SELEBRITI

Kasus Mafia Tanah yang Dialami Keluarga Nirina Zubir Berbuntut Panjang, Polisi Tangkap Tiga Tersangka Baru

Rabu, 13 Juli 2022 17:53

Kasus mafia tanah yang dialami Nirina Zubir muncul tersangka baru ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Kasus mafia tanah yang dialami keluarga aktris Nirina Zubir berbuntut panjang. Bahkan kini penyidik Sub Direktorat Harta dan Benda (Subdit Harda) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya teoah menangkap tiga tersangka baru atas kasus tersebut.

Dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Rabu (13/7) Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengungkapkan bahwa ketiga tersangka tersebut berinisial MSA, AEO dan C. Para tersangka baru ini terungkap berdasarkan fakta yang terbongkar dalam persidangan.

"Di dalam proses persidangan yang dilakukan di pengadilan terungkap fakta baru bahwa ada pihak lain yang memiliki peran terhadap tindak pidana ini," ungkap Endra Zulpan.

1. Pegawai BUMN

Zulpan juga menambahkan bahwa tersangka AEO adalah pegawai dari salah satu bank BUMN. Di mana ia berperan untuk membantu pencairan kredit dengan jaminan sertifikat atas nama tersangka.

Sedangkan MSA berperan membantu pembiayaan proses balik nama terhadap sertifikat hak milik dan C berperan dalam hal membuat surat kuasa palsu. Selain itu ada satu tersangka lain yang masih dalam pengejaran pihak kepolisian.

"Kemudian satu lagi juga akan menjadi tersangka tapi masih DPO," ucapnya.

2. Barang Bukti

Zulpan menambahkan, pihak kepolisian juga sudah berhasil mengantongi beberapa bukti terkait kasus mafia tanah ini. Beberapa bukti seperti dokumen dan sertifikat kepemilikan tanah sudah ada di tangan polisi.

"Dalam kasus ini penyidik telah berhasil menyita beberapa barang bukti sebagian besar dokumen terkait sertifikat kepemilikan tanah," tukasnya.

3. Hukuman 15 Tahun

Para tersangka dijerat dengan Pasal 55 KUHP dan/atau Pasal 56 KUHP terhadap tindak pidana awal, yaitu Pasal 263 KUHP dan atau Pasal 264 KUHP dan atau Pasal 266 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 3,4,5 UU RI No.8 tahun 2010, dengan pidana penjara paling lama 15 tahun. Diketahui sebelumnya, Kepolisian telah menahan lima tersangka dalam kasus mafia tanah milik keluarga Nirina Zubir.


REKOMENDASI
TRENDING