan sebagai seorang mua tak akan lepas dari kerjasama dengan fotografer. Untuk pemotretan pre-wedding, pernikahan, produk iklan dan lain-lain, ia sering bekerjasama dengan Axioo, The Leonardi, Moreno, FE Photography dan masih banyak lagi.

Kecerian Anpa saat bekerjasama dengan Syahrini. /©instagram.com/anpasuha_officialKecerian Anpa saat bekerjasama dengan Syahrini. /©instagram.com/anpasuha_official

Pria ini pun secara terang-terangan menyebutkan range harga yang ia patok untuk jasanya tersebut. "Untuk klien biasa atau selebriti start dari 2,5 juta untuk acara party, untuk commercial di atas 8 juta dan untuk wedding make-up start dari 15 juta - 30 juta tergantung lokasinya, jika di luar Jakarta maka harganya akan lebih mahal," ungkapnya.

Untuk artis favorit-nya untuk di make-up Anpa menyebutkan dua nama selebriti yang begitu besar namanya. "Semuanya sama saja, tetapi karena saya memang lebih sering merias Krisdayanti dan Syahrini (karena kami saling mencocokkan jadwal masing-masing) maka kedua seleb ini jadi favorit saya. Kalau KD karena saya memang sangat ngefans sama dia dari saya kecil, kalau Syahrini karena orangnya lucu jadi kerja sama Syahrini banyak happy-nya banyak mencairkan suasana di lokasi," akunya.

Kecantikan Dian makin terpancar saat di make-up oleh Ryan Ogilvy. /©instagram.com/ryanogilvyKecantikan Dian makin terpancar saat di make-up oleh Ryan Ogilvy. /©instagram.com/ryanogilvy

Para selebriti memang sudah dikaruniai paras yang menarik, namun kehadiran para make-up artist ini adalah untuk membuat penampilan artis menjadi lebih mempesona. Jasa para pelukis wajah ini pun juga bisa membantu karir seleb. Jadi kedua pihak pun sama-sama untuk dengan kehadiran satu sama lain.

Pekerjaan MUA pun juga bukanlah hal yang mudah, mereka harus mengerti bagaimana bentuk wajah para artis agar mampu menampilkan make-up yang flawless. Lantas, siapa mua favorit kalian?

(kpl/pur/ssm)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING