SELEBRITI

Kabar Duka, Sastrawan NH Dini Meninggal Dunia Diduga Karena Kecelakaan Mobil

Selasa, 04 Desember 2018 19:10 Penulis: Tyssa Madelina

NH Dini meninggal dunia di usia 82 tahun (Credit: Dok. UWRF)

Kapanlagi.com - Kabar duka datang dari dunia sastra Indonesia. Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin atau yang lebih dikenal dengan nama NH Dini meninggal dunia di usia 82 tahun. Berita duka ini disampaikan oleh sastarawan Indonesia, Goenawan Mohamad melalui akun Twitter miliknya.

"Wafat, Nh.Dini. Kabar yang saya terima karena kecelakaan mobil."

Selain Goenawan Mohamad, akun Twitter resmi Gramedia Pustaka Utama turut menyampaikan belasungkawanya atas meninggalnya peraih penghargaan SEA Write Award di bidang sastra dari Pemerintah Thailand ini. Kepergian NH Dini juga dirasakan oleh segenap masyarakat yang tumbuh besar bersama karyanya.

"Sore ini kita berduka, sastrawan Indonesia Ibu NH Dini telah berpulang ke pangkuan Sang Pencipta. Segenap redaksi Gramedia Pustaka Utama mengucapkan turut berduka cita yg sedalam-dalamnya."

1. Jejak Awal Karier NH Dini

Dalam ucapan belasungkawanya, Goenawan Mohamad ikut mengenang jejak awal karier novelis yang juga seorang feminis tersebut. Meski dikenal sebagai seorang sastrawan, semasa hidupnya, NH Dini mengaku hanyalah seorang pengarang yang menuangkan pengalaman pribadinya ke setiap tulisan.

"Novelis kelahiran 1936 ini sastrawan terkemuka dari generasi yang muncul pertama kali di majalah Kisah. Karyanya: Pada Sebuah Kapal, Namaku Hiroko. Semoga ia beristirahat dalam damai."

2. Kehidupan Pribadi NH Dini

Selama hidupnya, NH Dini telah menghasilkan sejumlah karya besar dan mendapat sejumlah perhargaan internasional. Salah satunya, adalah Southeast Asian Writers Award. Hingga kini, ia telah menghasilkan lebih dari 20 buku yang kebanyakan isinya tentang wanita.

Pada tahun 1960, NH Dini dipersunting oleh Konsul Prancis Yves Coffin di Kobe, Jepang. Dari pernikahannya, keduanya dikaruniai dua orang anak, Marie-Claire Lintang dan Pierre Louis Padang, yang kini berprofesi sebagai sutradara MINIONS dan DESPICABLE ME. Pasca bercerai dengan Yves Coffin, NH Dini mendapatkan kembali kewarganegaraan RI pada 1985 melalui Pengadilan Negeri Jakarta.


REKOMENDASI
TRENDING