Karya January Christy Sebelum Meninggal Akan Segera Dirilis

Jum'at, 16 September 2016 14:22 Penulis: Girindra Permana Cahya
Karya January Christy Sebelum Meninggal Akan Segera Dirilis January Christy © istimewa

Kapanlagi.com - Bens Leo dan penyanyi rock era 80-an, Bangkit Sanjaya, menjadi sebagian dari pelayat yang hadir untuk memberikan penghormatan terakhir untuk January Christy. Keduanya terlihat di rumah duka, di Komplek Astya Puri, Ciputat, Tangerang Selatan, Jum'at (16/9).

Kedatangan mereka berdua mewakili rasa duka dari Komunitas Musisi Penyanyi Indonesia. Bens mengaku cukup kaget karena sebelumnya ia dan kawan-kawan Komunitas Musisi Penyanyi Indonesia berniat mengjenguk January di rumah sakit.

"Kami dari Komunitas Musisi Penyanyi Indonesia kita sebetulnya datang dalam suasana yang kaget. Harusnya kemaren kita mau rumah sakit untuk besuk, tapi pagi dapat kabar dari DPP, Jaunary meninggal dunia," ujar Bens.

"Saya dari BSF award memperjuangkan jazz untuk dibuka. Karena waktu itu kalah sama penyanyi pop dan akhirnya 87 diapresiasi dan January dapet penghargaan penyanyi jazz terbaik," lanjut Bens mengenang.

January Christy meninggal karena komplikasi penyakit yang dideritanya © Kapanlagi.com/Mathias PurwantoJanuary Christy meninggal karena komplikasi penyakit yang dideritanya © Kapanlagi.com/Mathias Purwanto

Setelah Bens, giliran Bangkit yang bercerita tentang capaian-capaian yang berhasil diraih oleh January. Bangkit sendiri sudah mengenal January jauh sebelum keduanya terjun ke dunia musik.

"Saya kenal sebelum sama sama nyanyi, sama kakak saya ke Jerman dan buat album. Mereka dapat penghargaan, yang dapat 5 golden record di Eropa, internasional album. Beliau salah satu penggerak musik jazz yang luar biasa, terutama di industri rekaman. Dia juga pernah tour keliling Eropa ke 5 negara. Dia yg sukses pertama kali," kenang Bangkit.

Bens Leo sendiri melihat sososk January adalah pribadi yang pemalu. Sebuah cerita lucu pun masih ia ingat. Ketika January mendapatkan penghargaan  sebagai penyanyi jazz terbaik, ia malah menolaknya. Selain itu, ia sempat menyanyi dengan posisi membelakangi penonton karena sifat pemalunya. Tapi sebagai musisi, ia adalah penyanyi yang produktif hingga akhir hayatnya.

Bens Leo akan merilis karya terakhir dari January Christy dalam waktu dekat © KapanLagi.com/Budy SantosoBens Leo akan merilis karya terakhir dari January Christy dalam waktu dekat © KapanLagi.com/Budy Santoso

"Sampai akhir hayatnya january sempet bikin lagu. Ada 7 lagu. Rencananya taun ini mau launching. Bikin lagu di Bali," ucap Bens.

Menurut Bens, nantinya karya terakhir January ini akan dirilis setelah mendapatkan izin dari pihak keluarga almarhumah. Bens mengatakan bahwa album ini akan segera diedarkan.

"Atas nama seniman indonesia dengan izin Mbak Tilla, kami akan mengedarkan album itu. Itu jejak karya terakhirnya. Ini sebagai bentuk penghargaan kami pada mbak January Christy. Dalam waktu dekat kami akan rilis," akunya.

(kpl/pur/otx)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING