SELEBRITI

Jika Dicoret Dari Daftar Caleg, Mandala Shoji Akan Tuntut KPU

Selasa, 12 Februari 2019 20:38 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

Mandala Shoji ©KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Nama Mandala Shoji terancam hilang dari bursa calon legislatif (caleg) Pemilu 2019. Komisi Pemilihan Umum menyatakan bahwa mereka akan mencoret nama Mandala terkait dengan kasus pelanggaran kampanye yang membuat presenter acara Termehek-Mehek itu kini mendekam dalam penjara.

Rencana pencoretan ini sudah didengar pihak Mandala Shoji. Diwakili oleh pengacara Elza Syarief, Mandala menyatakan bahwa ia akan menuntut KPU jika hal itu sampai terjadi.

"Ini bukan tindak pidana kriminal biasa seperti pencurian, penipuan atau korupsi. Ini adalah suatu pelanggaran dari aturan kampanye pemilu, UUD KUHP biasa. Secara ksatria Mandala datang ke saya dan ada putusan kedua dibacakan. Malamnya ketemu saya untuk bisa saya minta Kejaksaan untuk isi putusan. Saya mendelet, menyerahkan diri. Kita nggak pernah masuk dalam daftar pencarian orang. Bapak Kejari juga menjelaskan dan apresiasi ke Mandala dengan inisiatif tulis surat. Ancaman di bawah lima tahun, putusan juga cuma tiga bulan. Jadi KPU tidak boleh mencoret dan saya akan tuntut secara pidana dan perdata," jelas Elza.

1. Tegaskan Bukan Buron

Elza juga menegaskan bahwa status Mandala bukanlah buron seperti kabar yang ramai beredar. Ia memang sempat menghilang tanpa kabar selama tiga minggu, tetapi namanya tidak pernah masuk dalam daftar pencarian orang yang menjadi indikasi seseorang jadi buronan.

Soal tak hadirnya Mandala ke Kejaksaan Negeri Jakarta, disebut Elza karena tidak adanya surat undangan. Sementara untuk urusan telepon, dirinya sendiri pun sebagai pengacara sempat sulit menghubungi mantan pacar Poppy Bunga itu.

"Jaksa nggak pernah buat undangan (pemanggilan masuk tahanan), itu diakui. Itu kan nggak pake teleponan. Ini bukan masalah cinta-cintaan. Tapi harus ada undangan tertentu. Mungkin ditelepon, kita aja susah. Mungkin dia datengin ke wilayah warga yang sinyalnya sulit. Yang jelas nggak ada pembuatan status masuk daftar pencarian orang," tegas Elza.

2. Keberadaan Mandala Selama 'Menghilang'

Soal keberadaan Mandala selama dinyatakan menghilang, Deanova, istrinya, menyatakan bahwa caleg dari PAN itu sedang berada di rumah warga. Deanova sendiri sempat kesulitan menghubungi Mandala dan tak tahu keberadaannya.

"Dia muter-muter ke Dapil. Dia nginep di rumah warga. Aku hubungin kadang bisa, kadang nggak. Masa kalian hape 24 jam dipegang. Nggak kan?" ujarnya.

Elza pun meminta agar Mandala tidak disebut sebagai buron. Karena faktanya memang tidak demikian, dan jika disebut buron bisa jadi pencemaran nama baik.

(kpl/far/phi)

Reporter: Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING